D4 Administrasi Bisnis Terapan I
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1755
Browse
Item Analisis Pengendalian Internal Atas Persediaan Barang Dagang PT Indomarco Prismatama(Politeknik Negeri Batam, 2023-05-09) Perdana, Gilang; Olifia, JessicaPerdagangan yang dilakukan dalam sebuah perusahaan sangat melekat dengan Manajemen Persediaan. Namun kendala yang tidak dapat dihindari atau dihilangkan adalah pemborosan yang bisa dikatakan sebagai beban. Manajemen persediaan dan juga pengendalian internal memegang peran penting dalam keberhasilan suatu bisnis. Tujuan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk memahami sistem pengendalian internal gudang yang telah dilakukan selama ini. perusahaan yaitu PT Indomarco Prismatama dan mengetahui sistem yang seharusnya dilakukan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif yang didapatkan dari wawancara dan beberapa dokumen yang diberikan. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan dalam pengumpulan data mencakup data sekunder dan primer. Hasil penelitian menunjukkan pengendalian internal atas persediaan barang dagang belum berjalan dengan efektif dan efisien dan pencatatan yang masih mengunakan basis manual dan dokumen yang bersifat fisik sehingga mempunyai resiko yang sangat besar dalam hal kecurangan dan kerusakan barang.Item IMPULSE BUYING BEHAVIOR IN LIVE STREAMING SHOPPING USING THE STIMULUS - ORGANISM - RESPONSE FRAMEWORK(2023-07-26) Zhafirah, Sasqia; Mulyaningtyas, DianThe aim of this study is to identified the influence between individual characteristics variables, situation stimulus, social media, digital marketing, which influence the implicit purchasing behavior variable (Y) in live streaming shopping with hedonistic motivation. (Z). Samples were taken from as many as 150 respondents, processing data using Smart PLS. The results of the t (significance) test show that individual characteristics, situation stimuli, and digital marketing have a positive and significant influence on implicit purchasing behaviour in live streaming purchases, social media have a negative and significant impact on implied buying behavior in steaming live purchases. Results of the analysis of variables show hedonistic motivation can affect individual characteristic, incentives in situations, Social media, digital marketing on the results of implicit buying behaviours in live stream purchases have a significant positive influence, and hedonist motivations can affect the percepItem Peran Kepuasan Kerja Dalam Memediasi Pengaruh Self Efficacy dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan(2023-08-01) Nafiyah, Fika; Sinaga, Inggrid WahyuItem PERANCANGAN MODEL BISNIS STARTUP LAYANAN PENYEDIA JASA APLIKASI PERPAJAKAN (PJAP) POLIBATAM MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS(Politeknik Negeri Batam, 2024) Rahmadani, Ana Fadilah; Ulfah, MutiaPenelitian ini berfokus untuk merancang model bisnis bagi start-up Layanan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP) Polibatam. PJAP Polibatam adalah sebuah startup yang berorientasi pada pendidikan perpajakan dan menciptakan aplikasi pelaporan pajak versi edukasi pertama dan satu-satunya di Indonesia. Sebagai bisnis yang baru, PJAP Polibatam perlu beradaptasi agar dapat bersaing dan berjalan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang model bisnis startup PJAP Polibatam dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, data yang diperoleh melalui desk research, validasi pasar, dan wawancara. Kemudian dilakukan analisis SWOT, Four Action Framework, dan analisis Five Forces Porter. Startup PJAP Polibatam memiliki potensi besar dalam mendukung pendidikan perpajakan di Indonesia. Dengan visi dan misi yang kuat, serta dukungan dari pihak terkait, Startup ini memiliki peluang untuk menjadi pelopor dan pemimpin dalam penyedia aplikasi perpajakan versi edukasi alat bantu pembelajaran perpajakan yang inovatif dan efektif. Validasi pasar menunjukkan adanya minat dan kebutuhan institusi pendidikan akan aplikasi perpajakan versi edukasi.Item FORMULASI STRATEGI BERSAING MELALUI SWOT DAN QSPM PADA LAYANAN PJAP MILIK TAX CENTER POLIBATAM(2024) Putra, Bagas Pratama; Ulfah, MutiaTax Center Polibatam akan segera membentuk unit bisnis bernama Layanan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Layanan ini akan menjadi pusat penyedia layanan edukasi perpajakan pertama di Batam. Sebagai sebuah unit bisnis yang akan dikembangkan kedepannya, perlu kiranya untuk melakukan perancangan strategi bersaing yang tepat agar layanan bisa memenangkan target pasar melalui keunggulan kompetitif yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang formulasi strategi bersaing pada layanan PJAP milik Tax Center Polibatam melalui SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis SWOT, matriks IFE dan EFE terbentuk dan mendapatkan skor 2,67 dan 3,08, menempatkan layanan di kuadran II dalam matriks IE.Kemudian, matriks SWOT menghasilkan 3 alternatif strategi yang akan dievaluasi menggunakan matriks QSPM untuk menetapkan formulasi strategi bersaing yang tepat. Sehingga diperolah strategi prioritas berdasarkan analisis adalah meningkatkan brand awareness dengan total STAS sebesar 4,15.Item Streamlining Raw Material Inventory for Integrated Circuits: An Analysis of Leadframe and Diewafer Supply Using EOQ and JIT(2024) Silalahi, May Lastri; Devano, Alrido MarthaThis study was conducted to analyze the inventory of integrated circuit raw ma terials, especially leadframes and diewafers using the Economic Order Quantity (EOQ) and Just in Time (JIT) method approaches. This research was conducted to determine the optimal order quantity, avoid excess and shortage of stock, and reduce inventory costs more efficiently. In addition, this research also involves safety stock analysis, reorder point (ROP), and total inventory cost (TIC) to get a more comprehensive picture of optimal inventory management. The data used in this study is inventory data for 2023. The results of the calculation of EOQ, safety stock, ROP, TIC, and JIT are compared with the company's current inventory manage ment. From the analysis, it was found that the EOQ method provides higher efficiency in raw material inventory management compared to the method currently used by the company. This can be seen with the number of leadframe purchases of 10,014 boxes with a leadframe pur chase frequency of 2 times a year, savings of 6.015.589, Safety stock (SS) 409, Reorder Point (ROP) 2.078, and JIT made savings of 9.773.469. The number of diewafer purchases is 20,028 boxes with a diewafer purchase frequency of 2,5 times a year, savings of 10.433.486, Safety stock (SS) 1.022.5, Reorder point (ROP) 5.195, and JIT makes savings of 24.140.300.Item ANALISIS HUBUNGAN JOB AUTONOMY, FEEDBACK DAN EMPOWERING LEADERSHIP TERHADAP INNOVATIVE WORK BEHAVIOR: PERAN RESILIENCE SEBAGAI FAKTOR MEDIASI(2024) Yani, Yunita Risma; Hidayat, HajanThis research study analyses the relationship between job autonomy, feedback, and empowering leadership and innovative work behavior, with resilience as a mediating factor. The objective is to understand how these three variables affect the innovative work behavior of employees in the manufacturing and shipyard sectors in Batam. The research method used is quantitative, with data collected through employee surveys. The collected data were analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) to identify the relationships between the variables studied. The study's findings indicate that job autonomy and feedback have a positive and significant relationship with innovative work behavior. However, empowering leadership shows a positive but not significant impact on innovative work behavior. Additionally, resilience is proven to mediate the relationship between job autonomy and empowering leadership with innovative work behavior, but not the relationship between feedback and innovative work behavior. The contribution of this study is to provide insights into the importance of resilience as a mediating factor in enhancing innovative work behavior. This research also highlights the crucial role of job autonomy and feedback in fostering innovative behavior in the workplace. The practical implications of these findings are that organizations can enhance employees' innovative behavior by increasing job autonomy, providing effective feedback, implementing empowering leadership, and developing programs to improve employee resilience.Item PENGARUH STRES KERJA DAN DUKUNGAN REKAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN KONTRAK DENGAN JOB EMBEDDEDNESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT SIMATELEX MANUFACTORY BATAM(2024) Siregar, Junedi; Mulyaningtyas, DianTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana stres kerja dan dukungan rekan kerja berdampak pada kinerja karyawan kontrak dengan job embeddedness sebagai variabel intervening di PT Simatelex Manufactory Batam. Sebanyak 212 karyawan yang terlibat dalam penelitian yang diberikan melalui penyebaran kuesioner. Metode simple random sampling digunakan sebagai metode pengambilan sampel. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan sofware IBM SPSS 24. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja, dukungan rekan kerja dan Job Embeddedness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap job embeddedness, dukungan rekan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap job embeddedness. Selain itu ditemukan bahwa job embeddedness memediasi secara negatif hubungan pengaruh stres kerja terhadap kinerja dan job embededdness memediasi secara positif hubungan pengaruh dukungan rekan kerja terhadap kinerja.Item Analisi Pengaruh Work Life Balance Terhadap Employee Engagement dan Dampaknya Terhadap Turnover Intentions dengan Job Characteristics sebagai Pemoderasi(Jaba, 2024) Zahra, Fatimah; Puspitasari, AyuPenelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis bagaimana keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi mempengaruhi keterikatan karyawan serta dampaknya pada niat berpindah karyawan dengan karakteristik pekerjaan sebagai moderator pada karyawan PT XYZ. Data penelitian yang diperoleh dari 100 responden menggunakan purposive sampling dengan menggunakan sampel friction per cluster yang diambil dari 17 section di PT XYZ yang cocok pada kriteria penelitian ini. Metode analisis statistik yang diterapkan ialah SEM PLS. Hasil penelitian ini membuktikan terkait work-life balance mempunyai pengaruh positive dan significant terhadap employee engagement, sementara employee engagement mempunyai pengaruh negative dan significant terhadap turnover intentions, dan job characteristics tidak mempengaruhi hubungan pada work-life balance serta employee engagement. Berlandaskan hasil analisis masih ada beberapa karyawan bekerja bukan sesuai keahliannya. Hal ini dapat mempengaruhi persepsi mereka tentang moderasi job characteristics. Namun, penelitian ini menemukan terkait job characteristics mempunyai pengaruh langsung pada employee engagement.Item ANALISIS SOCIAL MEDIA MARKETING, BRAND AWARENESS, TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(2024) Maulana, Muhammad Farhan; Sinaga, Inggrid WahyuniPenelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh social media marketing, brand awareness dan minat beli sebagai variabel intervening terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela di kota Batam. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur (path analysis) sebagai alat analisis data menggunakan software SmartPLS 3.0. Teknik penarikan sampel yang diterapkan yakni Purposive Sampling dan didapatkan hasil kuisioner dari 385 orang responden. Hasil penelitian membuktikan variabel social media marketing dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Ventela di kota Batam. Variabel minat beli dapat mengintervening social media marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian. Dapat disimpulkan bahwa variabel dari social media marketing dan brand awareness melalui variabel intervening minat beli dapat mempengaruhi keputusan pembelian sepatu Ventela di Kota Batam.Item Pengaruh Beasiswa Pendidikan dan Kerja Paruh Waktu Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Mahasiswa Politeknik Negeri Batam(JABA Polibatam, 2024-02-16) Tsaqib, Muhammad; Andayani, NurPenelitian ini bermaksud untuk menyelidiki bagaimana kebutuhan mahasiswa dipenuhi dengan adanya kerja paruh waktu dan beasiswa pendidikan. Teori kebutuhan Maslow dikutip ketika membahas pemenuhan kebutuhan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuesioner dengan seratus partisipan. Regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji F, dan uji t merupakan teknik yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Program SPSS 27 digunakan untuk pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, secara parsial dan simultan, variabel beasiswa pendidikan dan kerja paruh waktu memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel pemenuhan kebutuhan. Variabel yang berkaitan dengan beasiswa pendidikan dan kerja paruh waktu memiliki dampak 53,9% terhadap pemenuhan kebutuhan, seperti yang ditunjukkan oleh nilai adjusted R Square sebesar 0,539. Nilai ini termasuk dalam skala sedang.Item Analisis Pengaruh Pemasaran Media Social Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Alluneed Batam(JAMB, 2024-04-02) Ameliah, Rizka; Oktarici nanda, EddoPenelitian membahas bagaimana dampak dari social media marketing (X1), service quality (X2) terhadap purchase decision pada Alluneed Indonesia Batam. Penelitian ini memakai populasi konsumen Alluneed Indonesia di Kota Batam. Penelitian ini memakai kuesioner berbasis web melalui Google Form untuk mengumpulkan data dari 100 responden memakai metode purposive sampling. Penelitian yang sedang dilakukan merupakan penelitian berorientasi pada data kuantitatif, serta analisis data memakai uji analisis regresi multi-linear. Temuan penelitian memperlihatkan bahwasanya social media marketing memberikan pengaruh positif beserta signifikan pada keputusan pembelian, dengan nilai thitung senilai 5.279 yang lebih besar dari nilai t tabel 1.985. Begitu pula dengan kualitas layanan, yang juga memberika pengaruh positif serta signifikan pada keputusan pembelian, dengan nilai thitung sebesar 10.702 yang juga lebih besar dari nilai t tabel 1.985. Selain itu, kedua variabel tersebut secara bersamaan memberikan dampak yang menguntungkan dan penting pada keputusan untuk membeli, seperti yang diperlihatkan nilai F hitung sebesar 204.771 yang melebihi nilai Ftabel 3.09Item Pengaruh kemudahan fitur dan promosi aplikasi Gopay terhadap alat pembayaran(Rudychandrasinaga, 2024-06-04) Chandra Rudy; Andayani, AndayaniItem KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IPHONE MELALU CITRA MEREK,HARGA SERTA GAYA HIDUP : STUDI KASUS KOTA BATAM(Dhemy Damanhuri, 2024-06-14) Damanhuri,Dhemy; Syafrina, MiaItem Perancangan Customer Journey Mapping Sudut Pajak sebagai Layanan Edukasi Perpajakan berbasis Website melalui AIDA FRAMEWORK(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Malianti, Widya; Ulfah, MutiaSuatu entitas bisnis baru akan menghadapi tantangan dalam proses pengembangan inovasi layanan yang akan diberikan kepada target audiens. Maka dari itu, perlu diketahui customer behavior dari target audiens agar pengembangan inovasi dapat sejalan dengan kebutuhan mereka. Analisis dilakukan melalui 2 tahapan yaitu AIDA framework dan customer journey mapping. Analisis customer journey mapping berfokus pada touchpoints, needs, dan activity pada setiap tahapannya. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Berdasarkan 24 informan dari 3 sektor yaitu; perdagangan & jasa, pariwisata & perhotelan, dan industri, diketahui bahwa behavior mereka memiliki kesamaan baik dari skala kecil maupun menengah. Customer behavior mereka dibagi menjadi 2 yaitu UKM yang menggunakan konsultan pajak atau target audiens yang bersedia membayar, dan UKM menggunakan mandiri atau target audiens yang menggunakan layanan gratis. Penelitian ini menghasilkan gambaran rancangan customer journey mapping target audiens yang dapat dijadikan strategi bisnis dalam pengembangan Sudut Pajak.Item Perancangan Strategi Bisnis Aplikasi E-filling Pajak Versi Edukasi Melalui Pendekatan Marketing Model Outlook & Architecture(2024-06-24) Maskur, Ahadil; Ulfah, MutiaItem Analisis Penggunaan Metode Pembayaran Seluler Shopeepay Dengan Pendekatan Model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT) Studi Kasus Behavioral Intention Pengguna ShopeePay di Kota Batam(2024-06-24) Rachman, Muhammad Fakhri; Hendrawan, BambangTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui serta melaksanakan analisis penggunaan metode pembayaran ShopeePay di Kota Batam memakai pendekatan model Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Alasan penulis melaksanakan penelitian di Kota Batam adalah untuk melihat niat perilaku/ minat pemanfaatan penggunaan ShopeePay sebagai platform transaksi pembayaran digital. Jenis pendekatan penelitian yang dilaksanakan ialah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini memakai metode survei melalui penyebaran kuisioner sebanyak 100 responden, serta memakai metode purposive sampling. Metode analisis dengan pendekatan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian memperlihatkan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, serta facilitating condition baik secara parsial maupun bersama-sama, menyumbang pengaruh positif serta signifikan pada behavioral intention dalam pengggunaan Shopeepay di Batam.Item Perancangan Strategi Bisnis Aplikasi E-filling Pajak Versi Edukasi Melalui Pendekatan Marketing Model Outlook & Architecture(2024-06-24) Maskur, Ahadil; Ulfah, MutiaItem The Impact of Work Flexibility and Work Specialization Using Job Satisfaction as Mediation on Employee Performance at PT X(2024-06-26) Azzahra, Fathimah; Olifia, JessicaPT X is a company that focuses on the fabrication field. The purpose of the study was to test and analyze the effect of work flexibility and work specialization on employee performance with job satisfaction as an intervening or mediating variable at PT X. Sampling was carried out using purposive sampling method and non-probability sampling technique, so the target sample was 85 people (105 people). The research was conducted using descriptive quantitative analysis method and statistical analysis of path analysis method. The test results prove that (1) Job flexibility and job specialization have a positive and significant effect on employee satisfaction. (2) Work flexibility has no effect on performance, but work specialization affects employee performance. (3) Job flexibility and job specialization have a positive and significant effect on employee performance through job satisfaction as mediation.Item Perancangan Kanvas Bisnis Sudut Pajak Polibatam Sebagai Layanan Edukasi Perpajakan Berbasis Website(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-26) Saskia, Diva; Ulfah, MutiaSudut Pajak merupakan layanan edukasi perpajakan berbasis website yang akan diluncurkan secara komersial. Sudut Pajak belum memiliki model bisnis yang mampu menggambarkan strategi bisnis untuk dijalankan kedepannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang kanvas bisnis Sudut Pajak sehingga mampu menciptakan strategi bisnis kompetitif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap informan internal dan informan eksternal dengan 24 target pasar potensial. Perancangan kanvas bisnis ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Market Outlook, Four Actions Framework, dan Business Model Canvas untuk meninjau strategi bisnis. Hasil rancangan tersebut dapat dipertimbangkan oleh pihak pengembang Sudut Pajak dalam mengembangkan bisnis. Pihak pengembang juga dapat memperhatikan tantangan yang akan dihadapi, sehingga memudahkan mereka untuk melakukan inovasi agar mampu bersaing dalam industri ini. Strategi bisnis yang diusulkan dalam penelitian ini sebaiknya terus dikembangkan berdasarkan situasi dan keadaan bisnis terkini.