Jurusan Teknik Informatika
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1744
Browse
Item AbsenKita Sistem Absensi Menggunakan Wifi Berbasis Web Mobile(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-12) Tirta Chandra, Surya; Kurniawan, Dwi ElyPenilitian ini berfokus pada pengembangan system absensi “AbsenKita”, yang menggunakan jaringan Wifi sebagai koneksi utama dan arsitektur mikroservis untuk aplikasi berbasis web mobile. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang proses manajamen absensi, termasuk rekapitulasi absensi dan pengajuan cuti. Selain itu, penelitian juga menguji keterjangkaun system memlaui jaringan WIFI dan mengevalusi kinerjanya menggunakan alat Google Lighthouse dan model pengujian Web Vitals. Metrik Utama yang dievaluasi meliputi First Contentful Paint (FCP), First Input Delay (FID), Speed Index, Total Blocking Time (TBT), Largest Contentful Paint (LCP), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Evaluasi ini bertujuan untuk menunjukkan efisiensi dan kehandalan sistem dalam kondisi nyata, sehingga menjadi landasan untuk pengembangan teknologi serupa di masa depan.Item Analisa Pengaruh Aplikasi Hafalan Al-Quran Terhadap Motivasi Dengan Model Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ)(2024-06-02) Hamidah, Dewi Nurul;Indonesia is a country that has the largest Muslim population in the world, but the number of Muslims in Indonesia who memorize the Qur'an is still relatively low. One of the main obstacles faced is the lack of motivation to memorize the Qur'an. An effective approach can help increase motivation to memorize the Qur'an, one of which is application media, considering the use of gadgets in Indonesia continues to increase, so the approach with application media is a potential solution. Through the application, the memorization process can be more interactive by utilizing surprising and delightful techniques. This research is limited to Al-Qur'an Juz 30 which is the final part of the Al-Qur'an. In addition to building an iOS-based application for Qur'an memorization, this study also analyzes the impact of the application on user motivation in the process of memorizing the Qur'an. The process of analyzing the level of user motivation in this study was carried out using the Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) model. The measurement results show the influence between the application and the user's motivation to memorize the Qur'an. The Quran memorization application has an influence of 26.2% on user motivation, while other factors outside the study have an influence of 73.8% on the motivation to memorize the Quran. Therefore, it can be concluded that the Quran memorization application has an influence on user motivation to memorize the Quran.Item Analisis 3D Lighting Workflow: Animasi 3D "Laut Kite"(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Alfayyadh, Muhammad Asaduddin; Zega, Selly ArtatyDalam proses produksi animasi 3D, waktu menjadi salah satu faktor tantangan yang perlu dihadapi. Salah satu tahapan produksi yang membutuhkan banyak waktu adalah tahapan lighting. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah lighting workflow yang terdefinisi dengan baik untuk menyederhanakan produksi dan memastikan konsistensi di seluruh proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lighting workflow yang telah dirancang untuk proyek animasi 3D “Laut Kite”. Untuk memahami kelayakan lighting workflow yang telah dirancang, diterapkan metode penelitian kualitatif dengan wawancara terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini akan membahas hasil analisis dan evaluasi lighting workflow yang digunakan pada proses produksi animasi 3D “Laut Kite”. Hasil dari penelitian ini adalah lighting workflow yang dioptimalkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi berdasarkan standar lighting workflow pada industri.Item Analisis Dan Perancangan Infrastruktur Jaringan Internet Menggunakan Metode Network Development Life Cycle Pada SD N 003 Pulau Ngenang(2025-02-04) Anggraini,Tasya; Idris, MuhammadPenggunaan WLAN sebagai solusi jaringan di SD N 003 Pulau Ngenang dapat meningkatkan kualitas akses internet untuk mendukung proses belajar-mengajar. Meskipun tantangan geografis seperti keterbatasan akses internet di daerah terpencil, perancangan infrastruktur jaringan yang tepat berhasil menghasilkan kualitas jaringan yang baik. Berdasarkan analisis Quality of Service (QoS), nilai throughput, lost packet, dan delay di kelas 2 menunjukkan performa yang sangat bagus, dengan throughput 361 kbits/s, loss packet 0.3%, dan delay 1,152 ms. Hal ini membuktikan bahwa WLAN dapat memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi dan efektivitas pembelajaran di sekolah tersebut.Item ANALISIS DAN PERANCANGAN VIDEO SEBAGAI MEDIA INFORMASI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA BATAM(2023-12-31) Inzaghi Prayitno Pradana, Satrio; Dwi Harlyan, GendhyDinas Perhubungan Kota Batam merupakan salah satu instansi yang mengatur lalu lintas masyarakat Kota Batam. Tugas dari Dinas Perhubungan Kota Batam adalah penyelenggara urusan pemerintah dalam sektor transportasi, kendaraan darat, infrastruktur transportasi, dan pelayaran. Dinas Perhubungan juga menyelenggarakan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor berdasarkan Perwako Kota Batam Nomor 15 Tahun 2012. Untuk Mendukung Program Kerja Dinas Perhubungan pada Bidang Angkutan khususnya tentang Penyelenggaraan Pengujian Kendaraan Bermotor maka bidang Kesekretariatan Dinas Perhubungan membuat sebuah informasi yang berbentuk audiovisual tentang alur pengujian kendaraan bermotor. Video informasi dibuat untuk memberikan pengetahuan kepada pengendara bermotor yang ada di Kota Batam yang tidak mengetahui prosedur yang harus dijalankan apabila ingin melakukan pengujian kendaraan bermotor pribadinya. Dengan informasi yang disampaikan pada video tersebut, pengendara bermotor telah mengetahui alur pengujian kendaraan bermotor yang dilaksanakan di Dinas Perhubungan Kota Batam. Maka, peneliti merasa tertarik untuk menjalankan studi dengan judul “Analisis Dan Perancangan Video Sebagai Media Informasi Pengujian Kendaraan Bermotor Di Dinas Perhubungan Kota Batam”.Item Analisis Efektivitas Animasi 2D "Portrait" Menggunakan Nielsen Model Untuk Generasi Alpha(2024-11-20) Arfina, Nur Tsamarah; Mu'minin, AmirulThe alpha generation is a generation that grew up in the midst of sophisticated technological developments and it became part of their daily lives, making them more likely to be responsive to interactive and visual things. This research aims to test the effectiveness of 2D animation video “Portrait” for alpha generation, especially on the information conveyed in the animation. The design method used is MDLC (Multimedia Development Life Cycle) and in testing using the Nielsen Model method, which has 5 stages namely learnability, efficiency, memorability, errors, and satisfaction. This research has an important novelty in measuring the potential effectiveness of the Portrait animation, specifically for 30 alpha generations aged 9-13 years in the context of edutainment. The output of this animation is an MP4 with a duration of 6 minutes 26 seconds and published on YouTube platform. The results of this study indicate that the Portrait animation can be said to be effective, with final scores in the form of Learnability (82%), Efficiency (82%), Memorability (81%), Errors (74%), and Satisfaction (86%) with an overail average 89% into excellent from Nielsen model. With this research, it is expected for learning media with edutainment and prove that information with visuals can make the message conveyed more interesting and easy to understand.Item Analisis Efektivitas Animasi Ficusia Sebagai Media Kampanye Anti Narkoba Menggunakan EPIC Model(2024-07) Ali Azhar, Fahri; Dwi Harlyan, GendhyNarkoba merupakan masalah serius di negara kita dengan berbagai dampak negatif yang ditimbulkan. Penelitian ini menganalisis efektivitas animasi Ficusia sebagai media kampanye anti narkoba dengan menggunakan EPIC Model. Tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana animasi ini mempengaruhi empati, persuasi, dampak, dan komunikasi mengenai pesan anti narkoba. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk empati, persuasi, dampak, dan komunikasi adalah (“4.3”, “4.4”, “4.2”, dan “4.3”). Skor rata-rata EPIC secara keseluruhan adalah 4,325, yang termasuk dalam kategori “sangat efektif” dalam skala efektivitas dan sesuai untuk kelompok usia target 16-50 tahun dan sangat efektif untuk Kota Batam saja.Item Analisis Efektivitas Game Virtual Reality 'Battle of Riau' Dalam Menyampaikan Pengetahuan Sejarah Kepada Pengguna(2024-06-21) Wayoga, Andre; riwinoto, riwinoto; riwinoto, riwinotoABSTRACT - Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi topik yang semakin menarik dalam konteks pendidikan, dengan minat penelitian dan pengembangan yang berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi penggunaan game VR "Battle of Riau" sebagai alat pembelajaran dalam menyampaikan materi sejarah kepada pengguna. Melalui pendekatan kuantitatif dengan desain Uji-T 2 sampel (Independen), penelitian ini membandingkan efektivitas penggunaan game VR dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman materi sejarah. Responden dari kedua kelompok tersebut telah disamakan dalam hal kesetaraan melalui pengukuran homogenitas. Dan berdasarkan hasil dari uji t independent penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran game VR (kelompok eksperimen) memberikan indikasi dampak yang signifikan dan lebih baik dalam meningkatkan pemahaman dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (kelompok kontrol).Item Analisis Efektivitas Game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom sebagai Media Edukasi Sejarah(2024) Nafisah, Adilah Putri; riwinoto, riwinotoPenelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom sebagai media edukasi sejarah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan observasional. Dengan hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom efektif dalam meningkatkan pemahaman sejarah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom merupakan solusi yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan sejarah. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan teknologi VR dalam pembelajaran sejarah dan menawarkan prospek penggunaan game VR dalam konteks pendidikan yang lebih luas.Item Analisis Efektivitas Iklan Promosi Pada Armada Miniatur Menggunakan Metode EPIC Model(2024-07-04) Juliana, Lucinda;Armada Miniatur merupakan salah satu penyedia jasa dalam pembuatan miniatur kapal khususnya kapal tugboat yang terbuat dari bahan serat fiber, triplek, dan kayu balsa. Adapun masalah yang dihadapi yaitu kegiatan promosi yang kurang efektif sehingga kurangnya pemahaman konsumen dapat berdampak pada penurunan produksi. peneliti menggunakan media sosial Instagram sebagai media promosi karena banyak sekali akun bisnis kecil maupun besar menggunakan Instagram sebagai media promosi agar dapat meningkatkan pangsa pasar dan memperluas informasi mengenai produk atau merek. Hasil penelitian ini yaitu iklan promosi yang dilakukan efektif untuk dilakukan dan dapat melakukan metode-metode lain untuk melihat keefektifan iklan promosi pada Armada Miniatur.Item Analisis Efektivitas Penggunaan Media Audio Pada Animasi "Green Tourism"(Politeknik Negeri Batam, 2024-08) Fadhillah, Sulthanul;This study aims to analyze the effectiveness of using audio media in the short animation "Green Tourism." The animation employs a pop-up book visual concept, illustrating sustainable tourism principles. The audio media, including foley techniques and voice-over, are designed to support the storyline and evoke emotions in the audience. A descriptive quantitative approach was used, following the Villamil-Molina development stages: development, pre-production, production, post-production, and delivery. Results indicate that audio media in "Green Tourism" effectively supports the narrative, builds emotions, and enhances viewer comprehension of the conveyed message. Testing with 30 students from Politeknik Negeri Batam revealed that 91.3% of respondents found the audio media highly helpful in delivering the message. This study concludes that audio media significantly enriches the viewing experience and educates the public about the importance of sustainable tourism.Item ANALISIS EFEKTIVITAS VIDEO PEMASANGAN APLIKATOR UNTUK KARYAWAN PT XYZ MENGGUNAKAN EPIC MODEL(2024-05-13) S, Izmi Bayhaqi;The research aims to assess the efficiency of an instructional video on applicator installation at PT. XYZ utilizing the EPIC Model analysis approach. PT. XYZ, a key player in the automotive cable harness industry in Batamindo Industrial Park (BIP) Batam, Indonesia, follows a three-step production process: Cutting and Crimping (C&C), Assembly, and Quality Control, with C&C, especially crimping, being crucial. Previously, learning materials consisted only of PowerPoint slides lacking clear instructions or visuals, resulting in employees' insufficient comprehension. Therefore, the development of instructional videos aims to improve employees' understanding and proficiency in the applicator installation process. Employing the EPIC Model analysis approach, which evaluates empathy, persuasion, impact, and communication, the instructional video's effectiveness is assessed comprehensively. Findings from the analysis reveal that the instructional video is highly effective across all dimensions. The target sample for the calculation was 47 people, and the respondents obtained were 50 people, the EPIC Rate achieves a score of 4.83, indicating high effectiveness on the EPIC Model scale. In summary, the instructional video on applicator installation significantly influences PT. XYZ employees, particularly in the cutting and crimping department. Consequently, the video serves as a highly effective learning tool for PT. XYZ employees in applicator installation procedures.Item Analisis Efektivitas Video Pengenalan Alat HMF (High Material Filter) Sebagai Media Informasi(Politeknik Negeri Batam, 2024-09-04) Noviansyah, Rexshi Muhammad; Prasetyaningsih, SandiKualitas air bersih adalah kebutuhan esensial bagi kehidupan manusia. Namun, faktor-faktor seperti iklim, geologi, dan aktivitas manusia dapat mempengaruhi ketersediaan air bersih. Kota Batam mengalami pertumbuhan pesat, saat ini menghadapi peningkatan kebutuhan air bersih yang mendekati batas maksimal produksi waduk. Diperkirakan akan terjadi defisit air sebesar 4.597,15 liter/detik pada tahun 2025, dan risiko krisis air di Kota Batam meningkat pada tahun 2040. Sebagai solusi, diajukan konsep berkelanjutan yang menggabungkan Integrated Water Management System dan High Material FilterItem ANALISIS EKSPLORASI VOICE OVER DAN PENGARUHNYA TERHADAP ALUR CERITA ANIMASI “LAUT KITE”(Jurnal Kajian Seni, 2024-07) Amalia, Yessy Kusumah;Animasi "Laut Kite" menggunakan voice over untuk menyampaikan pesan tentang bahaya sampah plastik di laut yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah. Akan tetapi, penyampaian pesan pada film ini bukan berupa narasi, melainkan melalui dialog antar tokoh dalam cerita. Animasi ini menghadirkan banyak karakter yang membutuhkan teknik dan penghayatan suara yang tepat agar tidak terkesan monoton dan membosankan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana eksplorasi voice over dengan menjadikan voice acting sebagai fondasi penghayatan dan penerapan teknik voice over dalam animasi Laut Kite. Penelitian ini menggabungkan penelitian artistik dengan penelitian kualitatif deskriptif yang bersumber dari pengalaman peneliti, wawancara ahli, dan dokumentasi lainnya untuk dianalisis mengenai keterkaitan kualitas voice acting dengan teknik dalam voice over yang terdiri dari emphasize, pacing, artikulasi, dan tone suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Laut Kite" telah menggunakan voice over yang efektif. Pengisi suara berhasil menyampaikan emosi karakter dengan tepat dan menciptakan suasana yang sesuai dengan adegan.Item ANALISIS ELEMEN KOMPOSISI DAN TEKNIK FOTOGRAFI PADA FOTO “SENYUMANMU PENUH ILMU KETIKA MENGAJARIKU” KARYA AHMAD SEPRIADI DALAM KOMPETISI PORSENI POLIKANT 2022(2024) Sepriadi, Ahmad; Resda, Dodi Prima; Resda, Dodi PrimaIn the context of vocational higher education, the existence of PORSENI (Sports and Arts Week) has a very important role in enriching student experience. One aspect that stands out in PORSENI is the Photography competition. Photography as a visual art has great potential in conveying messages of education and beauty. However, there is still a lack of research that specifically examines how photography composition affects the understanding and interpretation of the message conveyed in a work. This study examines the photographic composition in the work titled "Your Smile is Full of Knowledge When Teaching Me" by Ahmad Sepriadi, who is a participant in the PORSENI Photography competition. Descriptive qualitative method is used to analyze the visual structure and techniques that support the message in the work. This research aims to provide deeper insights into how photographic composition can enhance the expressive power and artistic value of a work, as well as contribute to an appreciative understanding of art and creative approaches in an educational context.Item ANALISIS ENVIRONMENT BACKGROUND KONSEP ART DALAM VIDEO ANIMASI 2D PROMOSI RUMAH TENUN PULAU NGENANG(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2025-01-15) Limbong, Denise Yuliana; Prasetyaningsih, SandiPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas visual dari concept art environment pada dua panel animasi 2D "Promosi Rumah Tenun Pulau Ngenang", yakni scene 5 panel 02 dan scene 6 panel 01. Analisis difokuskan pada tiga elemen visual utama berdasarkan teori Tony White, yaitu perspektif, komposisi, dan pewarnaan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 30 mahasiswa Politeknik Negeri Batam, program studi Animasi yang sudah lulus mata kuliah konsep seni sebagai kriteria responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner Google Forms menggunakan skala Likert 5-point. Hasil penelitian menunjukkan bahwa concept art environment pada ke dua panel tersebut dinyatakan layak secara visual dengan memperoleh rata-rata79,98% berdasarkan dari indikator perspektif memperoleh nilai persentase rata-rata 80,83% dengan kriteria layak, indikator komposisi memperoleh nilai persentase rata-rata 81,78% dengan kriteria sangat layak, dan untuk indikator pewarnaan memperoleh nilai persentase 77,33% dengan kriteria layak.Item ANALISIS GERAK SLOW MOTION VIDEO PREWEDDING: STUDI KASUS (ONECLICK.ID STUDIO)(Jurnal Kajian Seni, 2024-07-11) Putra, Arvian Susila;Video sudah menjadi tayangan pada berbagai media, yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada orang yang melihatnya. Video prewedding adalah salah satu video yang sering dilupakan konsepnya, sehingga pembuatan video prewedding didiskusikan dengan videografer dengan referensi teknik slow motion. Tujuan teknik slow motion adalah untuk membuat visual lebih puitis, romantis, intim maupun sebaliknya untuk meningkatkan emosi dan menekankan momen penting. Karya referensi terkait slow motion sering tidak difokuskan pada penggunaan teknik slow motion yang mengungkap makna suatu adegan, yakni digunakan pada semua scene. Penelitian ini menggabungkan penelitian praktik seni sebagai riset (art-based research) yang ditelusuri dengan penggambaran, eksplorasi, serta temuan pada proses kerja kreatif dengan penelitian kualitatif deskriptif yang bersumber dari pengalaman peneliti, jurnal, artikel, wawancara narasumber, dan dokumentasi lainnya untuk dianalisis mengenai penerapan gerak slow motion pada video prewedding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gerak slow motion yang digunakan pada scene-scene sebagai objek penelitian sudah sesuai dengan tujuan penciptaan konsep slow motion dalam video prewedding. Kata kunci: Prewedding, Slow motion, VideoItem Analisis Indeks Kekritisan Lingkungan Menggunakan Citra Landsat 9(2024-06-21) Abdul Malik, Maulana; Ratna Sari, LuthfiyaKegiatan industri di Pulau Batam yang meningkat menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan yang menyebabkan fenomena seperti urban heat island. Maka dari itu diperlukan penelitian terkait sebaran kondisi lingkungan. Pada penelitian ini dilakukan analisis menggunakan citra Landsat 9 OLI/TIRS dengan metode algoritma pengolahan Land Surface Temperature (LST), Normalized Difference Vegetation Index (NDVI), Enhance Built-up and Bareness Index (EBBI), Modified Normalized Difference Water Index (MNDWI). Kemudian diuji akurasi untuk algoritma dengan menggunakan Normalized Mean Absolute Error (NMAE), Koefisien determinasi (R2), dan matrix konfusi dengan menggunakan Overall Accuracy dan Kappa Coefficient. Setelah algoritma diuji akurasinya, dilakukan kombinasi untuk mengetahui sebaran daerah kritis dengan menggunakan algoritma Environmental Criticality Index (ECI). Hasil dari pengolahan menunjukkan daerah kritis tinggi sebesar 106.4 km2, daerah kritis sedang seluas 105.3 km2, daerah kritis rendah seluar 104.5 km2, dan daerah tidak kritis seluas 105.4 km2. Dari luasan setiap klasifikasi didapatkan perbandingan 1 : 1 untuk setiap kelas, yang dimana hal ini menunjukkan keseimbangan antara objek alam dan buatan.Item Analisis Kelayakan Game Edukasi Brain: Memo menggunakan Standar ISO 25010 dalam Aspek Functional Suitability, Performance Efficiency, Compatibility, dan Usability terhadap Anak-anak Usia 7–12 Tahun(2025) ZULKARNAIN ZULKARNAIN; Lumombo, LionyPada era digital, penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk bermain game yang tidak sesuai, dapat menghambat perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menganalisis kelayakan game edukasi, “Brain: Memo” yang dirancang untuk meningkatkan memori jangka pendek dan konsentrasi anak. Evaluasi game dilakukan berdasarkan standar ISO/IEC 25010, mencakup aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Brain: Memo” dapat membantu anak usia 7-12 tahun mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan interaktif dengan antarmuka yang menarik dan ramah anak.Item ANALISIS KEPRAKTISAN VIDEO TRAINER KIT MEGA 2560 PRO SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PADA YOUTUBE TFME(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-10) Syahputri, Rizka Maryam; Sembiring, Evaliata BrThe Trainer Kit is a set of learning media consisting of materials and modules for the implementation of internships and is used to support student learning activities. Because this trainer kit product is only one in TFME and is prone to damage, an analysis was carried out to measure the practicality of the trainer kit video as an introduction medium for engineering students at the Batam State Polytechnic. This research was conducted to determine the practicality of using an introduction video about the Mega 2560 Pro Trainer Kit on Youtube TFME Polibatam. This introductory video contains components from the assembled Trainer Kit. The video was made to ensure students' understanding of the trainer kit that has been made. The introduction video that has been completed is uploaded to the TFME Polibatam Youtube site. The analysis method used is a practical method with descriptive quantitative. The results of this analysis show that the mega 2560 pro video trainer kit has significant value for every aspect. Effectiveness Time got an average score of 81% so that the video was considered practical and easy to use and access through the TFME Polibatam Youtube channel.