Repository Politeknik Negeri Batam

Cari Berkas


Publikasi Jurnal Nasional -  Pengembangan Game Funny English menggunakan Unity 3D

Ardiman Firmanda

Di Indonesia mempelajari bahasa Inggris masih merupakan sesuatu yang sangat sulit dan bahkan terkadang menakutkan bagi beberapa siswa/siswi. Mereka mengalami kesulitandalam belajar bahasa Inggris terutama dalam menulis dan menghafal kosa kata. Melihat kenyataan tersebut, penulis mengembangkan sebuah . . . . . .

Publikasi Jurnal Nasional -  Studi tentang Metodologi Pengembangan Game untuk Program Studi Teknik Multimedia Jaringan di Politeknik Negeri Batam

Riwinoto, S.T., M.KOM.

Game mempunyai dua karakteristik yaitu sebagai software dan sebagai konten multimedia. Kedua karakteristik ini menyebabkan pengembangan game harus mempunyai metodologi yang melingkupi kedua karakter tersebut. Silabus pemrograman game di Program studi Multimedia Jaringan menyatakan bahwa pengembangan . . . . . .

Publikasi Jurnal Nasional -  Penemuan Sinyal Asli dengan Metode Independent Component Analysis pada Sinyal Tercampur Tunggal

Riwinoto, S.T., M.KOM.

Independent Component Analysis (ICA) salah satu teknik populer untuk menemukan komponen-komponen pembentuk sinyal tercampur dengan menggunakan asumsi bahwa minimal satu dari komponen pembentuknya adalah non gaussian. Teknik ICA secara umum mensyaratkan bahwa jumlah sinyal tercampur minimal sama deng . . . . . .

Publikasi Seminar Nasional -  Perbandingan Quantum Clustering dan Support Vector Clustering untuk Data Microarray Expression Yeast Cell dalam Ruang Singular Value Decomposition (SVD).

Riwinoto, S.T., M.KOM.

Sekarang ini, metode clustering telah diimplementasikan dalam riset DNA. Data dari DNA didapat melalui teknik microarray. Dengan menggunakan metode teknik SVD, dimensi data dikurangi sehingga mempermudah proses komputasi. Dalam paper ini, ditampilkan hasil clustering tanpa pengarahan terhadap gen-ge . . . . . .

Publikasi Seminar Nasional -  Deteksi Pola Lingkaran Menggunakan Algoritma Hough Transform Pada 2D

Riwinoto, S.T., M.KOM.

Identifikasi lingkaran pada ruang 2D memerlukan tahapan yaitu konversi ke gambar dari RGB ke format HSL, grayscaling, deteksi tepi dan deteksi lingkaran menggunakan algoritma hough transform. Informasi yang didapatkan dari algoritma hough transform adalah titik tengah, dan radius lingkaran. Hasil pe . . . . . .

Publikasi Jurnal Nasional - Predicting Animated Film of Box-Office Success with Neural Networks

Riwinoto, S.T., M.KOM.

Animation industry involves huge funds in production process and its success will give great income. Predicting the box-office of animated film has become an interesting topic to be discussed, because past studies are shown to be contradictory. Sharda and Delen conducted a similar study that used se . . . . . .