Ulfah, NurulLaili Arifin, NurulDwi Rahayu, Wisye2025-01-042024-08IEEE Stylehttp://103.209.1.147:4000/handle/PL029/3273Full Page Article, Lembar Pengesahan, Borang PublikasiIndustri perkapalan khususnya di Kota Batam yang memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi, menuntut perusahaan untuk bersaing secara optimal, baik dengan meningkatkan kualtitas maupun kuantitas. Sebagai upaya menghasilkan produk yang mampu bersaing, tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana cara mengestimasikan lokasi titik keseimbangan untuk digunakan sebagai acuan penentuan lokasi eyelug untuk kebutuhan proses overturning atau lifting. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode pendekatan Center of Gravity. Metode pendekatan Center of Gravity ini mengacu pada penelitian yang sebagian besar digunakan pada dunia industri. Kemudian ditemukan dari perhitungan dengan metode Center of Gravity bahwa kapal tunda berukuran 28,5 meter pada block 1 lambung kapal terletak pada lokasi VCG (Vertical Center of Gravity) ialah 2253 mm dari baseline dan titik LCG (Longitudinal Center of Gravity) ialah 8868 mm dari zero point.otherEstimasi Titik Keseimbangan Tugboat 28,5 M Block 1 Sebagai Acuan Penentuan Posisi Eyelug Overturning Menggunakan Metode Pendekatan Center of GravityThesisNIM4412001010NIDN0008059206NIDN0004069001KODEPRODI36305#TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI PERKAPALAN