Dwi Harlyan, GendhyAli Azhar, Fahri2025-01-042024-07APAhttp://103.209.1.147:4000/handle/PL029/3487Narkoba merupakan masalah serius di negara kita dengan berbagai dampak negatif yang ditimbulkan. Penelitian ini menganalisis efektivitas animasi Ficusia sebagai media kampanye anti narkoba dengan menggunakan EPIC Model. Tujuannya adalah untuk mengukur sejauh mana animasi ini mempengaruhi empati, persuasi, dampak, dan komunikasi mengenai pesan anti narkoba. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata untuk empati, persuasi, dampak, dan komunikasi adalah (“4.3”, “4.4”, “4.2”, dan “4.3”). Skor rata-rata EPIC secara keseluruhan adalah 4,325, yang termasuk dalam kategori “sangat efektif” dalam skala efektivitas dan sesuai untuk kelompok usia target 16-50 tahun dan sangat efektif untuk Kota Batam saja.otherHUMANITIES and RELIGION::Aesthetic subjects::FilmHUMANITIES and RELIGION::Aesthetic subjects::ArtAnalisis Efektivitas Animasi Ficusia Sebagai Media Kampanye Anti Narkoba Menggunakan EPIC ModelEffectiveness Analysis of Ficusia Animation as an Anti-Drug Campaign Media Using EPIC MODELArticleNIM4322001044NIDN0024058603KODEPRODI90345#ANIMASI