Batubara, Ninda HardinaLesmana, Hendra Surya2025-01-032024-07-11http://103.209.1.147:4000/handle/PL029/3013Full page tigas akhir, lembar pengesahan, borang publikasiKebocoran udara pada sistem pneumatic pesawat Airbus A320 pada area wing merupakan salah satu masalah yang dapat mempengaruhi pembatasan operasi pesawat udara. Keberadaan kebocoran udara pada pesawat Airbus ini menyebabkan pesawat tidak dapat terbang atau aircraft on ground (AOG) sesuai dengan buku panduan MEL atau Minimum Equipment List. Penelitian Air L Wing leak ini dilakukan pada pesawat Airbus A320 milik perusahaan penerbangan PT. ABC. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini mengikuti SOP yang diberikan oleh pabrik pembuat pesawat, yaitu diantaranya identifikasi masalah, troubleshooting, rectification, operasional tes dan result. Pada saat dilakukan pengecekan ditemukan kebocoran pada pipa penghubung antara sistem pneumatic dari engine dengan saluran menuju wing anti ice valve. Kebocoran ini disebabkan karena perubahan bentuk dari seal pada duct pneumatic akibat usia dari komponen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kebocoran udara pada sayap pesawat Airbus A320. Selain itu, dalam penelitian ini juga memberikan rekomendasi perbaikan dan pencegahan yang dapat diimplementasikan oleh maskapai penerbangan dan perusahaan perawatan pesawat untuk mengatasi masalah ini. Berdasarkan hasil identifikasi, penyebab munculnya fault Air L Wing Leak yang diakibatkan karena rusaknya seal pada bagian penghubung antara duct wing anti ice dengan engine bleed. Hal tersebut menyebabkan bocornya udara yang mengakibatkan sistem pendeteksi menerima udara panas dan menghasilkan warning Air L Wing Leak.otherTECHNOLOGY::Engineering physics::Other engineering physicsTECHNOLOGYIdentifikasi Penyebab Air L Wing Leak Pada Pesawat Airbus A320ArticleNIM3412332027NIDN0020129208NIDN0414068901KODEPRODI21041#TEKNIK MESIN