Octowinandi, vivinHendrawan2025-01-022024-07-09IEEEhttp://103.209.1.147:4000/handle/PL029/2818Pengesahan, Borang Publikasi, JurnalPenelitian ini menjelaskan tentang analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proses perakitan kereta listrik Perusahaan Skoda Transportation dengan menggunakan teknik Potential Mode Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Latar belakang penelitian ini mencerminkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja di industri perakitan kendaraan, terutama sejak diperkenalkannya teknologi baru seperti kereta listrik sehingga menimbulkan tantangan khusus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menilai dan memitigasi potensi risiko yang terkait dengan proses perakitan. teknik FMEA digunakan untuk mengidentifikasi jenis, penyebab, dan akibat kesalahan, sedangkan FTA digunakan untuk menganalisis hubungan sebab akibat antara kesalahan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi risiko K3 memiliki dampak yang signifikan, dengan nilai RPN (Risk Priority Number) berkisar antara 24 hingga 240. Selain itu, persentase riisko yang ada dalam proses perakitan kereta listrik memiliki distribusi yang signifikan, dengan 96% risiko rendah dan 4% risiko sedang. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam meningkatkan keselamatan, kualitas produk, dan keandalan operasional proses perakitan kereta listrik.otherTECHNOLOGY::Other technologyTECHNOLOGY::Electrical engineering, electronics and photonics::Electrical engineeringAnalisis Risiko K3 pada Proses Perakitan Kereta Listrik menggunakan Metode FMEA dan FTA di Perusahaan Skoda TransportationArticleNIM4242011047NIDN0030108305KODEPRODI20307#TEKNOLOGI REKAYASA ELEKTRONIKA