Syafrina, MiaFajrina, Nadhilah Nur2025-04-292025-01-21APAhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/3992Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan administrasi di SMA Negeri 19 Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dan memperoleh sumber data primer dengan menggunakan strategi purposive sampling. Strategi pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara terhadap anak-anak yang pernah mendapat layanan administrasi. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mendapat pelayanan dari tenaga administrasi berupa surat dan jasa dalam melakukan pembayaran SPP. Pendekatan analisis data meliputi pengumpulan data, penyederhanaan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pendekatan pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan jumlah siswa sebanyak 4 orang sebagai responden. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa elemen yang berkontribusi terhadap kualitas pelayanan administrasi staf administrasi di SMA Negeri 19 Batam. Pertimbangan tersebut antara lain sebagai berikut: keramahan, kecepatan, keandalan, dan bukti nyata.otherPENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI TATA USAHA di SMA NEGERI 19 BATAMArticleNIM4121911049 / NIDN0005098805KODEPRODI63311#Administrasi Bisnis Terapan