Ulfah, MutiaPutra, Bagas Pratama2024-12-312024APAhttp://103.209.1.147:4000/handle/PL029/2764Tax Center Polibatam akan segera membentuk unit bisnis bernama Layanan Penyedia Jasa Aplikasi Perpajakan (PJAP). Layanan ini akan menjadi pusat penyedia layanan edukasi perpajakan pertama di Batam. Sebagai sebuah unit bisnis yang akan dikembangkan kedepannya, perlu kiranya untuk melakukan perancangan strategi bersaing yang tepat agar layanan bisa memenangkan target pasar melalui keunggulan kompetitif yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang formulasi strategi bersaing pada layanan PJAP milik Tax Center Polibatam melalui SWOT dan QSPM. Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis SWOT, matriks IFE dan EFE terbentuk dan mendapatkan skor 2,67 dan 3,08, menempatkan layanan di kuadran II dalam matriks IE.Kemudian, matriks SWOT menghasilkan 3 alternatif strategi yang akan dievaluasi menggunakan matriks QSPM untuk menetapkan formulasi strategi bersaing yang tepat. Sehingga diperolah strategi prioritas berdasarkan analisis adalah meningkatkan brand awareness dengan total STAS sebesar 4,15.otherSOCIAL SCIENCES::Business and economicsFORMULASI STRATEGI BERSAING MELALUI SWOT DAN QSPM PADA LAYANAN PJAP MILIK TAX CENTER POLIBATAMCOMPETITIVE STRATEGY FORMULATION THROUGH SWOT AND QSPM ON PJAP SERVICES OWNED BY TAX CENTER POLIBATAMArticleNIM4122001053 / NIDK1988080620220320044122001053005029