Kholisa ,VinaAsyura, Putri2025-01-032024-07-26APAhttp://103.209.1.147:4000/handle/PL029/3074Sektor pariwisata terus berkembang pesat di era globalisasi dan kemajuan teknologi, dengan hotel butik seperti Artotel Batam yang semakin diminati karena menawarkan pengalaman menginap yang unik. Untuk menjaga kualitas layanan yang konsisten, setiap hotel, termasuk Artotel Batam menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Penelitian menunjukkan bahwa penerapan SOP memiliki peran penting dalam menjalankan operasional perusahaan secara efektif, membantu mempertahankan konsistensi, dan meningkatkan kualitas kerja. Namun, di Artotel Batam terdapat tantangan dalam proses penerimaan barang, di mana ketidaksesuaian antara Purchase Order (PO) dan barang yang diterima sering terjadi, yang berdampak negatif pada operasional hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi SOP proses penerimaan barang di Artotel Batam dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan yang diberikan, serta memastikan kepatuhan terhadap standar operasional yang telah ditetapkan.otherTECHNOLOGY::Industrial engineering and economy::Industrial organisation, administration and economicsSOCIAL SCIENCES::Business and economicsEvaluasi Standard Operating Procedure (SOP) Proses Penerimaan Barang di Industri Perhotelan Artotel BatamEvaluation of Standard Operating Procedure (SOP) of Receiving process in Artotel Batam hospitality industryArticleNIM3112101017NIDN0019109107KODEPRODI62401#AKUNTANSI