Prasetyo, NaufalBatubara, NindaAlif Alakbar, Muhammad2025-01-042024-07-08IEEEhttp://103.209.1.147:4000/handle/PL029/3221Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meminimalisir kebisingan dan getaran yang dihasilkan dari sistem transmisi dengan metode shaft alignment dan deflection yang diukur dengan bantuan dial indikator. Shaft alignment dilakukan dengan cara penyelarasan dua sumbu poros antara blok gearbox dan blok shaft intermediate. Tahap ini dilanjutkan dengan tahap deflection pada bagian crankshaft dengan tujuan memperbaiki penyimpangan yang melebihi batas standar akibat pengoperasian. Data yang didapat dari kedua metode tersebut dapat digunakan untuk meminimalisir getaran pada saat melakuan pengujian vibrasi yang toleransi nilai untuk getaran adalah 2 Hz hingga 300 Hz pada saat kapal beroperasi sehingga dapat meningkatkan kenyamanan para penumpang serta awak kapal.otherUji Getaran Pada Sistem Propulsi Menggunakan Metode Alignment dan DeflectionArticle4412011005NIDN0012118802NIDN0020129208KODEPRODI36305#TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI PERKAPALAN