Repository Politeknik Negeri Batam

Teknik Elektronika Manufaktur


Tugas Akhir - STUDI PARAMETER TEMPERATUR NOZZLE DAN BASE PLATE PADA MATERIAL ABS SEBAGAI BAHAN BAKU 3D PRINTER TERHADAP HASIL KEHALUSAN PERMUKAAN

BAMBANG SAHPUTRA

Printer 3D adalah sebuah printer yang menampilkan data dalam bentuk cetakan. Dengan teknologi dari 3D printing (FDM) sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material. Dalam penelitian ini, dikaji tentang pengaruh parameter temperature nozzle dan b . . . . . .

Tugas Akhir - LAPORAN PROSES PENGUKURAN TINGKAT KEPRESISIAN BASE PLATE CMM FIXTURE

ROIFAHMI

Di dalam dunia industri pemesinan dalam menghasilkan sebuah produk selalu menggunakan gambar kerja, karena gambar kerja merupakan alat komunikasi antara perancang produk dengan pembuat produk tersebut. Dari sebuah gambar kerja terdapat ukuran-ukuran dimensi produk yang akan dikerjakan nantinya. Lap . . . . . .

Tugas Akhir - PENGARUH VARIASI KOMPOSISI CAIRAN PENDINGIN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN MATERIAL S45C CARBON STEEL PADA PROSES TURNING

FIRMAN

Pada proses pembubutan permukaan sering terjadi peningkatan panas, khususnya permukaan benda kerja yang bersinggungan dengan pahat secara langsung, hal ini akan berpengaruh terhadap tingkat kekasaran permukaan benda kerja.Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilai kekasaran permukaan, yaitu cai . . . . . .

Tugas Akhir - LAPORAN RESIKO CACAT PADA JIG CONNECTOR DALAM PROSES PRODUKSI DENGAN METODE FMEA

ZARA VHOENNA CHANTIARA

Banyaknya jenis produk dan proses yang berjalan pada suatu perusahaan, maka di kelompokkan menjadi satu produk dan satu proses yang paling besar tingkat kecacatannya. Pada salah satu proses ini menggunakan jig connector sebagai perangkat utama produksi. Namun masih banyak terdapat kecacatan pada jig . . . . . .

Tugas Akhir - LAPORAN TINGKAT KEHALUSAN PERMUKAAN ST 37 TERHADAP VARIASI KUAT ARUS MESIN EDM

HARI PERDANA

Electical Discharge Machine (EDM) makin banyak digunakan di industri manufaktur khususnya untuk menangani pemesinan material yang sangat keras dan tidak dapat dilakukan dengan metode pemesinan tradisional.Dalam proses EDM pengerjaan material benda kerja atau suatu produk yang dilakukan oleh sejumlah . . . . . .

Tugas Akhir - RANCANG BANGUN PROPELLER MENGGUNAKAN MESIN CNC 3 AXIS

ARYA FITRI HIDAYAT

Propeller (baling-baling) adalah salah satu bagian mesin yang berfungsi sebagai alat penggerak mekanik, misalnya pada pesawat terbang, kapal laut, mobil amvibi (hovercraft) dan lain-lain. Propeller dibedakan menjadi dua jenis yaitu Fixed Pitch Propeller (FPP) dan Controllable Pitch Propeller (CPP). . . . . . .

Tugas Akhir - ANALISA NILAI OVERALL EQUIPMMENT EFFECTIVENESS (OEE) PADA MESIN AUTO ASSEMBLY UPPERCASE CARTRIDGE

NOVAN PERMADI

Overall Equipment Effectiveness (OEE) adalah sebuah metode atau alat ukur yang digunakan untuk mengukur kefektivitasan alat atau mesin dalam menjalankan fungsinya. Dengan demikian pengukuran OEE bisa digunakan sebagai Key Performance Indicator (KPI), yaitu sebagai tolak ukur keberhasilan sebuah line . . . . . .

Tugas Akhir - LAPORAN PENGGUNAAN THERMOELECTRIC GENERATOR DENGAN HEATSINK TEGAK LURUS TERHADAP ALIRAN FLUIDA UNTUK MENGHASILKAN LISTRIK DARI SISTEM RADIATOR

ANDRO

Pemanfaatan energi panas menjadi energi listrik yang ramah lingkungan dan memiliki nilai yang ekonomis mulai dikembangkan saat ini. Contohnya pemanfaatan panas air radiator yang mengubah energi panas dikonversi menjadi energi listrik. Dengan desain saluran untuk meletakkan Thermoelectric Generator p . . . . . .

Tugas Akhir - RANCANG BANGUN ALAT POTONG UKIR KAYU

FERNANDO TOGATOROP

Tujuan utama Tugas Akhir ini adalah merancang mesin jigsaw untuk menggergaji papan kayu dan menentukan komponen mesin jigsaw serta mendapatkan hasil pengujian uji coba pemotongan dan pengukiran pada kayu. Perancangan modifikasi mesin jigsaw ini mempunyai beberapa konsep dengan langkah-langka . . . . . .

Tugas Akhir - ALAT PEMANFAAT PANAS PADA SALURAN GAS BUANG MOBIL KONFIGURASI HEAT SINK TEGAK LURUS ALIRAN GAS UNTUK MENGHASILKAN ENERGI LISTRIK

ARJUNA LUMBAN TORUAN

Peningkatan penggunaan alat transportasi seperti motor, mobil, kapal maupun pesawat berpengaruh besar terhadap pemakaian bahan bakar sebagai tenaga penggeraknya. Meningkatnya penggunaan bahan bakar juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan energi yang terlepas ke alam. Saat terjadi proses pembaka . . . . . .