Repository Politeknik Negeri Batam

Teknik Mekatronika


Tugas Akhir - PENGAWASAN, KENDALI DAN AKUISISI DATA UNTUK DISTRIBUSI TEKANAN UDARA MENGGUNAKAN LABVIEW DAN PLC

DEFRI

Proyek ini merupakan komunikasi antara Siemens PLC (Programmable Logic Control) dengan LabVIEW. Komunikasi antara PLC dengan LabVIEW melalui OPC (OLE for Process Control) yang menggunakan OPC Server. OPC adalah standar industri menyediakan teknologi perangkat lunak plug-and-play nyata untuk prose . . . . . .

Tugas Akhir - PERANCANGAN INVERTER DARI SOLAR CELL UNTUK MENGGERAKKAN EXHAUST FAN DENGAN DAYA 40 WATT

BASYIR HALIM

Dalam proyek akhir ini dirancang sebuah inverter dari tegangan DC (Direct Current) 16 volt menjadi tegangan AC (Artenating Current) 220 volt untuk menggerakkan exhaust fan dengan daya 40 watt. Tegangan utama didapatkan dengan memanfaatkan tenaga dari matahari melalui solar cell, output dari solar . . . . . .

Tugas Akhir - PLANT INTEGRITY MONITORING MENGGUNAKAN ULTRASONIK DENGAN METODE FUZZY DECISION SUPPORT BERBASIS WIRELESS

WAHYU WIBOWO

Melakukanpengukuranketebalandenganultrasonik thickness gauging biasanyadilakukandengancara manual denganbantuan operator produksiatauteknisi. Dalamhalinijikaterdapat area yang berbahayamisalnyategangantinggi, tempatterbatas, kandunganbahankimia, udaraberpolusi, danbahayabahaya yang lainnya, maka . . . . . .

Tugas Akhir - ALAT PENGUKUR KELEMBABAN UDARA DAN TEMPERATUR BESI PADA PROSES PENGECATAN BERBASIS MIKROKONTROLER

AGUS NANTO

Sampai dengan saat ini, sebagian besar peralatan yang digunakan untuk mengukur kelembaban udara dan temperature pada permukaan besi pada proses pengecatan masih menggunakan beberapa peralatan yang bersifat manual dan berdiri sendiri – sendiri sehingga sangat merepotkan, tidak efisien dan rawan . . . . . .

Tugas Akhir - KENDALI KECERAHAN LAMPU MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC DAN MONITORING BERBASIS LABVIEW

DEDI FLORENSIUS SIHALOHO

Pemakain energi listrik merupakan salah satu penggunaan energi yang besar. Oleh karena itu dibutuhkan penghematan energi pada sistem penerangan ini. Pada umumnya pengaturan penerangan hanya menggunakan prinsip on-off. Penggaturan penerangan dengan prinsip on-off dimana lampu hanya bekerja pada du . . . . . .

Tugas Akhir - PENERAPAN INVERSE DAN FORWARD KINEMATIC DIFFERENT WHEEL PADA ROBOT AGV (AUTOMATED GUIDE VEHICLE)

YENY PALUPI

Penerapan inverse dan forward kinematics pada robot AGV (Automated Guide Vehicle) bertujuan untuk mengaplikasikan perhitungan jarak menggunakan dua buah sensor rotary encoder yang dimasukkan ke dalam persamaan forward kinematic different wheels. Hasil dari persamaan forward kinematics menghasilka . . . . . .

Tugas Akhir - PENGENDALIAN KERAN AIR UNTUK MENGATUR DEBIT AIR BERBASIS FUZZY LOGIC PADA MIKROKONTROLER

RINALDI

Pada pengisian galon air isi ulang biasanya masih menggunakan sistem semiauto atau pengisian air minum menggunakan tombol On/Off untuk mengaktifkan pompa air untuk mengisi air kedalam galon, tanpa mengetahui jumlah yang sudah dikeluarkan dari pompa air untuk mencapai jumlah maximal yang dapat dit . . . . . .

Tugas Akhir - MESIN PENGEMBANG ROTI DENGAN KONTROL PID

NOVIANTI YULIARMAS

Agar dapat menghasilkan roti enak, selain komposisi bahan yang digunakan yang paling penting adalah tahap proofing pada proses pembuatan adonan roti harus benar-benar mengembang sebelum dimasukan ke oven untuk proses pemanggangan. Permasalahan yang ada adalah mengontrol suhu agar tetap stabil pad . . . . . .

Tugas Akhir - IMMPLEMENTASI PERSAMAAN FORWARD KINEMATIC KIWI DRIVE UNTUK MENGETAHUI POSISI MOBILE ROBOT

RIAN SYAFI’I

Agar dapat megetahui posisi, mobile robot harus memiliki sistem pergerakan yang baik sehingga dapat dipantau setiap perubahan posisi robot. Robot ini dapat bergerak ke segala arah karena menggukanan omnidirectional wheel dengan kontrol invers kinematic. Dengan sistem kontrol navigasi tersebut, te . . . . . .

Tugas Akhir - PERANCANGAN SISTEM PENGUKUR KESEJAJARAN TINGGI DUA BENDA BERBASIS PID

GUNTUR WICAKSONO

Dalam mengukur kesejajaran tinggi dua buah benda (kerataan leveling sloof dan pondasi) seorang tukang bangunan membutuhkan sebuah selang kecil yang telah diisi air didalamnya, yang ditarik dari titik yang ingin diukur kemudian ditarik benang sebagai acuan ketinggian agar terjadi keratan leveling . . . . . .