Repository Politeknik Negeri Batam

Teknik Mesin


Tugas Akhir - ANALISA PENGARUH SUDUT RODA TERHADAP RADIUS PUTAR KENDARAAN DUNE BUGGY POLITEKNIK NEGERI BATAM

ACHMAD SYAIFUDIN

Kendaraanbuggyyang kami rancangmenggunakanprinsipsistemkemudiAckerman.Penulismenggunakanduamet odedalampenelitianiniyaituanalisateoridanpengujianlapangan.Berdasarkanteori, putaransearahjarum jam dengansudutputar rodamaksimal31┬║menghasilkan radius 3,24 m danpadaputaranberlawanandengansudutmaks . . . . . .

Tugas Akhir - PEMILIHAN BAUT PENGIKAT BEARING POROS DAN PERANCANGAN SARINGAN PADA MESIN PENCACAH SAMPAH

AL HADRIL

Dalam penelitian Mesin Pencacah Sampah ini, penulis mengambil judul Penggunaan Saringan dan Baut yang akan membahas beberapa komponen Mesin Pencacah Sampah yaitu, penggunaan saringan dan baut yang digunakan. Saringan yang digunakan adalah berukuran 150 x 2 mm dengan bentuk persegi, material sari . . . . . .

Tugas Akhir - ANALISA KEKUATAN RANGKA PADA MESIN BAND SAW

IDRIS PANUTAN

Dalam perkembangan teknik-teknik perkayuan menuntut suatu produk yang berkualitas, maka diperlukan suatu proses pengerjaan yang efektif dan efisien salah satunya adalah mesin band saw. Cara kerja dari mesin ini adalah, gergaji yang digunakan tidak bergerak, hanya kayu yang akan kita potong d . . . . . .

Tugas Akhir - ANALISA PENGARUH BEBAN PENGEMUDI TERHADAP SUDUT CAMBER RODA DAN TITIK BERAT PADA KENDARAAN DUNE BUGGY POLITEKNIK NEGERI BATAM

APRIYADI SAPUTRA

Keamanan dan kenyamanan dalam berkendara adalah yang diharapkan oleh setiap pengendara. Kondisi ideal yang ingin diperoleh dalam kenyamanan adalah kemampuan pengendara untuk menahan getaran selama mungkin. Tetapi kondisi ini hampir tidaklah mungkin dicapai, sehingga pendekatan yang ditempuh adal . . . . . .

Tugas Akhir - STUDI ERGONOMI TRAKTOR TANGAN BUATAN MESIN POLITEKNIK NEGERI BATAM TAHUN 2013

BABY VALENTINI

ABSTRAK Penelitian dilakukan bertujuan untuk mengetahui tingkat kenyamanan mesin traktor tangan dalam penggunaannya, dan merilis sejauh mana traktor tangan ini baik digunakan untuk petani atau tidak. Pengukuran yang diambil dari objek adalah melalui denyut jantung dan kelelahan yang terjadi pad . . . . . .

Tugas Akhir - KALIBRASI SENSOR PADA MESIN UJI PUNTIR SEDERHANA (SENSOR CALIBRATION FOR SIMPLE TORSION TESTER MACHINE)

CHRISTOPHER MANOREK

Mesin uji puntir sederhana adalah salah satu alat bantu pada bidang permesinan yang berguna untuk menentukan pemilihan material yang tepat berupa suatu poros ataupun benda berbentuk silinder untuk suatu produk. Mesin ini juga memerlukan suatu system sensor yang dapat mengukur hasil suatu percobaa . . . . . .

Tugas Akhir - ANALISA PUTARAN PADA MESIN BAND SAW

ALI MUJUR

Dalam perkembangan teknik-teknik perkayuan menuntut suatu produk yang berkualitas, maka di perlukan suatu proses pengerjaan yang efektif dan efisien salah satunya adalah mesin band saw. Salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan mesin band saw yaitu mengetahui jumlah putaran pada mesin ban . . . . . .

Tugas Akhir - DESAIN RANGKA DAN KONSTRUKSI RANGKA MESIN PENCACAH SAMPAH

MARTIN ROMADON SINAGA

Rangka adalah suatu konstruksi yang tersusun atas batang - batang besi yang dihubungkan satu dengan lainnya untuk menahan gaya luar secara bersama - sama. Dalam disain rangka kokohan rangka adalah inti dari rangka itu , maka dari sebuah disain perlu di lakukan test test uji kekohan bisa dengan . . . . . .

Tugas Akhir - ANALISA KINERJA SUDUT KEMUDI PADA KENDARAAN DUNE BUGGY POLITEKNIK NEGERI BATAM

PAPER KOKO SUHARYANTO

Dune Buggy merupakan salah satu jenis kendaraan roda empat yang dirancang untuk jalanan yang terjal. Kendaraan diperuntukan untuk wahana olahraga dan rekreasi. Kapasitas yang dimiliki kendaraan ini hanya satu penumpang (single seater). Pada paper ini dilakukan analisa sudut kemudi pada kendaraan D . . . . . .

Tugas Akhir - ANALISA DAN PERBANDINGAN JUMLAH PUTARAN POROS PISAU TRAKTOR TANGAN TEMBESI ( ANALYSIS AND COMPARISON ROUND SHAFT TOTAL ON TEMBESI HAND TRACTOR)

AGUS SUPONO

Traktor tangan Tembesi merupakan alat bantu dibidang pertanian yang digunakan untuk menggemburkan tanah yang digerakan oleh motor bakar gasoline (6,5 Hp). Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa putaran poros pada traktor tangan Tembesi dan membandingkan dengan traktor tangan Matsumoto. Hasil . . . . . .