Repository Politeknik Negeri Batam

Teknik Pesawat Udara


Tugas Akhir - SERVICING HYDRAULIC RESERVOIR PADA PESAWAT DC-9

AZHARI RIZMAN

Sistem hidrolik merupakan sistem penting pada pesawat DC-9 dengan suplai power yang besar ke subsistem, kehandalan yang baik dalam distribusi ke subsistem, ringan di sistem dan ketahanan terhadap suhu yang tinggi. Untuk sangat tepat untuk menggerakan bidang kontrol baik inflight dan ground. Sistem h . . . . . .

Tugas Akhir - PENYEBAB TERJADINYA DIFFERENTIAL PRESSURE INDICATOR (DPI) POP OUT PADA INTEGRATED DRIVE GENERATOR (IDG) PESAWAT A320 ENGINE CFM56-5B DAN CARA PENANGGULANGAN

DANNY AGIZA

Pesawat Airbus A320 adalah pesawat penumpang komersial jarak dekat sampai menengah, menggunakan engine CFM56-5B yang di lengkapi dengan IDG (Integrated Drive Generator) sistem, yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik pada pesawat. IDG terdiri dari CSD (Constant Speed Drive) dan generator yang . . . . . .

Tugas Akhir - TROUBLESHOOTING KEBOCORAN PADA RUDDER POWER CONTRO

DANU WAHIDUN PUTRA

Vertical stabilizer merupakan komponen dari pesawat yang terpasang pada bagian ekor. Di bagian ini menempel pula salah satu bidang kendali pesawat udara yang disebut rudder. Rudder terhubung dengan area cockpit secara mekanik (sistem manual) maupun memanfaatkan energi hidrolik. Pada pesawat Boeing 7 . . . . . .

Tugas Akhir - METODE BALANCING JIG PROCEDURE PADA TAB ELEVATOR PESAWAT BOEING 737-800 UNTUK MENGURANGI DAMPAK FLUTTER

ACHMAD ZAHIR SAPUTRA

Primary flight control pada pesawat udara terdiri dari aileron, rudder dan elevator, Secondary flight control terdiri dari flaps, slats, spoiler dan trim tab. Pesawat sebelum terbang harus dipastikan semua flight controlnya dalam keadaan balance. Jika tidak, maka flutter akan terjadi ketika pesawat . . . . . .

Tugas Akhir - PEMECAHAN MASALAH SHUT-OFF VALVE PNEUMATIC ENGINE ANTI ICING PADA PESAWAT DC-9

ANDI SOLAFIDE MANALU

Pesawat DC 9 mengalami permasalahan pada anti icing system pada engine JT-8D yaitu shutoff valve yang tidak bekerja. Dari hasil pemeriksaan ada beberapa kemungkinan valve tidak bekerja yaitu lampu indikasi nya putus, tombol switch untuk anti icing tidak bekerja, system wiring tidak bekerja dan kemun . . . . . .

Tugas Akhir - STUDY UNBALANCE PADA FAN BLADE ENGINE CFM 56-7B DAN CARA PENANGGULANGANNYA

ANDREAS LOREND SITUMORANG

Prinsip utama pada transportasi udara adalah keselamatan dan maintenance, karena keselamatan penerbangan berkaitan erat dengan penumpang, pilot, co-pilot, dan cabin crew. Engine mempunyai peranan penting pada pesawat, karena engine berfungsi untuk menghasilkan gaya dorong (thrust). CFM 56-7B adalah . . . . . .

Tugas Akhir - PERBEDAAN SISTEM OKSIGEN KABIN PENUMPANG DAN FLIGHT DECK PADA PESAWAT DC-9

APRIYANI TRIDEWI S

Oksigen merupakan gas di atmosfir yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Manusia membutuhkan oksigen untuk memenuhi kebutuhan fisiologi dalam organ tubuh dan memberikan kebugaran jasmani. Pesawat terbang adalah transportasi yang terbang jauh di atas permukaan laut, meninggalkan batas n . . . . . .

Tugas Akhir - STUDI PERAWATAN PADA TUBE KONDENSOR DENGAN METODE LANCING

ARYA BIMANTARA PARWEZ

Metode lancing adalah salah satu metode perawatan pada tube dengan menggunakan fluida berupa air bertekanan tinggi yang ditembakkan kearah internal jalur tube kondensor. Fungsinya untuk membersihkan bagian internal pada tube dari kotoran seperti endapan fluida ataupun karat pada jalur tub . . . . . .

Tugas Akhir - RANCANG BANGUN THERMOELECTRIC GENERATOR (TEG) FIXTURE DAN APLIKASINYA PADA SISTEM RADIATOR MOBIL UNTUK MENGHASILKAN ENERGI LISTRIK

AWRIA

Generator termoelektrik adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik dengan memanfaatkan konduktivitas atau daya hantar panas dari sebuah lempeng logam. Penggunaan kendaraan mobil yang tinggi secara otomatis menyebabkan kebutuhan akan konsumsi bahan bakar semakin tinggi. . . . . . .

Tugas Akhir - TERJADINYA STARTER ENGINE TIDAK SHUT OFF SECARA OTOMATIS PADA ENGINE NO 1 CFM56-7B PADA PESAWAT BOEING 737-800 PK-GEH DAN CARA PENAGGULANGANNYA

ILHAM MUDA AL BATUTAH HARAHAP

Pesawat Boeing 737-300 PK-GCA mengalami permasalahan pada lubrication system pada engine CFM 56-3 dengan meningkatnya konsumsi oli secara terus menerus sampai melebihi batas minimum yang ditentukan yaitu 94%.Dari hasil pemeriksaan terdapat kerusakan pada komponen scavenge pump dimana scavenge oil . . . . . .