Repository Politeknik Negeri Batam

KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP LAYANAN PUBLIK KANTOR PELAYANAN PAJAK DAERAH KEPULAUAN RIAU

Approve : Sugi Hapni    Author : Ely Kartikaningdyah    Viewer : 82 view     Download : 4 download    


Abstrak

Kepuasan layanan publik diperlukan untuk menilai dan mengevaluasi kinerja karyawan yang bertugas secara langsung dengan masyarakat. Untuk mendukung hal tersebut monitoring kerja secara rutin dilakukan dengan cara mengidentifikasi masalah yang terjadi di lingkungan instansi publik. Pengguna jasa layanan berhak untuk menyampaikan keluhan atas layanan jasa yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur dan standar pelayanan minimal yang sudah ditetapkan oleh instansi layanan publik, khususnya pada Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Provinsi Kepulauan Riau. Adanya evaluasi kinerja diharapkan dapat meningkatkan kepuasan layanan publik baik dari layanan maupun fasilitas sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur indeks kepuasan masyarakat atas layanan yang diberikan oleh karyawan KPPD Kepulauan Riau. Metode penelitian yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dengan pengukuran indeks kepuasan masyarakat berdasar pada keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.Kep./25/M.PAN/2/2004. Responden penelitian ini adalah pengguna jasa layanan pembayar pajak kendaraan bermotor dan sampel diambil dengan periode tahun 2012-2014 pada KPPD yang di Kepulauan Riau yaitu KPPD Batam, KPPD Bintan, KPPD Tanjungpinang, KPPD Karimun, KPPD Lingga dan KPPD Natuna. Hasil penelitian ini adalah KPPD Kepulauan Riau secara keseluruhan memberikan layanan kinerja yang baik.


Rincian publikasi

diterbitkan Jurnal akuntansi, ekonomi dan manajemen bisnis Terbitan Berkala Edisi Volume 3 Nomor 2 Bulan Desember tahun 2015 ISSN : 2337-7887.