Repository Politeknik Negeri Batam

STUDI STABILITAS KAPAL TONGKANG DENGAN PERUBAHAN PADA RUANG MUAT

Approve : Maryani    Author : ANAN MARTIN.    Viewer : 128 view     Download : 0 download    


Abstrak

ANAN MARTIN*, HENDRA SAPUTRA*,  BATAM POLYTECHNICS PROGRAM STUDI TEKNIK PERENCANAAN DAN KONSTRUKSI KAPAL JL. AHMAD YANI, BATAM CENTRE, BATAM 29461, INDONESIA E-MAIL: ANANMARTIN21@GMAIL.COM ABSTRAK KAPAL GLORY MARINE 7 MERUPAKAN SEBUAH KAPAL TONGKANG BERMUATAN KAYU YANG DIBANGUN PADA SALAH SATU GALANGAN YANG BERADA DI BATAM, KEPULAUAN RIAU. PADA PENELITIAN INI AREA MUATAN PADA KAPAL INI AKAN DIMODIFIKASI.TUJUAN DARI PENELITIAN INI ADALAH UNTUK MENGKAJI KESESUAIAN DISAIN RUANG MUAT YANG DI MODIFIKASI DENGAN STABILITAS KAPAL GLORY MARINE 7. ANALISA DILAKUKAN PADA KONDISI KOSONG DAN VARIASI MUATAN YANG MEMENUHI KRITERIA REKOMENDASI OLEH IMO. STANDAR YANG DIGUNAKAN ADALAH DENGAN NILAI GZ MAKSIMUM 0,33 M DAN GM AWAL 0,64 M. PENELITIAN DILAKUKAN MENGGUNAKAN MAXSURF, DIMANA HASIL DARI SIMULASI STABILITAS TERSEBUT DAPAT MENENTUKAN KAPAL TONGKANG KAYU YANG TELAH DI MODIFIKASI RUANG MUATNYA, MEMILIKI STABILITAS YANG BAIK ATAU TIDAK. HASIL ANALISIS STABILITAS DARI PERUBAHAN DESAIN RUANG MUAT PADA TONGKANG BERMUATAN KAYU ATAU WOOD BARGE, MEMILIKI HASIL YANG BAIK DALAM BEBERAPA KONDISI TETAPI TERDAPAT STATUS FAIL PADA KONDISI KAPAL KOSONG. PERUBAHAN DESAIN RUANG MUAT PADA KAPAL TONGKANG KAYU ATAU WOOD BARGE DAPAT MENJADI SUATU PERTIMBANGAN DALAM PEMBUATAN KAPAL TONGKAN KAYU DI MASA YANG AKAN DATANG, KARENA MEMILIKI HASIL ANALISA STABILITAS YANG KURANG BAIK PADA KONDISI KAPAL KOSONG. DIKARENKAN HASIL PADA KRITERIA STABILITAS MENUNJUKAN ADANYA KRITERIA YANG TIDAK TERPENUHI. PADA KONDISI PENUH, NILAI INITIAL GMT 20,563 M, NILAI MAKSIMAL GZ PADA SUDUT 26.4 DERAJAT, DAN MAKSIMAL GZ 7,511 M. PADA KONDISI KOSONG, NILAI INITIAL GMT 151,064 M, MAKSIMAL GZ PADA SUDUT 21.8 DERAJAT DAN MAKSIMAL GZ 12,843. PADA KONDISI MUATAN 50% DI DEPAN, NILAI INITIAL GMT 32,993 M, MAKIMAL GZ PADA SUDUT 26.4 DERAJAT, DAN MAKSIMAL GZ 7,510 M. PADA KONDISI MUATAN 50% DI BELAKANG, NILAI INITIAL GMT 37,262 M, MAKSIMAL GZ PADA SUDUT 26.4 DERAJAT, DAN MAKSIMAL GZ 7,511. KATA KUNCI: KAPAL, TONGKANG, STABILITAS

Abstract

ABSTRACT GLORY MARINE 7 SHIP IS A BARGE SHIP THAT CARING WOOD, THAT WAS BUILDED AT ONE OF THE MANY SHIPYARD IN BATAM, KEPUAULAN RIAU, ON THIS PAPER THE AREA OF CARGO HOLD OF THIS SHIP WILL BE MODIFIED, THE POURPOSE OF THIS RESEARCH IS FOR DISCUSS THE SUITABILITY OF CARGO HOLD WHICH WAS MODIFIED AND THE STABILITY OF GLORY MARINE 7 SHIP IN EMPTY CONDITION AND WITH VARIATION CARGO WHICH BE ACCEPTED BY RECOMENDATION IMO WITH THE VALUE OF MAXSIMUM GZ 0,33 M AND INITIAL VALUE OD GM 0,64 M, BY USING MAXSURF METHOD, WHICH THE RESULT OF THE STABILITY SIMULATION IS CAN BE DETERMINE THE WOOD BARGE SHIP WITH MODIFIED CARGO HOLD HAVE THE GOOD STABILITY OR NOT, AND STABILITY ANALYSIS RESULTS FROM CHANGES IN THE DESIGN OF THE CARGO SPACE ON TONGKANG KAYU OR WOOD BARGE HAVE GOOD RESULTS IN SEVERAL CONDITIONS BUT THERE IS A STATUS OF FAIL ON THE CONDITION OF EMPTY VESSELS, CHANGES IN THE CARGO SPACE DESIGN ON A TONGKANG KAYU OR A WOOD BARGE CAN BE A CONSIDERATION IN MAKING WOOD BARGE IN THE FUTURE, BECAUSE IT HAS POOR RESULTS OF STABILITY ANALYSIS ON THE CONDITION OF EMPTY VESSELS, DUE TO THE RESULTS OF THE STABILITY CRITERIA SHOWING THE EXISTENCE OF UNMET CRITERIA. IN FULL LOAD CONDITION, THE VALUE OF INITIAL GMT 20,563, VALUE OF MAXIMAL AT 26,4 DEGREE, AND MAXIMAL GZ 7,511 M. IN LIGHT SHIP CONDITION, THE VALUE OF INITIAL GMT 151,064 M, MAXIMAL GZ AT 21.8 DEGREE, AND MAXIMAL GZ 12,843. IN 50% LOAD ON FORE SHIP, THE VALUE OF INITIAL GMT 32,993 M, MAXIMAL GZ AT 26,4 DEGREE, AND MAKSIMAL GZ 7,510 M. IN 50% LOAD AT AFTER CONDITION, THE VALUE OF INITIAL GMT 37,262 M, MAXIMAL GZ AT 26,4 DEGREE, AND MAXIMAL GZ 7,511 KEYWORDS : SHIP, BARGE, STABILITY


PDF