Repository Politeknik Negeri Batam

IMPLEMENTASI FUZZY LOGIC PADA GAME 3D PENYELAMATAN SANDERA DI PANTAI NONGSA MENGGUNAKAN UNITY 3D

Approve : Abkarina Musaadah    Author : Fiqih Komaruzzaman. ZK    Viewer : 100 view     Download : 7 download    


Abstrak

Game 3D Penyelamatan Sandera di Pantai Nongsa merupakan game yang memperkenalkan Pantai Nongsa Kota Batam yang memiliki tiga misi yaitu membuka gerbang nongsa, mencari lokasi sandera dan menyelamatkan sandera. Pembuatan game ini menggunakan Game Engine Unity 3D V.4.0 dengan software 3D Autodesk Maya 2014 sebagai modelling. Pada akhir permainan, game ini mampu mengukur performansi dari pemain. Pengukuran tersebut menggunakan metode Artificial Intelligence yaitu Fuzzy Logic. Fuzzy Logic adalah suatu proses pengambilan keputusan berbasis aturan yang bertujuan untuk memecahkan masalah, dimana sistem tersebut sulit untuk dimodelkan atau terdapat ambiguitas dan ketidakjelasan. Implementasi dilakukan secara tiga tahap yaitu Fuzzifikasi, Penalaran, dan defuzzifikasi. Pada fuzzifikasi ada tiga variabel yang merupakan input yaitu sehat, jumlah peluru, dan peluru kenak. Variabel sehat yang berfungsi sebagai input darah dari pemain, variabel jumlah peluru yang berfungsi menghitung jumlah peluru keluar ketika pemain menembak, dan Peluru kenak merupakan peluru yang terkena musuh (NPC). Dari ketiga variabel tersebut terdapat penalaran min dan max serta 27 rule yang diimplementasikan untuk menentukan nilai performansi pemain. Pada perhitungan defuzzifikasi Fuzzy Logic yang diterapkan pada game ini menggunakan metode sugeno weighted area. Dari hasil pengujian sistem fuzzy pada game ini menghasilkan tingkat keakuratan 80%. Kata Kunci : Game 3D Penyelamatan Sandera di Pantai Nongsa, Fuzzy Logic, Metode sugeno weighted area, performansi pemain.

Abstract

3D Games Rescue Hostages in Nongsa Beach is a game that introduces Nongsa coast of Batam which has three missions: open gate Nongsa, locate the hostages and hostage rescue. Making this game use the Unity 3D Game Engine v.4.0 with 3D software Autodesk Maya 2014 as modeling. At the end of the game, the game is able to measure the performance of the player. The measurement method is Fuzzy Logic Artificial Intelligence. Fuzzy Logic is a rule-based decision-making process that aims to solve the problem, which it is difficult to model or there is ambiguity and vagueness. The implementation is done in three steps: fuzzification, Inference Mechine, and defuzzification. In fuzzification there are three variables that are inputs that is healthy, the number of bullets and bullets hit. Healthy variables that serve as blood input from the player, a variable number of bullets that function calculates the number of bullets out when players shoot, and Bullets hit a bullet hit the enemy (NPC). Of the three variables are reasoning min and max and 27 rule is implemented to determine the value of the performance of the player. In the calculation of Fuzzy Logic defuzzification applied to this game using sugeno weighted area. From the results of testing the fuzzy system in this game resulted in 80% accuracy rate. Keywords: 3D Games Rescue Hostages in Nongsa Beach, Fuzzy Logic, Sugeno method of weighted area, the performance of the player.


PDF