Repository Politeknik Negeri Batam

AUGMENTED REALITY PENGENALAN JENIS HEWAN HERBIVORA DENGAN OBJEK ANIMASI HEWAN 3D MENGGUNAKAN METODE

Approve : Abkarina Musaadah    Author : Anugrah Febriansyah    Viewer : 258 view     Download : 42 download    


Abstrak

Saat ini untuk mempelajari jenis hewan berdasarkan sumber makanannya hanya dapat dipelajari secara teori. Hewan berdasarkan jenis makanannya dibagi menjadi 3 yaitu hewan karnivora, herbivora dan omnivora. Jenis hewan herbivora dikenal sebagai hewan pemakan tumbuhan dan banyak dijumpai di kehidupan sehari-hari. Jenis hewan ini dalam pembelajarannya terlihat tidak menyeramkan tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat menarik dan menyenangkan. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pembelajaran pengenalan jenis hewan herbivora kepada kalangan pelajar khusus nya tingkat sekolah dasar atau konsumen secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan jenis hewan herbivora lebih menarik. Augmented Reality pengenalan jenis hewan herbivora dengan objek animasi hewan 3d menggunakan metode single marker dapat menampilkan Objek Animasi hewan herbivora dalam bentuk 3D beserta suara. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan objek animasi hewan secara 3D pada layar smartphone. Aplikasi ini dapat menampilkan objek animasi hewan herbivora dalam bentuk 3d beserta suara hewan, menampilkan tata cara penggunaan aplikasi secara virtual menggunakan aplikasi yang berbasis Augmented Reality. Kata kunci: Augmented Reality, Virtualisasi pengenalan Jenis Hewan Herbivora.

Abstract

This time to learn the type of animal based food sources can only be learned in theory. Animal based foods are divided into three namely carnivores, herbivores and omnivores. Type herbivores known as plant-eating animals and are often found in everyday life. This kind of animal in the learning does not seem creepy but by using augmented reality technology can be expected in the learning interesting and fun. Augmented Reality applications as learning media introduction to the types of herbivores his special student elementary school level or virtual consumers use smartphones to allow the introduction of the more interesting types of herbivorous animals. Augmented Reality introduction of herbivorous animals with animals 3d animation objects using a single marker can display animations herbivores Objects in 3D along with the sound. With the process, the user running the application and then the application will do the tracking marker, after the marker recognized by the appropriate reference data contained in the application system, the application can display objects in 3D animated animals on the smartphone screen. This application can display animated objects herbivores in the form of 3D along with animal sounds, featuring procedures for the use of virtual applications using application-based Augmented Reality. Keywords: Augmented Reality, Virtualization introduction Animal Type Herbivore.


PDF