Repository Politeknik Negeri Batam

AUGMENTED REALITY SEBAGAIALATPERAGAPENGENALANHEWAN - HEWANPURBAKALADENGANANIMASI 3D MENGGUNAKANMETOD

Approve : Abkarina Musaadah    Author : Robie Gustianto     Viewer : 133 view     Download : 8 download    


Abstrak

Saat ini untuk mempelajari Hewan Purbakala melalui pelajaran sejarah di Sekolah hanya dilakukan hanya melalui sebuah buku dan gambar yang terdapat pada buku-buku dan alat peraga biasa, tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality diharapkan dalam pembelajarannya dapat membuat pelajaran sejarah terutama mengenai hewan purbakala dapat lebih menarik dan menyenangkan karena augmented reality dapat menjadi sebuah alat peraga virtualisasi hewan purbakala dlam bentuk 3D. Aplikasi Augmented Reality ini sebagai media pengenalanhewan purbakalakepada anak-anakusia 13sampai18tahun secara virtual menggunakan perangkat smartphone agar proses pengenalan Hewan purbakala dapat menjadi lebih menarik dan mudah diapliaksikan karena mudah dibawa serta tidak menggunakan alat peraga yang sulit didapat dan memiliki harga yang mahal. Virtualisasi Alat Peraga Pengenalan Hewan Purbakalamenggunakan Augmented reality dapat menampilkan Animasi Hewan purbakala dalam bentuk 3D. Dengan proses, pengguna menjalankan aplikasi kemudian aplikasi akan melakukan pelacakan marker, setelah marker dikenali sesuai data acuan yang terdapat didalam sistem aplikasi, maka aplikasi dapat menampilkan binatangPurbakalasecara 3D pada layar smartphone. Kata kunci : Augmented Reality, Virtualisasi, Hewan Purbakala, Smartphone.

Abstract

This time to learn Animals Archaeological through history lesson at school only be done only through a book and images contained in the books and props usual, but by using augmented reality technology is expected to be able to make learning the lessons of history, especially about extinct animals can be more attractive and fun for augmented reality can be a props virtualization extinct animals in the development of 3D shapes. Augmented Reality application is a media introduction of extinct animals to children aged 13 to 18 years virtually using a smartphone device to allow the introduction of ancient Animals can become more attractive and easier diapliaksikan because of their portability and do not use props are hard to come by and have a price expensive. Virtualization Introduction Viewer Tool Animals - Animals Antiquities using Augmented reality can show ancient Animals Animation in 3D. With the process, the user running the application and then the application will do the tracking marker, after the marker recognized by the appropriate reference data contained in the application system, the application can display Antiquities animals in 3D on a smartphone screen. Keywords: Augmented Reality, Virtualization, Animals Archaeology, Smartphone.


PDF