Repository Politeknik Negeri Batam

PENERAPAN BODY GESTURE PADA BAGIAN PUNCAK KONFLIK DALAM FILM ANIMASI 3D “SALAH KODE”

Approve : Abkarina Musaadah    Author : IMAN FAISAL    Viewer : 110 view     Download : 4 download    


Abstrak

Perkembangan teknologi komputer memberikan dampak pada film di dunia industri. Terutama animasi, baik itu animasi 2D maupun 3D. Dengan film animasi kita dapat memberikan suatu hiburan maupun tayangan yang bersifat informatif dengan karakter atau keadaan lingkungan yang dibuat menyerupai bentuk nyata atau real. Dalam kehidupan manusia sehari-hari, saling bertukar informasi adalah suatu aktivitas rutin yang dilakukan sebagian orang. Informasi yang diberikan kepada lawan bicara dengan menggunakan gerakan tubuh (body gesture) bisa saja salah dimengerti oleh lawan bicaranya. Film animasi 3D salah kode terdiri dari 4 bagian, yaitu bagian awal cerita, konflik awal, puncak konflik dan solusi. Penulis mengembangkan pada bagian puncak konflik yang mengandung 8 body gesture yaitu gesture Berjalan, Senang, Hormat, Duduk di Depan Komputer, Kecewa, Melambai dan Duduk Sambil Baca Koran. Film animasi Salah Kode ini merupakan film yang dibuat untuk penelitian apakah body gesture yang dibuat dapat dipahami oleh penonton. Body gesture tersebut di terapkan kedalam 9 Scene dan 15 Shot dengan kecepatan 24fps. Dan software yang digunakan adalah Autodesk Maya 2013. Dari hasil survey terhadap 43 responden dengan rentang usia 12-21 tahun menunjukkan bahwa dari 8 body gesture yang di terapkan, ada salah satu gesture yaitu “gesture Mendengarkan Sesuatu“ gagal untuk dimengerti oleh penonton. Kegagalan itu dikarenakan tidak adanya gerakan tambahan untuk mendukung dari body gesture tersebut. Kata Kunci: Industri Animasi, animasi 3D, Body Gesture, Puncak Konflik, Gesture mendengarkan sesuatu.

Abstract

The developments of computer technology have an impact on the film industry in the world. Especially the animation, whether it 2D and 3D animation. With animated films we can give an impression of entertainment and that is informative to the character or the circumstances are made to resemble the actual or real. In everyday human life, exchange of information is a routine activity undertaken some people. Information provided to other person by using body movements (body gesture) could be misunderstood by his interlocutors. 3D animated film Salah Kode consists of four parts, namely the beginning of the story, the initial conflict, the peak of the conflict and Solutions. Authors developed at the height of the conflict which contains 8 body gestures are gestures Walk, Happy, Respectful, Sitting in Front of Computer, Disappointed, Waving and Sit While Read Newspapers. Salah Kode animated film is a film made to research whether the body gesture made can be understood by the audience. The body gesture applied into 9 Scene and 15 shot at 24fps speed. And software used is Autodesk Maya 2013. From the results of a survey of 43 respondents in the age range 12-21 years showed that from 8 body gesture is applied, there is one gesture that "gesture Listen to Something" failed to be understood by the audience. The failure was due to the absence of additional movement in support of the body gesture. Keyword : Industrial Animations, 3D animation, Body Gesture, Peak Conflict, Gesture listen to something.


PDF