Browsing by Author "Soebagiyo, Slamet"
Now showing 1 - 6 of 6
- Results Per Page
- Sort Options
Item Analisis Penerapan Konsep 5S di PT Panasonic Industrial Devices Batam(2024-06-25) Rubianti, Siti; Soebagiyo, SlametSalah satu kegiatan yang bisa dilakukan perusahan untuk melakukan perbaikan dalam area kerja adalah dengan menerapkan metode 5S untuk menciptakan area kerja yang aman dan nyaman. Melalui penerapan konsep 5S ini, diharapkan perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung untuk karyawan dan meningkatkan produktivitas karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan konsep 5S pada PT Panasonic Industrial Devices Batam sehingga dapat meminimalisasi kesalahan-kesalahan dalam bekerja dan juga dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja. 5S adalah salah satu fondasi penting dalam Lean Six Sigma, yang merupakan pendekatan yang dilakukan dalam memperbaiki lingkungan kerja sehingga bisa dieliminasi dan tercipta lingkungan kerja yang efisien, efektif serta produktif. Baik bagi perusahaan manufaktur maupun jasa, pentingnya penerapan budaya kerja 5S ialah untuk mencapai kondisi optimal ditempat kerja, lingkungan kerja, dan sistem baru. Budaya kerja 5S agar dibagi menjadi banyak aspek praktik sistem manajemen terintegrasi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Tidak hanya itu, budaya kerja 5S merupakan budaya kerja yang bertujuan untuk mengoptimalkan stored procedure agar memiliki standar yang baik (Brata & Dwi Soediantono, 2022). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan konsep 5S secara baik dan konsisten bukan hanya menyelesaikan permasalahan terkait kedisiplinan karyawan yang menyebabkan terjadinya penurunan produktivitas. Namun, mampu membentuk budaya kerja yang berkelanjutan, meningkatkan kondisi lingkungan kerja, dan mendukung peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan. Penerapan konsep 5S yang konsisten adalah upaya yang dilakukan untuk menghindari pemborosan terhadap waktu dan biaya produksi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan setiap karyawan dapat meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan konsep 5S yang ada dengan konsisten dan berkelanjutan.Item ANALYSIS OF THE RELATIONSHIP OF TRAINING, WORK MOTIVATION AND WORK DISCIPLINE ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT PT EXCELITAS TECHNOLOGIES BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-08-31) Agustin, Rahma Dina; Soebagiyo, SlametAbstract. The purpose of the study is to analyze the relationship between education, motivation and work discipline with the work performance of personnel. The data collection method is carried out through questionnaires and the research hypothesis is tested using SPSS 27. The results of this study show that training, work motivation and work discipline have a significant positive effect on employee performance in Pt. Excellence Technologies Batam.Item Customer Complaint Handling Analysis in a Photography Studio: A Case Study at Oneclick.id(2024-07-24) Sucitra, Salwa Virginia; Soebagiyo, SlametThis study aims to analyze the customer complaint handling process at Oneclick.id, a company in the creative industry. The research method employed a qualitative approach, gathering data through interviews, observations, and documentation. Interviews were conducted with the CO-CEO and Studio Leader as research informants. The study identified complaint types including facilities/mechanical complaint, staff/attitudinal complaint, service related problem, unusual complaint. Oneclick.id demonstrated adequate responses to technical issues and employee performance complaints, but improvement is needed in handling specific complaints by encouraging proactive issue resolution among staff. Analysis indicated Oneclick.id shows empathy towards disgruntled customers but needs to enhance response speed through streamlined internal communication. Fairness in complaint resolution is affected by the absence of written guidelines, potentially leading to inconsistency risks. Customer accessibility to the company was rated positively through available communication channels. The study recommends that Oneclick.id develop written guidelines for handling customer complaints to enhance customer satisfaction and company reputation in the photography industry.Item Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada PT Citra Tubindo Tbk(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Noviantino, Elsariani; Soebagiyo, Slamet; Soebagiyo, SlametPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, lingkungan kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh motivasi, lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja, kepuasan kerja memediasi hubungan antara motivasi terhadap kinerja karyawan dan kepuasan kerja memediasi hubungan antara lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi yang digunakan adalah karyawan PT Citra Tubindo Tbk sejumlah 80 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda atau path analysis, uji koefisien determinasi Adjusted R Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Motivasi Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, (2) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan, (3) Kepuasan Kerja bernilai positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan, (4) Motivasi Kerja bernilai positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Kerja, (5) Lingkungan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja, (6) Kepuasan Kerja tidak terbukti memediasi pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan, (7) Kepuasan Kerja tidak terbukti memediasi pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Berdasarkan nilai Koefisien Beta yang diperoleh, variabel yang paling berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah variabel Lingkungan Kerja.Item PENGURANGAN WAKTU PEMBUATAN PAKET KERJA (SHOP PACKET) MENGGUNAKAN PRINSIP-PRINSIP LEAN MANUFACTURING DI SLB BATAM TECHNOLOGY CENTER / CAMERON SYSTEM(2024-07-30) Situmorang, Rafael; Soebagiyo, SlametPerkembangan teknologi dan globalisasi telah mendorong inovasi cepat dalam sektor manufaktur minyak dan gas. Untuk tetap kompetitif, perusahaan manufaktur harus meningkatkan produktivitas dan efisiensi, salah satunya melalui pengurangan lead time. Lean manufacturing yang berfokus pada pembuatan macro untuk mengurangi lead time dalam pembuatan shop packet terbukti efektif dalam mencapai tujuan ini dengan meminimalkan pemborosan dan memperpendek waktu pra-produksi. Studi ini bertujuan untuk memahami lebih dalam bagaimana penggunaan macro dalam konteks lean manufacturing mengurangi lead time serta mengidentifikasi tantangan yang mungkin timbul. Fokus utamanya adalah pada optimalisasi proses produksi dengan meminimalisir pemborosan, seperti produksi berlebih dan pergerakan pekerja yang tidak efisien. Penggunaan shop packet yang terstruktur dan didukung oleh macro juga menjadi kunci dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas, membantu pekerja menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan akurat, yang pada akhirnya meningkatkan kualitas produk.Item Standar Prosedur Penanganan Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) di PT. Jovindo Solusi Batam(2024-06-30) Mustika, Mega; Soebagiyo, SlametPenerimaan pajak merupakan tulang punggung Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Indonesia, menyumbang 72,58% dari total pendapatan negara. Pengelolaan pajak yang efektif, yang melibatkan peningkatan peran dan kepatuhan Wajib Pajak (WP), menjadi kunci dalam memastikan keberhasilan penerimaan pajak. Namun, rendahnya kesadaran Wajib Pajak (WP) mengenai implementasi kewajiban perpajakan menimbulkan tantangan yang signifikan bagi pemerintah. Undang-Undang No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan, yang direvisi oleh UU No. 7 Tahun 2021, memberikan kerangka hukum yang jelas bagi Wajib Pajak (WP) dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Salah satu strategi yang diambil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) adalah pengawasan melalui penerbitan Surat Permintaan Penjelasan Data dan/atau Keterangan (SP2DK) oleh Account Representative (AR) untuk mengidentifikasi potensi penerimaan pajak yang belum tergali. Penelitian ini berfokus pada penanganan SP2DK di PT Jovindo Solusi Batam, sebuah perusahaan konsultan pajak. Berdasarkan pengalaman selama periode magang, penulis menemukan ketiadaan prosedur tertulis dalam menanggapi SP2DK, yang dapat mengakibatkan konsekuensi hukum bagi Wajib Pajak (WP )jika tanggapan tidak diberikan dalam batas waktu 14 hari. Penelitian ini mengusulkan pengembangan "Standar Prosedur Penanganan Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK)" yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kepatuhan WP, serta berkontribusi terhadap optimalisasi penerimaan pajak di Indonesia.