Repository Politeknik Negeri Batam

For Your Goals Beyond Horizon

 

Select a community to browse its collections.

Recent Submissions

Item
PENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN PADA ADOPSI LAYANAN FINTECH (STUDI KASUS PADA LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPPEPAY)
(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-01) Wangi, Harum Sekar; Anjelina
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi risiko dan faktor kepercayaan mempengaruhi niat pelanggan untuk menggunakan layanan fintech seperti shopeepay. Data dikumpulkan melalui survey online dengan mengisi kuesioner menggunakan Google Form terhadap Jurusan Manajemen Bisnis dengan 366 Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Pengolahan data dilakukan dengan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel kepercayaan berbasis institusi berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, variabel kepercayaan berbasis karakteristik berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, variabel kepercayaan berbasis proses berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay dan variabel kepercayaan berbasis (institusi, karakteristik, dan proses) memediasi persepsi risiko berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, sedangkan variabel persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay
Item
PENGARUH DIGITALISASI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP PROFITABILITAS UMKM: STUDI KASUS UMKM KLIEN KONSULTAN PAJAK JSB
(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-20) Sitepu, Putri Karenina; Wulandari, Febri
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak digitalisasi informasi akuntansi terhadap profitabilitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Data primer dikumpulkan dari 55 perusahaan UMKM yang merupakan klien Konsultan Pajak JSB dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Kriteria inklusi meliputi penggunaan pencatatan transaksi komputerisasi atau penggunaan perangkat pintar untuk komunikasi bisnis serta usia usaha minimal satu tahun dan merupakan klien dari Konsultan JSB. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan program SPSS, termasuk ujivaliditas, reliabilitas, dan analisis regresi. Penelitian ini juga melibatkan uji asumsi klasik seperti uji normalitas, uji linieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi informasi akuntansi memberikan dampak positif terhadap profitabilitas perusahaan UMKM. Penelitian ini mengadopsi kerangka teori Technological Acceptance Model (TAM) dan teori Schumpeterian. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai panduan bagi pengelola UMKM dalam mengevaluasi penerapan informasi akuntansi dalam bisnis mereka.
Item
Analisis 3D Lighting Workflow: Animasi 3D "Laut Kite"
(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Alfayyadh, Muhammad Asaduddin; Zega, Selly Artaty
Dalam proses produksi animasi 3D, waktu menjadi salah satu faktor tantangan yang perlu dihadapi. Salah satu tahapan produksi yang membutuhkan banyak waktu adalah tahapan lighting. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah lighting workflow yang terdefinisi dengan baik untuk menyederhanakan produksi dan memastikan konsistensi di seluruh proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lighting workflow yang telah dirancang untuk proyek animasi 3D “Laut Kite”. Untuk memahami kelayakan lighting workflow yang telah dirancang, diterapkan metode penelitian kualitatif dengan wawancara terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini akan membahas hasil analisis dan evaluasi lighting workflow yang digunakan pada proses produksi animasi 3D “Laut Kite”. Hasil dari penelitian ini adalah lighting workflow yang dioptimalkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi berdasarkan standar lighting workflow pada industri.
Item
ANALISIS PERANCANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS 2D UNTUK PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK DI POLITEKNIK NEGERI BATAM
(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Sugitriprasetyo, Handoko; Suandi, Fadli
The problem of plastic waste has now penetrated the education sector so that a way is needed so that every academic community is more aware of the dangers of continuous use of plastic. The solution built in this research is a video in the form of an animation on how to reduce and manage plastic waste properly, as one of the information and education media for the campus academic community. The development method uses the method of Luther Sutopo. The resulting products are analyzed for feasibility as a medium of education and information for the academic community of the Batam State Polytechnic. The feasibility of the video was determined based on the perception of the Batam State Polytechnic community using the EPIC Model. The results are: (1) The resulting video is able to convey information about the dangers of using single use plastics well and is able to influence the audience to be aware and start reducing the use of single-use plastics in daily life; (2) Videos in the form of animation are very effective as a medium of information and education. This is based on the dimensions of the EPIC Model with an average achievement of 4,466 respondent perceptions.
Item
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN AUDITING
(2024-07-02) IRIANTO, DANAR; IRSUTAMI; PUTRI, FRESHTY NOZA ANGRAINI; Irianto, Danar
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning guna meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing. Subyek penelitian terdiri dari 66 mahasiswa Program Studi Akuntansi dan Akuntansi Manajerial. Metode penelitian eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group digunakan untuk eksperimen ini. Data dikumpulkan melalui post-test, pre-test, dan kuesioner. Hasil penelitian menjelaskan: (1) Adanya perbedaan kreativitas siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (2) Adanya perbedaan motivasi belajar siswa antara kelompok kontrol serta kelompok eksperimen menurut analisis Mann-Whitney U; (3) Efektifitas model pembelajaran Project Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan analisis Paired Sample T-Test; (4) Model pembelajaran Project Based Learning terbukti lebih efektif untuk meningkatkan kreativitas, motivasi belajar, serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Auditing berdasarkan analisis Independent Sample T-Test.