Communities in Repository
Select a community to browse its collections.
Recent Submissions
STUDI KASUS PENYEBAB TOILET “A” INOPERATIVE PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER
(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-24) Maskur Maskur; andi nova, muhammad
Waste system merupakan salah satu dari sistem pada pesawat yang berfungsi untuk membuang limbah guna menjaga kebersihan dan kenyamanan selama penerbangan. Limbah yang dihasilkan berasal dari lavatory, galley, dan saluran air pembuangan pada pintu pesawat. Lavatory merupakan sebuah ruangan dengan toilet dan wastafel atau biasa juga disebut kamar mandi. Toilet adalah bagian dari waste system yang paling penting pada pesawat. Pesawat Boeing 737-900 ER dilengkapi dengan tiga lavatory, yaitu satu diarea kabin depan (Lavatory A) dan dua di kabin belakang (Lavatory D & E). Salah satu permasalahan yang sering terjadi selama perawatan pesawat adalah toilet yang tidak berfungsi (Toilet Inoperative) pada lavatory. Dalam situasi ini, diperlukan penanganan yang tepat berdasarkan aircraft manual serta penerapan metode Observasi, Analisa, Literature, untuk mengidentifikasi kerusakan pada setiap komponen dengan cara melakukan pengujian terhadap komponen terkait. Tujuan dari laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab Toilet A Inoperative pada saat flush switch ditekan pada lavatory dan bagaimana cara penyelesaiannya. Berdasarkan aircraft manual yaitu, fault isolation manual (FIM) terdapat 7 kemungkinan penyebab/possible causes single toilet inoperative. Hasil pengujian terhadap komponen terkait sesuai dengan possible causes pada FIM ditemukan flush valve obstructed yaitu stuck closed sebanyak 8 kasus dari bulan juli 2024 hingga desember 2024. Setelah dilakukan penggantian komponen dengan yang baru sesuai dengan aircraft maintenance manual dan dilakukan pengetesan pada flush valve dengan melihat indikator berupa pergerakan komponen terkait, toilet beroperasi dengan normal.
Monitoring Temperature For Natural Convection Oven at PT Daihan Labtech
(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-23) Pardosi, Ockmond Beruntung Irico; Arifin,Muhammad
PT Daihan Labtech is a foreign company from Korea based in Indonesia located at Batamindo Industrial Park, Jalan Randu
No Lot 111, Muka Kuning, Batam. This company has some divisions: General Laboratory Equipment, BioMedical, Env. Bio
Chamber/Room Division, Industrial Drying Test Chamber, Industrial Test Chamber, Lab Metal Furniture, and Restaurant
Refrigerator.
A laboratory oven is a device used to heat or dry materials within a stable temperature control environment. These ovens are
used for various purposes in laboratory activities, such as drying samples, sterilizing equipment, testing product stability, or
performing other processes that require a specific temperature and a strictly controlled environment. Typically, laboratory ovens
are equipped with digital temperature controls and sensors to ensure consistent and accurate temperatures throughout the process.
There is a change in the heater model in the natural convection oven so that it is necessary to monitor the temperature to get a
consistent temperature in accordance with company specifications.
Identifikasi Penyebab Shoulder Wear Main Wheel Tyre pada Pesawat Boeing 737-900ER
(2025-02-04) Randy, Maulana; ROSSBANDRIO, WOWO; Havwini, Tian
Pada transportasi pesawat udara keselamatan adalah hal yang paling utama, namun ketepatan waktu dan efisiensi tetap menjadi perhatian bagi maskapai. Perawatan pesawat udara telah ditentukan oleh pabrik dan wajib menjadi standar acuan bagi maskapai dalam melaksanakan perawatan pesawat udara. Salah satunya adalah komponen ban yang harus selalu dalam keadaan baik. Namun dalam operasinya ditemukan kondisi ban pesawat dalam keadaan aus sebelum waktunya yakni shoulder wear, sehingga menyebabkan terjadinya kerugian-kerugian yang harus ditanggung oleh maskapai penerbangan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Shoulder Wear pada Main Wheel Tyre pesawat Boeing 737-900ER. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan pada beberapa pesawat sejenis diakibatkan karena kurangnya tekanan udara pada ban yang tidak sesuai standar operasional. Sehingga langkah-langkah pencegahan yang dapat direkomendasikan adalah pengerjaan daily check (perawatan harian) pada bab pengecekan tekanan ban harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan task card daily check.
Identifikasi Sensor Tekanan Pompa Error pada Panel Monitor Komatsu PC130: Penyebab, Dampak dan Solusi Pemulihan Sistem Kontrol
(Jurnal AKIPBA, 2025-04-25) Mustaqim Mustaqim; Andi, Muhammad Nova; Mutiarani
Kesalahan pembacaan sensor tekanan pada panel monitor ekskavator merupakan masalah yang sangat krusial dalam
operasi alat berat, karena dapat mempengaruhi nilai input sensor yang selanjutnya akan mengganggu sistem kontrol
hidraulik dan menurunkan efisiensi operasional. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penyebab, dampak,
dan solusi pemulihan terhadap malfungsi sensor tersebut pada alat berat Komatsu PC130 milik PT. Rimba Prima
Mas. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis berbasis wiring diagram maka penelitian ini
menemukan bahwa kerusakan konektor wiring harness akibat faktor eksternal sehingga dampak yang ditimbulkan
mencakup distribusi tekanan hidraulik yang tidak stabil dan penurunan performa alat berat. Solusi yang diterapkan
yaitu dilakukan penyambungan sementara (temporary) untuk mendukung operasional mendesak dan terbukti efektif
dalam memulihkan fungsi sensor dan sistem kontrol. Temuan ini juga menekankan pentingnya pemeliharaan
preventif, perlindungan wiring harness, serta peningkatan kesadaran operator untuk mengurangi risiko kerusakan
serupa di masa mendatang.
Studi Kasus Kerusakan pada Baut Roda Pesawat Boeing 737-800 NG Registrasi PK-LOJ
(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Hartadi, Septyawan; Dzulfiqar,Mohamad Alif; Nova, Mohammad Andi
Kegagalan pada roda pesawat Boeing 737-800 NG bisa berakibat fatal dan merusak reputasi
industri penerbangan. Pesawat dianggap aset berharga, sehingga kerusakan bisa menyebabkan kerugian
finansial besar. Penelitian pada pesawat Boeing B737-800NG CFM 56-7B bertujuan untuk memahami
cara perbaikan yang benar sesuai dengan AMM Task 32-45-11-000-801. Metode penelitian melibatkan
studi literatur, observasi, dan konsultasi dengan ahli. Regulasi ketat diperlukan untuk menjaga
keselamatan dan standar tinggi harus diterapkan. Insiden baut patah pada roda pesawat di Bandara Biak
disebabkan oleh kelelahan material. Pengecekan rutin dan tindakan pencegahan diperlukan. Permasalahan pada roda pesawat bisa mengancam keselamatan penumpang.