Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 1377
  • Item
    STUDI KASUS PRESSURIZATION AIR CONDITIONING KIT PACK 1 FAULT PADA PESAWAT A320
    (2025-01-25) Asatullah Asatullah; Dzufiqar, Alif, Mohamad; Batubara, Hardina, Ninda
    Pesawat Airbus A320 memiliki dua sistem pendingin yang di sebut dengan Pressurization Air Conditioning Kit (PACK). Pressurization Air Conditioning Kit (PACK) adalah salah satu sistem untuk mendukung kenyamanan penumpang pada pesawat terbang. Sistem ini di gunakan pada saat pesawat udara di operasikan. Namun seringkali terjadi permasalahan pada sistem Pressurization Air Conditioning Kit (PACK), salah satu masalah yang di alami adalah indikasi pack 1 fault pada saat tombol ditekan yang di sebabkan karena pack flow control valve yang tidak berfungsi dengan baik. Flow Control Valve adalah bagian dari Air Conditioning Kit Pack. Jika Flow Control Valve bermasalah maka berdampak kepada kinerja Air Conditioning Kit (PACK). Tujuan studi ini adalah untuk membahas masalah yang terjadi pada sistem Pressurization Air Conditioning Kit (PACK) agar dapat mengetahui penyebab terjadinya pack 1 fault pada saat tombol ditekan dan penanganan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tahapan yang dilakukan dengan cara mempelajari fungsi komponen dan cara kerja sistem dengan menggunakan referensi Airbus A320 Aircraft Maintenance Manual (AMM) system description section and procedures, melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan referensi Trouble Shooting Manual (TSM) dan melakukan pengetesan menggunakan referensi Aircarft Maintenace Manual (AMM) yang bertujuan untuk memastikan permasalahann yang terjadi telah terselesaikan.
  • Item
    ANALISA GANGGUAN TEKNIS TERHADAP KINERJA SISTEM PROTEKSI DI GARDU INDUK 150 KV UB KITRANS BATAM
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-31) Tsalasaton,Adil,Tauladan; Juwito, Arif F
    PT. PLN (Persero) UB Kitrans Batam merupakan gardu induk 150 KV di wilayah Batam yang mengatur distribusi energi listrik ke beban sebagai pusat pengamanan peralatan-peralatan listrik pada system tenaga listrik. Pada proses penyaluran tenaga listrik kebeban tidak menutup kemungkinan terjadinya gangguan, baik gangguan secara teknis dan non teknis yang bersifat sementara maupun permanen. Gangguan teknis yang terjadi adalah penghantar kabel putus, kerusakan pada pembangkit, gangguan pada saluran transmisi akibat petir, gangguan hubung singkat, kerusakan pada system rel, dan sistem trip peralatan dari maintenance. Gangguan non teknis yang terjadi adalah sambar petir, pohon tumbang, dan puting beliung. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah gangguan teknis yang terjadi pada gardu induk 150 KV UB Kitrans Batam pada tahun 2023 sebanyak 5 kali, setelah melakukan perhitungan menggunakan rumus analisis deskripsi persentase. Gangguan yang terjadi yaitu pada bulan Februari, Maret, Juni, Juli, dan November tahun 2023. Rele proteksi yang bekerja adalah rele CB Hyd pump error, rele differential, rele lockout. Rele yang bekerja sebanyak 4 dari 5 kuantitas gangguan. Sehingga dapat disimpulkan kinerja proteksi siistem proteeksi terhadap gangguan yang terjadi di Gardu Induk 150 KV UB Kitrans Batam pada tahun 2023 bekerja dengan baik, karena memiliki system proteksi yang bekerja sebesar 80%
  • Item
    Rancang Bangun Sistem Timbangan Otomatis pada Mesin Auto Packing Nut Berbasis Programmable Logic Controller (PLC)
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-03-12) Rahman, Rico; Diono, Diono
    Sistem timbangan otomatis telah menjadi bagian integral dari berbagai industri, memungkinkan proses pengukuran berat secara efisien dan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem timbangan otomatis yang terintegrasi dengan mesin auto packing nut berbasis Programmable Logic Controller (PLC). PLC dipilih sebagai otak sistem karena keandalannya dalam mengontrol proses industri. Sistem ini menggunakan sensor loadcell yang terhubung ke PLC untuk mengukur berat setiap kemasan nut secara real-time. PLC akan mengolah data dari sensor loadcell dan menentukan apakah kemasan tersebut OK atau NG. Data hasil pengukuran akan ditampilkan di human machine interface (HMI) dalam bentuk "Pass" atau "Fail". Berdasarkan hasil yang didapatkan, produk akan di arahkan ke box yang sesuai berdasarkan hasilnya. Keuntungan utama sistem ini adalah meningkatkan efisiensi produksi dan mengurangi kesalahan manusia dalam proses penimbangan. Pengujian dilakukan untuk memastikan akurasi dan keandalan sistem dalam berbagai kondisi operasional. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem ini dapat menghasilkan kemasan nut dengan berat yang konsisten dan sesuai dengan standar kualitas industri yang ditetapkan. Dengan demikian, implementasi sistem timbangan otomatis ini dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas dalam proses packing nut secara industri.
  • Item
    Rancang Bangun Alat Sortir Buah Tomat Otomatis Berbasis Sensor Warna Menggunakan Metode K Nearest Neighbors
    (2024-06-27) Manalu Andrew Immanuel; Kuswindi Azis Rizky; Octowinandi,Vivin
    Tomat adalah buah dengan nilai ekonomi tinggi yang digunakan dalam masakan atau sebagai sayuran dalam hidangan. Tingkat kematangan tomat ada yang berwarna hijau, kuning kemerahan dan merah. Untuk mengidentifikasi tingkat kematangan tomat agar efektif dan efisien maka dilakukan sebuah pemisahan tingkat kematangan buah tomat yang disebut dengan alat sortir yang menggunakan sensor TCS3200 dikendalikan oleh arduino dan komponen pendukung lainnya. Pada klasifikasi KNN pemilihan K tetangga terdekat membandingkan untuk mendapatkan akurasi terbaik nilai K 5, K 10, K 15 dengan nilai K akurasi terbaik yaitu K 5 sebesar 100%, dan pada sistem klasifikasi warna tomat 30 data latih dan 15 data uji total keselurahan 45 data, didapatkan untuk data prediksi dan aktual dengan tingkat akurasi 97%. Sedangkan pengujian motor servo terhadap hasil yang telah dideteksi oleh sensor TCS3200 mendapatkan akurasi 93%.
  • Item
    PERBANDINGAN KEKASARAN PERMUKAAN AISI 4140 DAN MILD STEEL 440 UNTUK PIVOT FLANGE
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-13) ROZAQ, ARIEFIN ABDUL; Siregar, James; Fadilah, Nurul
    Grinding process is a process of reducing material to be a product. Feeding is carried out by a grinding disc which rotates against the workpiece on the table which moves left or right (in the x-axix direction). This feeding process will result in differences in the surface roughness of the workpiece. Surface Roughness is the arithmetic mean deviation from the profile mean line. Therefore, to obtain a quality product in the form of a high level of precision and good surface roughness, it needs to be supported by an appropriated machining process. Evaluation of surface roughness is very important for many basic problems, for example friction in materials. This study aims to compare the surface roughness of AISI 4140 and Mild Steel SS400 after going through the same grinding process. Data is obtained by measuring the level of workpiece roughness using the Surface Roughness Tester. This comparison aims to find out which material is better for making pivot flange. The pivot flange is the link between the shaft and the flange which is use as a fulcrum. The Surface Roughness tester machine shows 3 parameters of roughness, namely the arithmetic average roughness (Ra), the quadratic average roughness (Rq), and the total average roughness (Rz). The result show that the Mild Steel SS400 material has a lower average roughness, where the Ra is 30.4 μm. A finer material is needed to make a pivot flange because it can be reduce the friction and wear of the material. Keywords: Surface roughness, grinding process, AISI 4140 and Mild Steel SS400.
  • Item
    IDENTIFIKASI PENYEBAB L/H STROBE & REAR STROBE LIGHT NOT FLASHING DAN CB POP OUT PADA ATR 72-500/600
    (2025-01-25) Riefendi, Anton; Juangsa Putra, Lalu Giat; Yuniarsih, Nidia
    Strobe Light adalah komponen yang diproduksi oleh Air Precision (Aero Base Group) dan digunakan di pesawat ATR 72 series untuk penerangan area external. Strobe Light digunakan untuk meningkatkan visibilitas pesawat dalam kondisi atmosfer yang buruk [14]. Seiring berjalannya waktu, kinerja Strobe Light pada saat penerbangan mengalami penurunan kinerja akibat kerusakan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab terjadinya Strobe Light not flashing serta komponen-komponen yang berkaitan dengan Strobe light system pada ATR 72-500/600 melalui studi literatur dan observasi. Dari hasil penelitian ditemukan adanya salah satu komponen dari Strobe Light System yang mengalami kegagalan. Komponen tersebut berupa Power Supply Unit yang terjadi akibat short circuit. Komponen ini berfungsi untuk mengatur besaran dari daya output berupa tegangan yang masuk ke lampu Strobe Light sesuai dengan kebutuhannya. Akibatnya Strobe Light sebelah kanan tidak berkedip dengan keadaan CB (circuit breaker) 7LC pop out pada saat switch di on position. Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi permasalahan ini yaitu dengan melakukan penggantian pada komponen Power Supply Unit berdasarkan Maintenance Manual dengan cara mengganti komponen Power Supply Unit dengan yang baru. Oleh sebab itu penggantian komponen pada Strobe Light System secara tepat dapat membuat performa Strobe Light selalu dalam kondisi normal dan serviceable untuk meningkatkan visibilitas pesawat dalam kondisi atmosfer yang buruk pada saat penerbangan.
  • Item
    Smart Room Pintu Otomatis
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-02-01) AFIF SETIAWAN AFIF SETIAWAN; Jefiza,Adlian
    Dalam era teknologi yang berkembang ini kebutuhan untuk keamanan ruangan atau rumah menjadi sangat penting terlebih akhir akhir ini sedang maraknya kasus pencurian atau pembobolan rumah maupun ruangan baik dilikungan rumah ataupun lingkugan kerja.Smart door lock atau kunci pintar merupakan salah satu solusi yang inovatif untuk meningkatkan keamanan rumah memungkinkan pemilik rumah untuk mengontrol akses pintu atau ruangan baik itu membuka ataupun mengunci lebih mudah dan efisien.Salah satu metode autentikasi yang paling menjanjikan untuk Smart Door Lock adalah penggunaan Voice Recognition, Voice Recognition merupakan sebuah teknologi yang mengubah suara menjadi data digital atau voice print yang unik teknologi ini memungkinkan sistem untuk mengenali dan memverifikasi identitas user atau pengguna berdasarkan pola unik dari suara user.Penerapan Voice Recognition pada Smart door lock “Pintu Otomatis Menggunakan Voice Recognition Berbasis Mikrokontroler” menawarkan sejumlah manfaat yang signifikan diantaranya yaitu membuat akses menjadi lebih aman dan praktis karena hanya pemilik ruangan atau suara user yang telah didaftarkan saja yang hanya bisa mengakses dan tanpa perlu menggunakan kunci manual sehingga juga mengurangi risiko kehilangan kunci ataupun tindakan pencurian dikarnakan sulit untuk diakses oleh semua orang karna untuk mengakses tersebut harus mendaftarkan suara mereka telebih dahulu pada modul Voice Recognition.Namun ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi dalam pengembangan alat ini yaitu salah satunya tingkat akurasi dalam pengenalan suara terutama dalam situasi lingkungan yang bising atau dengan variasi logat dan aksen pengguna.
  • Item
    MINAT BERKARIR MAHASISWI DI BIDANG ENGINEERING
    (2025-02-07) Junitri, Fira; Wahyu Hati, Shinta
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, pengetahuan, dan persepsi terhadap minat berkarir dibidang engineering dengan fokus terhadap mahasiswi Politeknik Negeri Batam jurusan Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Studi ini menerapkan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Penelitian ini berfokus pada variabel motivasi, pengetahuan, persepsi dan minat berkarir mahasiswi di bidang Engineering. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswi program teknik di politeknik negeri batam, dengan metode Quota Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 207 mahasiswi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa motivasi, pengetahuan, dan persepsi masing-masing memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat berkarir mahasiswi jurusan teknik elektro dan teknik mesin di Politeknik Negeri Batam. Secara keseluruhan, hasil yang serupa juga diperoleh ketika ketiga variabel tersebut dianalisis secara simultan, yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkarir mahasiswi di kedua jurusan tersebut.
  • Item
    IDENTIFIKASI DAN PERBAIKAN KASUS UNWANTED FUEL TRANSFER PADA PESAWAT BOEING 737-900ER
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-24) Ahmad Syafi'i, Ceng Imam; Dzulfiqar,Mohamad Alif; Cahyagi,Danang
    Fuel transfer system pada pesawat Boeing B737-900ER merupakan bagian dari fuel system yang dirancang untuk memindahkan bahan bakar dari satu tangki ke tangki lain guna memastikan distribusi yang seimbang atau untuk keperluan operational tertentu. Pada pesawat ini, bahan bakar disimpan di tiga tangki utama, yaitu main tank 1, main tank 2 dan center tank. Fuel transfer dilakukan dari tangki center atau tangki lain jika diperlukan untuk menyeimbangkan berat pesawat atau memastikan supply distribution fuel ke Engines dan APU (Auxiliary Power Unit). Indikasi yang menunjukkan aktivitas atau masalah pada fuel transfer system dapat terlihat di cockpit melalui fuel indicator dan warning light seperti fuel imbalance warnings, fuel transfer in progress and abnormal fuel transfer (unwanted fuel transfer). Dalam penelitian yang saya ambil ini terdapat kondisi abnormal dimana terjadinya unwanted fuel transfer from the no.2 tank to the center tank pada fuel transfer system yang akan saya bahas agar dapat mengetahui penyebab terjadinya dengan indikasinya dan penangan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tahapan yang dilakukan dengan cara mempelajari fungsi komponen dan cara kerja sistem dengan menggunakan referensi Boeing B737-900ER Aircraft Maintenance Manual (AMM), melakukan pemecahan masalah, melakukan inspeksi sesuai dengan rekomendasi dari Boeing Message Number (BMN), melaksanakan repair prosedur berdasarkan Structure Repair Manual (SRM) dan melakukan pengetesan menggunakan referensi Aircraft Maintenance Manual (AMM) yang bertujuan untuk memastikan permasalahan yang terjadi telah terselesaikan.
  • Item
    Perancangan sistem informasi manajemen kebutuhan karyawan pada PT Sanipak Indonesia
    (2025-01-20) Yolanda,Nadia; Sari, Festy Winda; Sari, Festy Winda
    In the era of globalization, the need for accurate and timely information is a crucial aspect, especially in the business world. PT Sanipak Indonesia, a plastic bag manufacturing company with more than 800 employees, faces challenges in managing employee administration that is still done manually. This condition affects the company's operational efficiency and productivity. To overcome these problems, this research develops a website-based employee needs management information system using the prototype method. This system aims to automate administrative processes, such as employee data management, leave applications, and work uniform changes, so as to reduce time and energy wasted due to manual processes. System testing is carried out using the black box method to ensure that the functionality meets the expected needs. The results show that the designed system is able to replace manual processes with technology-based solutions that are more effective and efficient. The implementation of this system makes it easy for employees to handle administrative needs independently without disrupting their main work, thus supporting the smooth production and achievement of company targets. Thus, this system is expected to increase the effectiveness of human resource management, operational efficiency, and competitiveness of PT Sanipak Indonesia in the manufacturing industry.