Browsing by Author "Anas, Al Uns"
Now showing 1 - 2 of 2
- Results Per Page
- Sort Options
Item PERBANDINGAN PERFORMA MODEL 3 DIMENSI SHIO PADA GAME METAVERSE MENGGUNAKAN SCULPTING TOOLS DAN MANIPULASI VERTEX(2024-06-25) Hutagalung,Charolinda; Anas, Al Uns; Miranto, CahyaPerkembangan teknologi saat ini telah mengambil banyak peran di berbagai bidang, salah satunya adalah industri kreatif. Perwujudan industri kreatif dalam memanfaatkkan teknologi salah satunya dibuktikan dengan adanya pengembangan sebuah game atau permainan yang bernama game metaverse "Twelve". Game ini merupakan jenis game 3D yang salah satu unsur pembentuknya adalah aset 3D. Untuk membuat aset 3D tentunya dibutuhkan teknik pengembangan berupa pemodelan 3D. Secara khusus game metaverse ini menggunakan dua cara pemodelan, yaitu menggunakan sculpting tools dan menggunakan manipulasi vertex atau sering disebut extrude face. Adanya penggunaan kedua cara pemodelan ini terjadi karena adanya perbedaan pendapat antara modeller dalam menggunakan dua cara pemodelan. Dengan adanya permasalahan ini diangkatlah sebuah penelitian yang mengidentifikasi efektivitas dari kedua cara pemodelan untuk menentukan penggunaan paling efektif dari dua cara pemodelan pada objek pets shio game metaverse "Twelve". Pengumpulan data menggunakan pendekatan kuantitaif dan kualitatif melalui pengujian pada unity profiler terhadap objek pets shio dengan memantau jumlah fps dan tris yang dihasilkan pada tingkat spawn tertentu. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, menunjukkan bahwa cara pemodelan yang paling efektif untuk memodelkan objek pets shio pada game metaverse "Twelve" adalah Manipulasi vertexItem PERFORMANCE ANALYSIS OF 3 DIMENSION MODELS OF 12 SHIO PETS IN THE TWELVE METAVERSE GAME(2024-06-10) Hutagalung, Charolinda; Anas, Al Uns; Miranto, CahyaThe Metaverse is a post-reality universe, a multi-user and persistent environment that combines physical reality with digital virtualization. With this sophistication, Metaverse combines many new technologies that combine virtual worlds and reality. One technology that combines the virtual world and reality that is developing rapidly to influence the world economy today is video games. One video game that uses metaverse based technology is the Twelve Metaverse game. This game has an attraction for users, especially assets. But in the Twelve Metaverse game there are problems with game performance, one of the causes is less than optimal game assets. Where users experience lag when interacting between characters in conditions of a large number of spawns without a definite number. With these problems, it is necessary to determine the quality of game performance by looking for the maximum number of spawns on 3-dimensional avatars of 12 Shio pets according to the optimal standard of 50-60 FPS in one scene. Performance analysis based on quantitative and qualitative research methods. Testing was carried out using the Unity Engine Profiler available in Unity3D. The results of observation, evaluation, and performance analysis of 12 Shio pets, 12 Shio pets with human characters, 12 Shio pets with human characters and environment in the Twelve Metaverse game are efficient