D4 Teknologi Rekayasa Robotika
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing D4 Teknologi Rekayasa Robotika by Subject "TECHNOLOGY"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemAplikasi GUI Trainer Kit Pick And Place Berbasis Augmented Reality(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Afriandi, Muhammad Alif Sandi; Jamzuri, Eko RudiawanAugmented Reality dapat mengintegrasikan dunia digital dengan dunia nyata dan memberikan pengalaman melihat suatu objek 3D secara real-time. Ar dapat menjadi suatu platform pembelajaran bagi pengguna, dengan demikian memperkaya pengalaman dan daya tanggap pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan dasar-dasar mengenai AR dan memberikan gambaran umum tentang penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dalam mengimplementasikan AR di berbagai sektor. Penelitian telah merangkum kegunaan AR yang dapat digunakan dalam beberapa industri. Menurut beberapa penulis yang telah ditinjau oleh rekan sejawat dari Scopus,Google Scholar,dll. Pemilihan literatur telah dibuat berdasarkan pada pentingnya AR belakangan ini. Penggunaan AR dapat menyajikan informasi singkat dan tepat tentang industry 4.0. pada penilitian ini agar AR dapat berjalan dengan baik diperlukan beberapa aplikasi seperti Unity, Vuforia, dan blender, beserta Trainer Kit sebagi objek yang akan ditampilkan menggunakan AR. Proses dalam industri menjadi sangat praktis dan informatif dikarenakan AR. Dikarenakan pembahasan AR masih dibilang sedikit oleh karena itu penelitian menyajikan tinjauan literatur yang sistematis mengenai aplikasi AR di berbagai sektor.
- ItemKomunikasi Data pada Sistem SCADA Pick-and-Place Menggunakan OPC Server(Politeknik Negeri Batam, 2024-07) Prayogo, Muhammad Rifki; Jamzuri, Eko RudiawanKomunikasi data awalnya melibatkan pengiriman data teks melalui kabel telegraf. Namun, dengan munculnya komputer dan jaringan komputer, metode ini menjadi lebih canggih. Dengan adanya internet dan teknologi nirkabel, pentingnya komunikasi data semakin terasa. Komunikasi data sendiri merupakan kumpulan dari beberapa teknologi. Tujuan komunikasi data pada penelitian ini untuk memaksimalkan perkembangan komunikasi data pada sistem SCADA pick and place dengan menggunakan OPC Server. Dengan nirkabel, komunikasi data dapat mempermudah menghubungkan jaringan tanpa jaringan kabel ethernet. Dengan Unity, PLC dan SCADA, penelitian ini mengembangkan komunikasi data pada system SCADA di mesin pick and place menggunakan OPC Server, yang memiliki beberapa aspek dari perangkat keras dan perangkat lunak. Dengan data block pada TIA Portal dan memanfaatkan router pada jaringan komputer komunikasi data ini dapat dilakukan secara nirkabel. Pada Unity program C# dengan tambahan drivers sharp7, maka PLC Siemens s7-1200 ini dapat dikembangkan lagi dengan visualisasi objek secara waktu sebenarnya. Dengan menguji coba koneksi antara PLC ke unity dan OPC Server, dapat dibuktikan berdasarkan hasil tampilan dari rancangan text box Unity dan quick client dari OPC Server. Kemudian untuk selisih waktu program dan actual trainer kit pada 1 cycle time trainer kit terdapat 17 sequence. Waktu penyelesaian trainer kit secara aktual 25,7 detik sedangkan dari monitoring Labview membutuhkan waktu 26,6 detik. Komunikasi data yang telah di terapkan terdapat perbedaan waktu sekitar 0,9 detik. Dengan penelitian ini sebagai komunikasi data dapat dengan mudah ditransfer antara perangkat pick and place, memastikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Hal ini memungkinkan sistem bekerja secara terkoordinasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan kinerja keseluruhan sistem pick and place.