Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    PENGARUH VIRAL MARKETING DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA PRODUK GLAD2GLOW DI TIKTOK SHOP
    (0005-08-25) Maharani, Putri Berliana Indah; Andayani, Nur Rahmah
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh viral marketing dan celebrity endorsement terhadap keputusan pembelian, dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening, di online shop. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode survei terhadap 100 responden di Kota Batam yang pernah membeli produk online shop. Instrumen penelitiannya menggunakan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan viral marketing dan celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Celebrity Endorsement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen dan kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian. Kemudian, viral marketing tidak berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen dan viral marketing tidak berpengaruh terhadap Keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Celebrity endorsement tidak berpengaruh terhadap Keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen.
  • Item
    Sistem Pendeteksi Posisi dan Kondisi Pendaki Berbasis LoRa Sebagai Upaya Mengurangi Angka Kematian Saat Mendaki Gunung
    (0023-11-12) Rhamadon Ahmad Fahrurozi; Kamarudin
    Mendaki gunung menjadi kegiatan yang digemari oleh masyarakat umum. Namun, kebanyakan masyarakat masih banyak yang belum memahami aspek-aspek pendakian yang aman. Tercatat bahwa hipotermia menjadi penyebab tertinggi kematian di pendakian gunung, diikuti dengan tersesat dan jatuh dengan jumlah kasus yang sama. Untuk itu, program ini berupaya untuk mengurangi angka kasus kematian akibat kecelakaan di gunung, terutama karena hilang, tersesat, dan hipotermia dengan membangun sistem pendeteksi posisi dan kondisi pendaki berbasis LoRa yang mengacu pada studi literatur serta analisis data yang ada dengan memanfaatkan kemajuan teknologi terkini. Sistem dilengkapi dengan sensor DS18B20 dan sensor MAX30102 dengan akurasi masing-masing sensor di atas 97%, terdapat pula modul GPS NEO 6M dengan jarak selisih 1,3 m dibandingkan dengan Google Maps. Komunikasi data menggunakan Heltec LoRa WiFi ESP32, dapat mengirim data hingga jarak 2,1 km. Seluruh komponen ditenagai dengan baterai Li-Ion 7,4 V 6.800mAh yang dapat bertahan hingga 45 jam dengan waktu pengisian penuh selama 8 jam. Sistem ini memiliki fitur yang lengkap jika dibandingkan dengan sistem atau alat yang ada ketika program ini dilaksanakan.