Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 61
  • Item
    The Implementation of Digital Payment and Its Impact on User Decision in Batam City
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-11) Naim, Abdun; Puspitasari, Ayu
    The digital transformation within the financial system has facilitated the widespread adoption of digital payments across society. This study aims to examine the influence of motivation, perception, and consumer behavior on user decision-making in the context of digital payment usage in Batam City. This study applied a quantitative research design through a survey approach, involving 101 participants chosen via purposive sampling technique. The data were analyzed using Structural Equation Modeling with the Partial Least Squares (SEM-PLS) technique. The findings reveal that consumer motivation and behavior have a statistically significant effect on user decisions, whereas perception does not exhibit a significant impact. This study contributes empirical evidence that may enrich theoretical perspectives in the field of digital payment and offers practical implications for digital financial service providers in developing strategies that enhance user motivation, perception, and behavior in relation to decision-making.
  • Item
    PENGARUH SOSIOECONOMIC, JOB PERFORMANCE, TAX OFFICERS JOB DAN TAX KNOWLEDGE TERHADAP TAX MORALE
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-18) Murfiqoh, Nurul Laili; Amalia, Diah
    Tingkat kepatuhan pajak UMKM masih menghadapi tantangan, salah satunya karena rendahnya tax morale. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh socioeconomic, job performance, tax officer job, dan tax knowledge terhadap tax morale pada pelaku UMKM di Kota Batam sebagai salah satu daerah dengan pertumbuhan UMKM yang pesat. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan data primer dari 100 responden. Dianalisis melalui regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa job performance, tax officer job, dan tax knowledge, terbukti secara signifikan mempengaruhi tax morale, sedangkan socioeconomic tidak menunjukkan pengaruh terhadap tax morale. Novelty penelitian terletak pada objek dan lokasi penelitian, yaitu pergeseran dari pedagang agrokimia di Ghana kepelaku UMKM di Batam. Perbedaan ini memberikan perspektif baru dan memperkaya literatur terkait faktor-faktor yang memengaruhi tax morale, khususnya pada konteks UMKM di Indonesia. Temuan ini memperkuat pentingnya aspek eksternal dan pengetahuan wajib pajak dalam membentuk kesadaran moral terhadap kewajiban perpajakan.
  • Item
    Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
    (2024-09-23) Sinaga, Inggrid Wahyuni
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen Mixue. Sampel penelitian ini mencakup 385 konsumen Mixue yang tinggal di Kota Batam. Data yang digunakan adalah data primer, yang dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mixue, citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mixue, kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mixue dan yang terahir harga, citra merek, dan kualitas produk secara simultan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mixue. Kata kunci: Harga, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian
  • Item
    PENGENALAN PAKAIAN DAERAH MELALUI KARAKTER GAME "BATU TUJUH" DENGAN TEKNIK LOW POLY MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-11-22) Siregar, Paniophan; Lumombo, Liony
    Game Batu Tujuh is a game designed for Gemastik 2021. This game can be an opportunity to introduce regional clothing in Indonesia through its characters, where the character form used by researchers is chibi. In modeling, there is a technique called the Low Poly technique. Low Poly technique is a 3D modeling technique using basic shapes that can be available such as cube, cone, nurbs and cylinder. There are several stages in making 3D Low Poly, namely rigging for characters and texturing for coloring in making characters and regional clothing for these characters. The research methodology used is a product design method using qualitative analysis. Data collection in this study is obtained from interviews with teenagers aged 12 - 23 years to find out how far they know the culture in Indonesia. There are three methods of product design, namely Pre-Production, Production, and Post-Production. The characters in the Batu Tujuh game are successful in introducing regional clothing in Indonesia.
  • Item
    Penerapan Motion Graphic Dalam Sosialisasi K3 Terhadap Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Studi Kasus PT. Valeo Ac Indonesia
    (Politeknik Negri Batam, 2025-02-07) Cavistha, Moureen Chelsea; Nasrullah, Muchammad Fajri Amirul
    Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif di perusahaan Namun, kurangnya pemahaman dan kesadaran pekerja terhadap pentingnya K3 dan APD masih menjadi tantangan di banyak sektor industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan PT Valeo Ac Indonesia yang belum memiliki media visual berbasis motion graphic sebagai media edukasi dalam sosialisasi K3. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), motion graphic yang dikembangkan berisi informasi visual interaktif tentang edukasi mengenai Alat Pelindung Diri. Media visual motion graphic ini dapat digunakan saat sosialisasi K3 terhadap karyawan baru maupun karyawan yang telah bergabung, pada pengujian kali ini dilakukan pada karyawan yang baru bergabung di perusahaan dalam mengevaluasi efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar pekerja telah menerima informasi terkait APD, pemahaman mengenai fungsi dan pentingnya penggunaan APD secara tepat masih bervariasi. Sosialisasi penggunaan APD merupakan kunci dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan.
  • Item
    Analisis Kelayakan Game Edukasi Brain: Memo menggunakan Standar ISO 25010 dalam Aspek Functional Suitability, Performance Efficiency, Compatibility, dan Usability terhadap Anak-anak Usia 7–12 Tahun
    (2025) ZULKARNAIN ZULKARNAIN; Lumombo, Liony
    Pada era digital, penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk bermain game yang tidak sesuai, dapat menghambat perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menganalisis kelayakan game edukasi, “Brain: Memo” yang dirancang untuk meningkatkan memori jangka pendek dan konsentrasi anak. Evaluasi game dilakukan berdasarkan standar ISO/IEC 25010, mencakup aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Brain: Memo” dapat membantu anak usia 7-12 tahun mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan interaktif dengan antarmuka yang menarik dan ramah anak.
  • Item
    PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI DENGAN PENGGUNAAN VIDEO TENTANG GOOD MANUFACTURING PRACTICE
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-12-13) ADE SYAH PUTRA ADE SYAH PUTRA; Siahaan, A.U.
    Penelitian ini mengembangkan media informasi berbasis video untuk meningkatkan pemahaman karyawan terhadap Good Manufacturing Practice (GMP) di PT Infineon Technologies Batam. Video berdurasi 19 menit 48 detik ini dihasilkan melalui metode pengembangan Villamil-Molina yang mencakup dari lima tahap: Development, Pre-Production, Production, Post-Production, dan Delivery. Efektivitas video diuji menggunakan EPIC Model yang mengukur empat dimensi: Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video ini mencapai tingkat efektivitas yang tinggi pada semua dimensi, yaitu Empathy (4,8), Persuasion (4,8), Impact (4,8), dan Communication (4,4), dengan skor rata-rata EPIC Rate sebesar 4,7 menunjukkan bahwa video ini merupakan alat yang sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi karyawan baru mengenai GMP. Penelitian ini menunjukkan bahwa media berbasis video dapat menjadi sarana pelatihan yang menarik dan efisien, khususnya untuk karyawan baru di PT Infineon Technologies Batam.
  • Item
    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad Ramadhan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.
  • Item
    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad Ramadhan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.
  • Item
    Buku Panduan Pengisian Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat 2 Jasa Konstruksi Menggunakan E-Bupot Unifikasi
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-03) Cholil, Sheyla Ananda; Sumarna, Alfonsa Dian
    Salah satu kegiatan Kantor Konsultan Pajak adalah menghitungkan, melaporkan dan menyetorkan pajak penghasilan final atas jasa konstruksi. Penghasilan jasa konstruksi bisa diartikan objek yang dikenakan pajak penghasilan secara final yang pelaporannya menggunakan bukti potong (e-bupot) Unifikasi. Pajak penghasilan memiliki beberapa jenis yaitu salah satunya merupakan pajak penghasilan final pasal 4 ayat 2. Pajak Penghasilan final pasal 4 ayat 2 merupakan pemotongan atas penghasilan bersifat final dibayarkan sehubungan dengan jasa dan sumber tertentu dan tidak bisa dikreditkan dengan pajak penghasilan terutang seperti usaha jasa konstruksi, sewa tanah atau bangunan, dan hadiah undian sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 187/PMK.03/2022. Namun perhitungan pajak final atas jasa kontruksi ini sering mengalami revisi dan tidak sedikit masyarakat masih mengikuti peraturan ketentuan lama. Kegunaan buku panduan ini membantu pembaca untuk memahami sesuai dengan ketentuan terbaru.