Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 26
  • Item
    RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN KARYAWAN PT.BOON SOFTWARE BERBASIS WEB SOFTWARE DEVELOPMENT
    (2025-01-29) Akbar, Gilang; Santiputri, Metta
    Dalam era digitalisasi dan modernisasi, efisiensi operasional dan manajemen sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam menjaga daya saing sebuah perusahaan. PT. Boon Software, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak (Software Development), menyadari pentingnya transofrmasi digital dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas manajemen karyawan. PT. Boon Software melakukan proses manajemen lembur dan cuti masih dilakukan secara manual, mengakibatkan potensi kesalahan administratif, peningkatan biaya, dan penurunan efisiensi. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, mendapatkan sebuah solusi inovatif yaitu “Rancang Bangun Sistem Manajemen Karyawan PT. Boon Software Berbasis Web Software Development”. Aplikasi ini dirancang untuk menggantikan metode tradisional dengan solusi berbasis web yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keterukuran dalam manajemen karyawan. Tujuan utama dalam pengembangan aplikasi ini adalah untuk memberikan kemudahan akses dan pengelolaan informasi terkait lembur, cuti, serta evaluasi kinerja karyawan kepada seluruh pihak yang terlibat, baik manajer maupun karyawan.. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemograman JavaScript dengan framework React.js untuk frontend, Express.js untuk backend dan untuk database menggunakan PostgreSQL.Metode pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. diharapkan website ini dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pengajuan, mempercepat membuat formulir cuti dan lembur, mengurangi potensi kesalahan dalam pengelolaan data, dan mempermudah untuk mengisi formulir secara online, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan dan manajer. Website ini telah dilakukan pengujian menggunakan metode black box. Tahap pengujian dilakukan melalui semua fitur dan beberapa browser pendukung untuk kelancaran website ini dengan 3 aktor yang berbeda.
  • Item
    Aplikasi Pemesanan Pemotretan Wedding dan Pre-wedding Berbasis Web Pada RX Image
    (2024-12-24) Rihan, Muhammad; Santiputri, Metta
    Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, sistem berbasis web kini menjadi solusi yang efektif dalam mendukung operasional bisnis di berbagai bidang, termasuk dalam industri jasa fotografi. RX Image, sebuah usaha di bidang jasa fotografi yang berfokus pada layanan foto wedding dan pre-wedding, menghadapi tantangan dalam hal komunikasi dengan klien, manajemen jadwal, serta pencatatan pemesanan dan pembayaran yang masih dilakukan secara manual. Masalah ini menghambat kelancaran operasional dan menurunkan efisiensi dalam memberikan layanan kepada klien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi Berbasis Web yang dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan informasi, pemesanan, pembayaran, dan jadwal sesi foto. Sistem ini dikembangkan menggunakan framework CodeIgniter 4 dan menggunakan metode pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. diharapkan sistem informasi ini dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pemesanan, mempercepat pengelolaan jadwal, mengurangi potensi kesalahan dalam pengelolaan data, dan mempermudah transaksi pembayaran secara online, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi klien dan fotografer. Sistem informasi ini telah dilakukan pengujian menggunakan metode black box. Tahap pengujian dilakukan melalui semua fitur dan beberapa browser pendukung untuk kelancaran sistem informasi ini dengan 3 aktor yang berbeda.
  • Item
    PERANCANGAN MOTION GRAPHIC TENTANG LAYANAN LAZISNU KOTA BATAM: BAGAIMANA PERSEPSI MASYARAKAT?
    (2025-02-19) Rofiki, Muhammad; Suwarno
    LAZISNU Kota Batam telah melakukan berbagai aktivitas untuk memperkenalkan lembaga mereka kepada masyarakat. Meskipun demikian, upaya yang dilakukan belum cukup. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan audiens melalui media sosial dengan memanfaatkan teknik motion graphic. Penelitian ini menggunakan metode villamil molina dalam proses pengembangannya dan menggunakan metode pengukuran EPIC Model untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap penggunaan motion graphic sebagai media promosi layanan Lembaga zakat tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa video pendek berbasis motion graphic berhasil membangun persepsi positif di masyarakat, dengan skor rata rata untuk empati, persuasi, dan dampak berada di atas 4,0 pada rentang skala penilaian
  • Item
    SISTEM PEMINJAMAN ALAT UKUR BERBASIS WEB PADA BADAN PERTANAHAN NASIONAL BATAM
    (2025-01-10) Damayanti, Dini; Nasrullah, Muchamad Fajri Amirul
    Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan membangun sistem peminjaman alat ukur berbasis web di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Batam. Sistem ini dirancang untuk mengatasi kendala pada proses peminjaman alat ukur yang masih dilakukan secara manual, yang sering kali menyebabkan kesalahan pengelolaan data, duplikasi informasi, dan peningkatan risiko kehilangan data peminjaman. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall, yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian. Dalam proses pengembangannya, sistem dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter dan MySQL sebagai basis data. Pengujian dilakukan menggunakan metode black-box testing untuk memastikan bahwa setiap fungsi dalam sistem beroperasi dengan baik. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem ini mampu menyederhanakan proses peminjaman alat ukur di BPN Kota Batam serta mengatasi berbagai masalah yang muncul pada proses manual.
  • Item
    RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PRESENSI SISWA BERBASIS WEB PADA SD N 012 BENGKONG
    (2024-12-18) Juwinarti, Arin; Rokhayati, Yeni
    Dengan kemajuan teknologi informasi, kebutuhan akan sistem presensi yang efektif dan efisien akan sangat penting, tetapi yang terjadi pada SD N 012 Bengkong proses presensi masih menggunakan metode pencatatan manual yang sangat tidak efektif. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi presensi siswa berbasis web yang dapat membantu guru dalam mengelola data kehadiran siswa dan memberikan informasi kepada orang tua agar dapat mengakses data kehadiran anak-anak mereka secara langsung tanpa harus datang kesekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Waterfall. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi manajemen kehadiran dan meningkatkan transparansi dan partisipasi aktif orang tua dalam pendidikan anak-anak mereka.
  • Item
    Analysis of the Application of Spatial Audio in VR Tower Defense Game Rise of Majapahit in Improving Better Sound Localization Ability
    (2024-06-04) Sihotang,Timoty Rafles Pondang;
    irtual reality is a technology that is commonly used in games. To enhance its immersiveness, spatial audio plays a very important role as it can allow players to feel very important as it allows the player to feel the depth and direction of sounds in the game environment. The number of players who still find it difficult to localize the presence of enemies that are visually out of visual sight, making it a little difficult for them to complete the game. This research examines application of spatial audio in the VR game Tower Defense: Rise of Majapahit to improve sound localization capabilities. Using comparative quantitative methodology, this study tested respondents in physical and virtual environments, collecting data through t-tests. in physical and virtual environments, collecting data through independent t-test. Results showed a significant difference in ability to identify the direction of sound, easier virtually than physically, particularly sounds from behind, right, and left. This finding confirms the importance of spatial optimization of audio in VR games to create a more immersive gaming experience. VR games to create a more immersive and realistic gaming experience and realistic play experience. This research provides insights for further development of spatial audio technology, supporting the creation of immersive and satisfying virtual environments for the player.
  • Item
    PERANCANGAN GAME “FIND THE LOST BOROBUDUR” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, Agung
    Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.
  • Item
    PERANCANGAN GAME “ FIND THE LOST BOROBUDUR ” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, Agung
    Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.
  • Item
    Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pengunjung Berbasis Mobile dengan Fitur Pencatatan, Kamera, dan QR Code di PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing
    (2024-05-13) Manik, Ramses Jose Rizal; Sartikha
    The evolution of mobile technology has significantly shifted the landscape of information access and visitor management practices within the business environment. At PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing, the prevalence of mobile device users accessing the internet has underscored the urgent need for a robust Visitor Management Information System (VMIS). This research is geared towards mitigating potential security breaches and handling busy periods at PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing by constructing a mobile-based VMIS equipped with a camera and QR code features. The development method includes requirement analysis, design, implementation, testing, and evaluation. The outcome is a visitor management application accessible via mobile devices, featuring a camera for visitor verification and a QR code for facilitating the check-out process.
  • Item
    Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pengunjung Berbasis Mobile dengan Fitur Pencatatan, Kamera, dan QR Code di PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing
    (2024-05-13) Manik, Ramses Jose Rizal; Sartikha
    The evolution of mobile technology has significantly shifted the landscape of information access and visitor management practices within the business environment. At PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing, the prevalence of mobile device users accessing the internet has underscored the urgent need for a robust Visitor Management Information System (VMIS). This research is geared towards mitigating potential security breaches and handling busy periods at PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing by constructing a mobile-based VMIS equipped with a camera and QR code features. The development method includes requirement analysis, design, implementation, testing, and evaluation. The outcome is a visitor management application accessible via mobile devices, featuring a camera for visitor verification and a QR code for facilitating the check-out process.