DSpace logo
Communities & Collections
All of Polibatam Repository
  • English
  • العربية
  • বাংলা
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Ελληνικά
  • Español
  • Suomi
  • Français
  • Gàidhlig
  • हिंदी
  • Magyar
  • Italiano
  • Қазақ
  • Latviešu
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Српски
  • Svenska
  • Türkçe
  • Yкраї́нська
  • Tiếng Việt
Log In
  1. Home
  2. Artikel Ilmiah
  3. Jurusan Teknik Informatika
  4. D4 Teknologi Rekayasa Multimedia
  5. Browse by Author

Browsing by Author "Suandi, Fadli"

Filter results by typing the first few letters
Now showing 1 - 6 of 6
  • Results Per Page
  • Sort Options
  • Repository Politeknik Negeri Batam
    Item
    ANALISIS PERANCANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS 2D UNTUK PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK DI POLITEKNIK NEGERI BATAM
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Sugitriprasetyo, Handoko; Suandi, Fadli
    The problem of plastic waste has now penetrated the education sector so that a way is needed so that every academic community is more aware of the dangers of continuous use of plastic. The solution built in this research is a video in the form of an animation on how to reduce and manage plastic waste properly, as one of the information and education media for the campus academic community. The development method uses the method of Luther Sutopo. The resulting products are analyzed for feasibility as a medium of education and information for the academic community of the Batam State Polytechnic. The feasibility of the video was determined based on the perception of the Batam State Polytechnic community using the EPIC Model. The results are: (1) The resulting video is able to convey information about the dangers of using single use plastics well and is able to influence the audience to be aware and start reducing the use of single-use plastics in daily life; (2) Videos in the form of animation are very effective as a medium of information and education. This is based on the dimensions of the EPIC Model with an average achievement of 4,466 respondent perceptions.
  • Repository Politeknik Negeri Batam
    Item
    EVALUASI USER EXPERIENCE (UX) APLIKASI VIRTUAL REALITY ODYSSEY : UNLEASH YOUR SENSE DENGAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ)
    (2024-06-11) A'la, Putri Nurul; Suandi, Fadli
    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi User Experience (UX) pada aplikasi Virtual Reality Odyssey: Unleash Your Sense. Metode evaluasi yang digunakan adalah User Experience Questionnaire (UEQ) yang terdiri dari enam skala: Daya Tarik (Attractiveness), Kejelasan (Perspicuity), Efisiensi (Efficiency), Ketepatan (Dependability), Stimulasi (Stimulation), dan Kebaruan (Novelty). Penelitian ini melibatkan 30 responden yang telah berpengalaman menggunakan teknologi VR minimal dua kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pengguna memberikan evaluasi positif terhadap aplikasi Virtual Reality Odyssey: Unleash Your Sense. Skala Daya Tarik mendapatkan nilai tertinggi dengan skor 1,694, menunjukkan bahwa pengguna merasa produk memiliki desain menarik dan fitur inovatif. Aspek Pragmatic Quality yang terdiri dari Kejelasan, Efisiensi, dan Ketepatan juga mendapat penilaian positif dengan nilai rata-rata masing-masing 1,396, 1,323, dan 1,156. Di sisi lain, Aspek Hedonic Quality yang meliputi Stimulasi dan Kebaruan juga dinilai positif dengan skor 1,635 dan 1,458. Meskipun aplikasi mendapat penilaian positif, terdapat ruang untuk perbaikan terutama pada aspek Kejelasan, Efisiensi, dan Ketepatan. Analisis perbandingan dengan benchmark menunjukkan bahwa 10% dari data benchmark menunjukkan performa yang lebih baik dibandingkan dengan data UEQ, sementara 75% data benchmark lainnya menunjukkan performa yang kurang baik.
  • Repository Politeknik Negeri Batam
    Item
    Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Katalog Studio Digital sebagai Media Informasi Studio Foto Oneclick.id
    (2024-06-10) Ramadhan, M. Rizki; Suandi, Fadli
    Perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia telah menunjukkan peningkatan signifikan, dengan kontribusi sebesar Rp1280 triliun terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada tahun 2022. Salah satu subsektor ekonomi kreatif yang berkembang adalah fotografi. Studi kasus pada studio foto Oneclick.id di Batam menunjukkan bahwa meskipun teknologi memungkinkan kemudahan pengambilan foto, permintaan untuk jasa foto studio tetap tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan katalog digital yang efektif untuk Oneclick.id menggunakan metode design thinking. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji validasi dari manajer Oneclick.id dan tiga ahli desain, diikuti oleh pengujian menggunakan metode Single Ease Question (SEQ) pada 100 responden. Hasil menunjukkan bahwa katalog digital mudah digunakan dengan skor rata-rata 6,132 pada skala SEQ. Penelitian ini menyimpulkan bahwa katalog digital yang dirancang mampu memenuhi kebutuhan informasi pelanggan serta berpotensi meningkatkan daya tarik dan penjualan jasa fotografi di Oneclick.id. Implementasi katalog digital diharapkan dapat memberikan keuntungan kompetitif dalam industri ekonomi kreatif, khususnya di subsektor fotografi, dengan memperkenalkan produk dan layanan kepada calon pelanggan secara lebih efektif.
  • Repository Politeknik Negeri Batam
    Item
    PERANCANGAN DAN ANALISIS DESAIN MASKOT SEBAGAI REPRESENTASI IDENTITAS VISUAL BAGIAN PROMOSI BADAN PENGUSAHAAN BATAM
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-28) Cokrodirjo, Rizki Rahmadhani; Suandi, Fadli
    Hingga saat ini, kegiatan promosi Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) yang dilakukan oleh Bagian Promosi BP Batam belum memiliki maskot resmi yang dapat merepresentasikan identitas visual Promosi BP Batam. Perancangan maskot promosi BP Batam sebagai langkah yang tepat untuk merepresentasikan identitas visual yang kuat dalam meningkatkan investasi dan membangun citra positif instansi kepada masyarakat terutama masyarakat yang bergerak di dunia usaha, baik lokal maupun asing. Maskot Promosi BP Batam terinspirasi dari logo BP Batam yang merupakan seekor burung elang laut yang bernama SI PRIMA sebagai wujud tugas Bagian Promosi BP Batam untuk memberikan pelayanan PRIMA dalam meningkatkan INVESTASI, promosi dan industri kota Batam. Maskot SI PRIMA bergambar burung elang laut jantan dengan memakai baju dinas BP Batam dan dipadupadankan dengan ciri khas adat Melayu. Perancangan maskot menggunakan metode design thinking dan metode kuantitatif deskriptif untuk mengukur tingkat ketercapaian tujuan perancangan dan analisis maskot SI PRIMA sebagai representasi identitas visual Promosi BP Batam. Hasil pengujian user testing pada penelitian ini menunjukkan dari aspek visual dan aspek media bahwa berdasarkan pada skala ketercapaian tujuan perancangan maskot SI PRIMA dalam bentuk 2 dimensi sebagai representasi identitas visual Promosi BP Batam berhasil berada pada tingkat positif atau sangat baik dalam rentang 75,1% - 100%.
  • Repository Politeknik Negeri Batam
    Item
    Redesain Logo PT. Agung Perkasa Engineering Sebagai Penguat Identitas Visual
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-11-21) Pangesti, Retno; Suandi, Fadli
    PT. Agung Perkasa Engineering merupakan perusahaan yang bergerak pada jasa pemesinan logam dan fabrikasi di Kota Batam untuk pengerjaan manufacturing, repair, replace, dan custom spare part beserta komponen atau equipment pendukung produksi industri kapal, mobil, motor, molding, dll. PT. Agung Perkasa Engineering sebelumnya sudah memiliki logo sebagai identitas visual perusahaan. Namun, logo tersebut dibuat secara spontan tanpa mempertimbangkan syarat/kriteria logo. Selain itu, logo yang dimiliki belum konsisten diterapkan pada media pendukung sehingga belum dapat menjadi sarana penguat identitas visual perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut dilakukan perancangan ulang logo untuk menghasilkan citra baru perusahaan yang merepresentasikan kepribadian perusahaan dan memenuhi syarat/kriteria logo. Tujuan perancangan ini adalah redesain logo perusahaan dan pembuatan pedoman penggunaan logo beserta penerapannya pada media pendukung sebagai sarana penguat identitas visual. Dalam melakukan redesain logo perusahaan, digunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Proses mendesain logo menggunakan pengembangan dari metode Surianto Rustan yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu RSVP (Riset, Strategi, Visualisasi, dan Penerapan/Produksi). Hasil penelitian berupa logo baru PT. Agung Perkasa Engineering dan Graphic Standard Manual (GSM) sebagai pedoman penggunaan logo perusaahaan pada media pendukung.
  • Repository Politeknik Negeri Batam
    Item
    VIDEO MOTION GRAPHIC SAFETY INDUCTION SEBAGAI MEDIA INFORMASI PANDUAN KESELAMAATAN KARYAWAN BARU, PENGUNJUNG DAN KONTRAKTOR DI PT WIK FAR EAST BATAM
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-04-23) Fadillah, Muhammad; Suandi, Fadli
    Tingginya tingkat kecelakaan kerja dan kurangnya media informasi tentang panduan keselamatan menjadi masalah yang serius dalam sebuah perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan kerja dan memberikan panduan keselamatan yang baru berupa video motion graphic kepada karyawan baru, pengunjung dan kontraktor dengan menggunakan teknik motion graphic. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC dan metode EPIC Model untuk mengukur tingkat efektifitas video. Setelah produk video selesai di produksi di lakukan pengujian alpha kepada ahli informasi yaitu pihak HR yang mendapatkan nilai sangat efektif serta mendapatkan nilai rata rata efektif oleh ahli multimedia. Selanjutnya dilakukan pengujian beta dengan menggunakan dimensi EPIC Model dan mendapatkan nilai EPIC Rate 4,67 dengan kriteria penilaian “Sangat Efektif”.

Polibatam copyright © 2002-2025 Repository Politeknik Negeri Batam

  • Cookie settings
  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback