Jurusan Teknik Informatika

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1744

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 359
  • Item
    Analisis Musik Melayu pada Scene 12 Film Animasi 3D “Laut Kite” Menggunakan Virtual Studio Technology
    (Nusanro Agus Dame Siregar, 2025-11-05) Siregar, Nusanro; Rahmi, Anis
    “Laut Kite” adalah film animasi yang mengangkat isu pencemaran sampah di wilayah pesisir akibat kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Animasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap lingkungan, khususnya dalam menjaga kebersihan laut. Penelitian ini menganalisis musik Melayu dalam scene 12 film animasi Laut Kite, khususnya peran musik dalam memperkuat narasi visual dan efektivitas Virtual Studio Technology dalam mereproduksi instrumen tradisional. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan artistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun komposisi musik telah merepresentasikan karakteristik musik Melayu, penggunaan Virtual Studio Technology masih memiliki keterbatasan dalam artikulasi dan ekspresi musikal. Kesimpulannya, teknologi ini dapat menjadi alternatif dalam produksi musik berbasis budaya, namun perlu optimalisasi agar lebih autentik.
  • Item
    Implementasi Algoritma C4.5 Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Sistem Absensi Berbasis Pemindaian Wajah
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-27) Manalu, Febriana; Rokhayati, Yeni
    PT Wasco Engineering Indonesia implemented a modern attendance system using badge scanning, but it is considered ineffective by management in accurately recording employee attendance. Therefore, the management decided to improve the attendance system by adopting face scanning technology and conducting employee satisfaction surveys to evaluate the effectiveness of the new system to measure the effectiveness of the system. The analysis of employee satisfaction results was carried out using the C4.5 Algorithm which produces a decision tree with easy-to-understand visualizations. The results of the analysis using the C4.5 Algorithm produced a decision tree model with an accuracy and testing value of 90.54%. The results of this analysis will be used by management for evaluation media and improving the quality of the attendance system based on facial recognition technology to improve the company operations.
  • Item
    APLIKASI E-COMMERCE PETSHOP BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE WATERFALL
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-04-17) Agustinus Sitompul Agustinus Sitompul; Fani, Maidel
    Pet Sanctuary adalah usaha yang bergerak di bidang layanan pengobatan dan perawatan kesehatan hewan, termasuk Medical Checkup, Vaksinasi, Scaling, Grooming, Penitipan Hewan, serta penjualan makanan untuk kesehatan hewan. Pet Sanctuary berlokasi di Ruko Sukajadi Blok B1 Nomor.6, Batam Kota. Aplikasi e-commerce ini dikembangkan menggunakan metode pengembangan waterfall, yang melibatkan tahap wawancara, perancangan desain, pembuatan sistem frontend dan backend, uji coba aplikasi atau testing, dan perawatan. Sistem ini dirancang untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh klinik, seperti keterbatasan pemasaran, kesulitan dalam pengelolaan jadwal layanan, dan kurangnya informasi yang dapat diakses oleh pelanggan. Pengujian sistem menunjukkan bahwa website e-commerce ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan mempermudah proses pengelolaan jadwal, memperluas jangkauan pasar, dan menyediakan informasi layanan yang lebih lengkap dan mudah diakses. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi praktis dalam pengembangan sistem informasi untuk bisnis jasa layanan hewan dan diharapkan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan serta daya saing bisnis di industri terkait.
  • Item
    UJI KETELITIAN TINGGI MOSAIK ORTHOPHOTO KAMPUS POLITEKNIK NEGERI BATAM DENGAN PENGUKURAN WATERPASS
    (Politeknik Negeri Batam, 2026-02-04) pangestu, yoni; Rassarandi Dinda, Farouki
    Mosaik foto udara merupakan himpunan dari beberapa foto udara yang saling behubungan satu sama lain, sehingga akan menampilkan kesatuan foto udara yang memiliki cangkupan gambar secara lebih menyeluruh (Wolf, 1993). Mosaik foto udara sudah mengalami banyak perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Mosaik foto udara secara otomatis atau digital merupakan wujud nyata dari perkembangan teknologi. Mosaik foto udara otomatis atau digital memiliki kelebihan dari cara pengoprasian yang mudah, dan waktu pengerjaan relatif singkat. Perkembangan teknologi fotogrametri banyak menciptakan metode dan software pendukung secara otomatis (Mabrur, 2019). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai elevasi dari model mosaik orthophoto dan memperoleh nilai elevasi beda tinggi pda mosaik orthophoto dari hasil pemotretan Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Untuk mengetahui apakah pemetaan bidang tanah menggunakan wahana UAV memenuhi standar ketelitian geometri dari BIG, maka perlu dilakukan pengujian mengenai ketelitian geometri pada pemetaan bidang tanah menggunakan wahana pesawat tanpa awak atau UAV. Pengujian ketelitian geometri dilakukan dengan berpedoman pada Perka BIG Nomor 15 Tahun 2014. Dari pengujian yang dilakukan, seluruh orthofoto yang dihasilkan memenuhi standar ketelitian geometri peta RBI dimana nile CL 90 sebesar 0,745. Berdasarkan hasil pengujian ketelitian geometris, semua orthofoto yang dihasilkan dari pengolahan foto udara menggunakan perangkat lunak Agisoft PhotoScan yang dilakukan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai peta dasar karena memenuhi klasifikasi ketelitian geometri peta RBI skala 1 : 5.000 kelas 1 sesuai dengan Perka BIG Nomor 15 Tahun 2014.
  • Item
    BUILD LOGISTICS WEB APPLICATIONS WITH ADMIN AND ACCOUNTING MODULES USING LARAVEL
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-10-09) Pinem, Braen Oscar; Supardianto
    Logistik merupakan elemen penting dalam menjaga kelancaran rantai pasokan, yang mencakup pengelolaan aliran barang, jasa, dan informasi. Pada PT Eddi Batam Logistik, terdapat berbagai tantangan yang muncul, terutama dalam aspek administrasi dan akuntansi logistik. Proses manual yang digunakan dalam pelaporan keuangan sering kali memicu kesalahan dan keterlambatan, sementara kurangnya sistem yang terintegrasi menyulitkan pencatatan transaksi logistik dan manajemen persediaan. Untuk mengatasi permasalahan ini, perusahaan memutuskan untuk mengadopsi aplikasi logistik berbasis web yang dilengkapi dengan modul administrasi dan akuntansi. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dengan memberikan pelaporan keuangan yang lebih akurat, memperbaiki pencatatan transaksi, serta mengoptimalkan manajemen persediaan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi logistik yang terfokus pada peningkatan efisiensi kerja di departemen administrasi dan akuntansi, serta mengatasi berbagai masalah yang timbul dalam pengelolaan logistik perusahaan. Adapun manfaat yang diharapkan meliputi pemantauan dan pelacakan barang yang lebih efektif, peningkatan efisiensi operasional, serta kemudahan dalam proses pembayaran dan akuntansi. Kata kunci: logistik, aplikasi berbasis web, administrasi, akuntansi, efisiensi operasional
  • Item
    Perancangan sistem informasi manajemen kebutuhan karyawan pada PT Sanipak Indonesia
    (2025-01-20) Yolanda,Nadia; Sari, Festy Winda; Sari, Festy Winda
    In the era of globalization, the need for accurate and timely information is a crucial aspect, especially in the business world. PT Sanipak Indonesia, a plastic bag manufacturing company with more than 800 employees, faces challenges in managing employee administration that is still done manually. This condition affects the company's operational efficiency and productivity. To overcome these problems, this research develops a website-based employee needs management information system using the prototype method. This system aims to automate administrative processes, such as employee data management, leave applications, and work uniform changes, so as to reduce time and energy wasted due to manual processes. System testing is carried out using the black box method to ensure that the functionality meets the expected needs. The results show that the designed system is able to replace manual processes with technology-based solutions that are more effective and efficient. The implementation of this system makes it easy for employees to handle administrative needs independently without disrupting their main work, thus supporting the smooth production and achievement of company targets. Thus, this system is expected to increase the effectiveness of human resource management, operational efficiency, and competitiveness of PT Sanipak Indonesia in the manufacturing industry.
  • Item
    Implementasi Metode Technology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi Web Material Control Management di PT Tropical Electronic
    (2025-02-03) Zulwaqar Basil; Idris, Muhammad
    Penelitian ini bertujuan dalam merancang sebuah aplikasi berbasis web management material yang dibuat untuk PT Tropical Electronic pada proses pengerjaan masih menggunakan cara manual antara department production dan store sehingga menimbulkan kesalahan,rendahnya efisiensi dan kekeliruan data, seperti data riwayat dan data purchase order. Aplikasi web management material dirancang menggunakan pengembanganan sistem metode waterfall dengan framework Laravel dan database menggunakan MySQL, proses pengerjaan sistem ini akan melibatkan 3 user rule seperti Admin, Leader, dan Operator, sistem ini mengintegrasikan fitur incoming dan outgoing proses, sehingga data akan berkurang dan bertambah secara otomatis. Evaluasi sistem yang digunakan untuk pengujian sistem ini menggunakan metode Technoogy Acceptance Model (TAM) dengan hasil presentase persepsi Ease Of Use sebesar 80.13% dan persepsi Usefullnes sebesar 81.53% yang didapatkan melalui perhitungan Analisa deskriptif yakni skor kriterium dan skor hasil dari 50 responden, dari hasil presentase yang didapatkan menujuk skala Likert bahwa aplikasi termasuk dalam kategori setuju dari segi kemudahan dan segi kebermanfaatan dan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT Tropical Electronic.
  • Item
    Motion Graphic Sebagai Media Promosi Tim Marketing Batam TV
    (2025-02-20) Febrianto, Eric; Siahaan, Arta Uly
    Batam televisi merupakan stasiun televisi lokal pertama di Kepulauan Riau dan satu satunya stasiun televisi digital pertama di Batam dan Kepulauan Riau. Motion graphic company profile dan rate card Batam TV bertujuan untuk menyediakan informasi dengan media yang menarik kepada client tim marketing Batam TV mengenai informasi tarif pemasangan iklan dan program secara spesifik mulai dari waktu dan hari. Motion graphic sebagai media promosi ini dibuat menggunakan metode pengembangan dan validasi suatu produk yaitu luther sutopo. Sesudah produk siap diproduksi. Selanjutnya adalah menganalisa keefektifitasan motion graphic sebagai media promosi menggunakan EPIC model yang terdiri dari dimensi empaty, dimensi persuation, dimensi impact dan dimensi communication. Hasil analisis dan akumulasi data menggunakan EPIC model dengan persentase EPIC RATE didapatkan hasil nilai 4,45 Pada rentan skala epic model, 4.45 terletak di rentang nilai sangat efektif menandakan bahwa motion graphic company profile dan ratecard batam televisi efektif digunakan sebagai media promosi tim marketing Batam TV
  • Item
    EKSPLORASI GERAK ANIMASI MENGGUNAKAN LIMBER DI ADOBE AFTER EFFECTS
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-24) Arabian, Yourrdhan; Rahmi, Anis
    Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan plugin Limber dalam Adobe After Effects untuk mendukung penerapan 12 prinsip animasi, dengan fokus pada peningkatan efisiensi dan kualitas animasi 2D. Metode penelitian artistik (art-based research) digunakan untuk mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan kualitas animasi melalui praktik implementasi teknik rigging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Limber secara signifikan menyederhanakan proses rigging, meningkatkan produktivitas, dan memungkinkan alur kerja yang lebih efisien dibandingkan metode tradisional. Limber mendukung penerapan prinsip-prinsip animasi seperti squash and stretch, anticipation, staging, hingga timing, dengan hasil animasi yang lebih halus dan realistis. Berdasarkan wawancara dengan dua narasumber ahli, beberapa area seperti pengaturan center of gravity, variasi sudut kamera, serta pengelolaan timing dan spacing dapat lebih dioptimalkan. Studi ini menegaskan bahwa integrasi teknologi modern seperti Limber dengan prinsip animasi klasik dapat memenuhi tuntutan industri animasi yang terus berkembang.
  • Item
    Perancangan Bentuk Desain Anatomi Karakter yang Membentuk Kepribadian Karakter untuk Film Animasi Pendek 3D Berjudul EJA
    (2025-02-21) Corneo, Daffa Naufal; Zega, Selly Artaty
    Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain anatomi karakter yang membentuk kepribadian dalam film animasi pendek 3D berjudul “Eja”. Proses perancangan fokus pada penggunaan shape language, proporsi tubuh, siluet, dan ekspresi wajah untuk menciptakan karakter yang mampu menyampaikan kepribadian secara visual. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, analisis visual, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain anatomi mendukung kepribadian karakter. Beta, karakter utama, dirancang dengan proporsi tubuh proporsional dan postur tegas untuk mencerminkan sifat kepemimpinan dan antusiasme. The Cute Character memiliki kepala besar dan tubuh bulat, menciptakan kesan imut dan ramah, sedangkan The Screwball/Goofy Character memiliki bentuk tubuh tidak proporsional yang menonjolkan sifat humoris dan ceroboh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa desain anatomi yang tepat memperkuat narasi, mendukung karakterisasi, dan menciptakan hubungan emosional yang kuat antara karakter dan audiens. Setiap karakter tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memiliki kepribadian yang kuat dan mudah dikenali, memberikan dampak visual yang signifikan dalam film animasi Eja.