D4 Akuntansi Manajerial
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing D4 Akuntansi Manajerial by Author "Anjelina"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
- ItemPENGARUH PENGETAHUAN KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, LOKUS KONTROL DAN PENDAPATAN PADA PERILAKU KEUANGAN_Dinda Mandalika(Politkenik Negeri Batam, 2024-07-03) Asmi, Dinda Mandalika; AnjelinaPenelitian ini menyelidiki dampak Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Lokus Kontrol, dan Pendapatan terhadap Perilaku Keuangan di kalangan mahasiswa Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam. Populasi penelitian mencakup semua mahasiswa Akuntansi Manajerial angkatan 2020 di institusi tersebut. Dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sampel akhir sebanyak 126 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan mengumpulkan data melalui kuesioner. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan perangkat lunak smart partial least square (SmartPLS). Penelitian ini menekankan pentingnya pengetahuan keuangan, sikap keuangan, lokus kontrol, dan pendapatan terhadap perilaku keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Pendapatan memiliki pengaruh positif terhadap Perilaku Keuangan, sementara Lokus Kontrol tidak memiliki pengaruh terhadap Perilaku Keuangan.
- ItemPENGARUH PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN PADA ADOPSI LAYANAN FINTECH (STUDI KASUS PADA LAYANAN PEMBAYARAN DIGITAL SHOPPEPAY)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-01) Wangi, Harum Sekar; AnjelinaPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi risiko dan faktor kepercayaan mempengaruhi niat pelanggan untuk menggunakan layanan fintech seperti shopeepay. Data dikumpulkan melalui survey online dengan mengisi kuesioner menggunakan Google Form terhadap Jurusan Manajemen Bisnis dengan 366 Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Pengolahan data dilakukan dengan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel kepercayaan berbasis institusi berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, variabel kepercayaan berbasis karakteristik berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, variabel kepercayaan berbasis proses berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay dan variabel kepercayaan berbasis (institusi, karakteristik, dan proses) memediasi persepsi risiko berpengaruh positif terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay, sedangkan variabel persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap niat adopsi layanan fintech shopeepay