D4 Akuntansi Manajerial

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 40
  • Item
    Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kontrol Perilaku dan Kegunaan E-Bupot 21/26 Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) PURNAMA, GHERBY CHANDRA; ANJELINA
    Penelitian bertujuan untuk menganalisa dan menguji pengaruh persepsi kemudahan, persepsi kontrol perilaku dan persepsi kegunaan terkait implementasi e-Bupot 21/26 terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak. Adapun penelitian ini menerapkan jenis data kuantitatif dan melalui data primer yang didapat dari hasil pengisian kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dari hasil perhitungan menggunakan rumus Lemeshow. Responden yang mengisi kuesioner terdapat karyawan yang bekerja di posisi accounting, finance, tax & hrd yang perusahaannya ialah Wajib Pajak Badan di KPP Madya di Kota Batam. Sampel didapat melalui proses penerapan model analisis regresi linier berganda. Hasilnya menjelaskan, persepsi kemudahan, persepsi kontrol perilaku, dan persepsi kegunaan mengenai penerapan e-Bupot 21/26 berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan Wajib Pajak.
  • Item
    PENGARUH LAYANAN E-PAYMENT DAN ECOMMERCE TERHADAP KINERJA RANTAI PASOK (STUDI KASUS UMKM DI KOTA BATAM)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-01) Fauzia Bakris, Astri; Zelmiyanti, Riri
    Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi modern membuat dorongan serta peningkatan dalam proses digitalisasi berbagai domain dan sektor, termasuk sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh e-payment dan e-commerce terhadap kinerja rantai pasok (studi kasus UMKM di Kota Batam. Metode penelitian mempergunakan pendekatan kuantitatif dan sumber data yakni data primer yang didapatkan secara langsung dari responden berupa jawaban dari pertanyaan kuesioner yang sudah diberikan. Non probability sampling sebagai teknik penarikan sampel dan metode pengambilan sampel mempergunakan metode purposive sampling, sehingga memperoleh responden sebanyak 100 yang merupakan pelaku UMKM dan terdaftar di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskum) Kota Batam. Penelitian ini mempergunakan analisis data regresi linear berganda dengan program SPSS versi 20. Perolehan penelitian memperlihatkan bahwasanya kinerja rantai pasok dipengaruhi oleh e-payment dan e-commerce.
  • Item
    Pengaruh Kualitas Layanan Digital Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-04) Cahyani, Ardhea Pramesti; Lestari, Nanik
    Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengalisis bagaimana kualitas layanan digital mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah serta bagaimana peran kepuasan nasabah dalam memediasi pengaruh kualitas layanan digital terhadap loyalitas nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan diolah menggunakan aplikasi Smart-PLS versi 4. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner berupa Google Form yang disebarkan pada bulan Maret - April 2024. Populasi yang digunakan ialah seluruh nasabah BNI Kota Batam dengan teknik penarikan sampel purpossive sampling dan sampel yang berhasil dikumpulkan ialah sebanyak 100 responden nasabah BNI Cabang Batam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas layanan digital secara positif dan signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah, kepuasan nasabah secara positif dan signifikan mempengaruhi loyalitas nasabah, dan kualitas layanan digital secara tidak langsung mempengaruhi secara positif dan signifikan loyalitas nasabah melalui peran mediasi kepuasan nasabah.
  • Item
    Pembelajaran Inklusi Pajak Berbasis PBL: Proyek Pengembangan E-Filing Pajak Penghasilan Versi Edukasi
    (Journal of Applied Accounting and Taxation, 2023-10-31) Afifah, Jasmine; Arniati
    This research aims to determine whether a tax inclusion program through Project Based Learning (PBL) in developing an educational version of e-filing tax application can educate students about taxation and how to report taxes. The research also aims to understand the implications of tax inclusion through PBL in developing the educational version of e-filing tax application on students' tax awareness. The sampling was done using purposive sampling technique, with the criteria of fourth, sixth, and eighth semester students from the Department of Computer Engineering and the Department of Business Management at Batam State Polytechnic who were directly involved in the process of developing the educational version of e-filing tax application project. This research is a qualitative descriptive study. The results of this research show that the implementation of tax inclusion through PBL has successfully educated students about taxation. This includes understanding of PPh, NPWP, EFIN and the differences in SPT, which include SPT 1770SS, 1770S, and 1770 for individual taxpayers, and SPT 1771 for corporate taxpayers. The implications of the tax inclusion program through PBL have led to an increase in students' tax awareness, as evidenced by their understanding of tax benefits and their awareness and willingness to report and pay taxes.
  • Item
    Pengaruh Pengalaman Magang dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akuntansi
    (JAEMB, 2024-07-11) Silitonga, Rut Dame Rohayani; Mayasari, Mega
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengalaman magang serta motivasi kerja terhadap kesiapan kerja mahasiswa Akuntansi Manajerial. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 65 mahasiswa Akuntansi Manajerial pada salah satu perguruan tinggi vokasi di Indonesia. Teknik penarikan sampel menerapkan purposive sampling dengan kriteria mahasiswa aktif yang telah selesai melaksanakan program magang. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman magang berpengaruh terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Selain itu, motivasi kerja juga berpengaruh terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pengalaman magang dan motivasi kerja dapat meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa Akuntansi Manajerial, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja.