D4 Akuntansi Manajerial

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1754

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 130
  • Item
    EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MICRO CREDENTIAL DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA JURUSAN MANAJEMEN BISNIS DI POLITEKNIK NEGERI BATAM DARI PERSPEKTIF GENDER
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-18) Liza Mayasari, Niken; Amalia, Diah
    Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program micro credential dalam pembelajaran akuntansi ditinjau dari perspektif gender di Jurusan Manajemen Bisnis Politeknik Negeri Batam. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan bantuan Microsoft Excel, berdasarkan data kuesioner yang dikumpulkan dari mahasiswa dan dosen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum program micro credential dinilai efektif, dengan total penilaian mahasiswa sebesar 76,9%. Jika dilihat berdasarkan gender, mahasiswa laki-laki menilai sangat efektif (81,4%), sementara mahasiswi perempuan menilai efektif (77,9%). Penilaian dosen menunjukkan efektivitas yang lebih tinggi, dengan total keseluruhan 82,4%. Dosen laki-laki memberikan penilaian sangat efektif sebesar 83,6%, sedangkan dosen perempuan sebesar 85,4%. Meskipun partisipasi lebih banyak berasal dari perempuan, hasil menunjukkan bahwa mahasiswa laki-laki memiliki capaian hasil belajar yang relatif lebih tinggi pada beberapa mata kuliah tertentu. Temuan ini memberi wawasan penting bagi pengembangan pembelajaran berbasis micro credential ke depan.
  • Item
    PENGARUH PENGENDALIAN DIRI, OPTIMISME, PEMIKIRAN DELIBERATIF TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DENGAN MEKANISME PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI EMPIRIS PADA PEGAWAI TETAP BP BATAM)
    (2025-07-30) AURELIA ANDIMA NURFITRIANI AURELIA ANDIMA NURFITRIANI; Amalia, Diah
    Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pengendalian diri, optimisme, dan pemikiran deliberatif terhadap keputusan investasi pada pegawai tetap BP Batam, dengan perilaku pengelolaan keuangan sebagai mediator. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei dan analisis jalur, studi ini mengumpulkan data melalui kuesioner untuk variabel independen, mediasi, dan dependen. Penelitian yang dilakukan di BP Batam, melibatkan 100 pegawai dan memanfaatkan data dari sumber primer yang dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan Google Form. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SmartPLS versi 3.0 yang meliputi uji validitas, reliabilitas, dan regresi, serta uji asumsi klasik. Metode kuantitatif dipilih dikarenakan terdapat hipotesis yang ingin peneliti uji. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan objek penelitian adalah pegawai tetap BP Batam tahun 2023-2024. Sampel penelitian menggunakan metode probability sampling dengan 100 sampel. Penelitian menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa pengendalian diri dan optimisme tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan dan keputusan investasi, bahkan saat dimediasi oleh perilaku keuangan. Sebaliknya, pemikiran deliberatif dan perilaku pengelolaan keuangan terbukti menjadi faktor kunci yang signifikan. Pemikiran deliberatif memiliki pengaruh langsung dan positif pada perilaku pengelolaan keuangan serta keputusan investasi. Demikian pula, perilaku pengelolaan keuangan juga memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap keputusan investasi. Lebih lanjut, pemikiran deliberatif juga memberikan pengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap keputusan investasi melalui perilaku pengelolaan keuangan. Temuan yang kontras untuk pengendalian diri dan optimisme dibandingkan literatur lain dijelaskan melalui preferensi waktu dan bias overconfidence dalam kerangka Behavioral Life-Cycle Theory.
  • Item
    PENGARUH SOSIOECONOMIC, JOB PERFORMANCE, TAX OFFICERS JOB DAN TAX KNOWLEDGE TERHADAP TAX MORALE
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-18) Murfiqoh, Nurul Laili; Amalia, Diah
    Tingkat kepatuhan pajak UMKM masih menghadapi tantangan, salah satunya karena rendahnya tax morale. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh socioeconomic, job performance, tax officer job, dan tax knowledge terhadap tax morale pada pelaku UMKM di Kota Batam sebagai salah satu daerah dengan pertumbuhan UMKM yang pesat. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan data primer dari 100 responden. Dianalisis melalui regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa job performance, tax officer job, dan tax knowledge, terbukti secara signifikan mempengaruhi tax morale, sedangkan socioeconomic tidak menunjukkan pengaruh terhadap tax morale. Novelty penelitian terletak pada objek dan lokasi penelitian, yaitu pergeseran dari pedagang agrokimia di Ghana kepelaku UMKM di Batam. Perbedaan ini memberikan perspektif baru dan memperkaya literatur terkait faktor-faktor yang memengaruhi tax morale, khususnya pada konteks UMKM di Indonesia. Temuan ini memperkuat pentingnya aspek eksternal dan pengetahuan wajib pajak dalam membentuk kesadaran moral terhadap kewajiban perpajakan.
  • Item
    Pengaruh Fitur Produk, Citra Merek, Harga dan Pengaruh Sosial terhadap Niat Beli iPhone di Kota Batam
    (2025-07-14) Zulhani, Siti; Hasanah, Afriyanti
    Persaingan smartphone yang semakin ketat membuat iPhone perlu mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli dalam upaya memperluas pangsa pasarnya. Studi ini dilakukan guna bertujuan memahami pengaruh fitur produk, citra merek, harga dan pengaruh sosial terhadap niat beli iPhone di Kota Batam. Data yang dipakai ialah data primer didapat melalui penyebaran angket. Sampel berjumlah 100 orang dengan pengambilan teknik purposive sampling. Model analisis yang dipakai ialah Structual Equation Modeling (SEM) dan analisis path coefficient dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil studi ini memaparkan bahwasanya fitur produk, citra merek, harga dan pengaruh sosial memiliki pengaruh positif terhadap niat beli iPhone di Kota Batam. Hal ini dikarenakan pada uji hipotesis nilai P-Value berada di bawah 0,05 dan nilai T-Value melebihi 1,96.
  • Item
    4112011026_Artikel.pdf
    (2023-12-20) Safma, Maharani; Putri, Wika Arsanti
    UMKM merupakan salah satu solusi untuk menghadapi resesi dunia, sehingga perlu dilakukannya upaya untuk mempertahankan atau memperkuat UMKM di Indonesia. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan efektivitas kinerja UMKM Soto Padang Indah menggunakan metode balanced scorecard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif, serta pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Adapun tahap pertama diawali dengan analisis SWOT untuk membandingkan faktor eksternal dan faktor internal serta mengetahui posisi UMKM saat ini. Dari hasil analisis SWOT dapat ditentukan alternatif-alternatif strategi yang dapat dipilih oleh UMKM Soto Padang Indah. Selanjutnya identifikasi sasaran dengan membuatkan peta strategi untuk mempermudah memecahkan masalah berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan dan perspektif pelanggan sudah berjalan dengan baik. Namun, pada perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perlu dilakukan perbaikan dalam hal peningkatan promosi dan manajemen organisasi perusahaan untuk mencapai kinerja perusahaan yang efektif.
  • Item
    Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan
    (2024-07-16) Marlita, Indah; Lestari, Nanik
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui metode dokumentasi, berupa laporan keuangan tahunan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2015-2023. Populasi penelitian mencakup seluruh perusahaan manufaktur di subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, dengan sampel terpilih sebanyak 21 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
  • Item
    Apakah Industri Pelayaran Menjadi Pilihan yang Menarik untuk Investor? Studi Kasus PT Samudera Indonesia Tbk
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-03-31) Rajagukguk, Jenni Tesya Nathanya; Kuncoro, Risma Sugiarti; Setianingrum, Hanifah; Aprayuda, Riyadi
    Seiring dengan pemulihan ekonomi akibat pandemi, industri pelayaran kembali menguat karena perdagangan internasional yang kembali beraktivitas normal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi investasi dalam industri pelayaran dengan kondisi pasar semi-strongtahun 2018-2023 dan berfokus pada emiten SMDR. Purposive samplingmenjadi teknik penentuan sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak empat perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki ukuran setara. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Rasio Keuangan, Altman Z-Score, ValuasiAbsolut Discounted Cash Flowdengan model Free Cash Flow to The Firm, Valuasi Relatif Comparable Companies Valuation, serta Multiple Valuationdan diuji dengan Uji Sensitivitas dan Simulasi Monte Carlo. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas dan likuiditas perusahaan pelayaran meningkat sejalan dengan valuasi yang memiliki potensi kenaikan 63,84% dan probabilitas pertumbuhan sebesar 75%. Kontribusi penelitian ini memberikan gambaran industri pelayaran dapat menjadi pilihan investasi yang menarik di waktu yang akan datang.
  • Item
    Judul berkas
    (2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, Afriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.
  • Item
    Judul Berkas
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, Afriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.
  • Item
    Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee
    (2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, Afriyanti
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.