D4 Akuntansi Manajerial

Browse

Recent Submissions

Now showing 1 - 5 of 21
  • Item
    Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Tokopedia
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Simanjuntak, Ramos Ernesto; Sabrina, Nova
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta menganalisa Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Tokopedia dengan menggunakan analisis regresi berganda, Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepercayaan, keamanan, dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan dan semua variabel independen memberikan dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian untuk membeli di Tokopedia.
  • Item
    Peran Minat Investasi dalam Memediasi Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengetahuan Investasi Terhadap Keputusan Investasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Nababan, Riris Safetyana; Zaenuddin, Muhammad
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi keuangan dan pengetahuan investasi yang diperoleh mahasiswa melalui mata kuliah dan program mengenai investasi berpengaruh pada keputusan berinvestasi dan apakah minat investasi dapat memediasi pengaruh antara literasi keuangan dan pengetahuan investasi terhadap keputusan investasi mahasiswa Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Batam. Pendekatan kuantitatif digunakan pada penelitian ini dengan merumuskan pertanyaan penelitian melalui hipotesis sebagai jawaban sementara. Data primer berupa pernyataan-pernyataan diisi dengan kuesioner tertutup. Analisis data dilakukan dengan teknik Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) yang berfokus pada komponen atau varian dengan menggunakan uji measurement (outer model) dan uji structural (inner model) menggunakan aplikasi Smart PLS 4. Hasil penelitian yang diperoleh literasi keuangan dan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap keputusan investasi, minat investasi berpengaruh terhadap keputusan investasi, dan minat investasi dapat memediasi pengaruh antara literasi keuangan dan pengetahuan investasi terhadap keputusan investasi.
  • Item
    Pengaruh Promosi, Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Di Shopee
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-05) Ramadani, Emelia Nur Hannah; Anjelina
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, brand image dan harga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian scarlett whitening di shopee. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemakai produk scarlett whitening yang pernah melakukakn pembelian di shopee dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang masyarakat di kota Batam. Studi ini mempergunakan teknik Non Probability Sampling, khususnya teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilaksanakan melalui kuesioner. Metode analisis yang dipakai pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 20. Adapun Hasil studi menujukkan jika promosi, brand image, serta harga mengimplementasikan dampak positif serta substansial pada keputusan pembelian produk Scarlett Whitening.
  • Item
    Analisis Keputusan Pembelian Produk Mixue Melalui Faktor Harga, Kualitas Produk, Lokasi, dan Promosi
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-28) Widiyanto, Risky; Setiyanto, Adi Irawan
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Mixue. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner pada 100 pelanggan Mixue dari kalangan Gen Z. Lokasi penelitian berada di Kota Batam. Data diolah dengan bantuan SPSS. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel harga dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue, sedangkan variabel lokasi dan promosi secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Mixue.
  • Item
    Dampak Instrumen Keuangan PSAK 73 terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-08) Widyani, Annida; sinarti, sinarti
    Diadopsinya International Financing Reporting Standards (IFRS) 16 yang mewajibkan perusahaan untuk mencatat seluruh transaski sewa sebagai sewa pembiayaan, maka Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK 73) mulai berlaku di Indonesia sejak tanggal 1 Januari 2020. Penelitian dilakukan untuk menguji perbedaan kinerja keuangan perusahaan saat penerapan PSAK 30 dengan PSAK 73. Data penelitian bersumber dari data laporan keuangan pada sektor industri farmasi, sektor otomotif, serta industri wadah dan kemasan pada tahun 2018-2021 dengan total sampel penelitian sebanyak 120 observasi. Peneltian dilakukan dengan memperoleh data dari laman Bursa Efek Indonesia serta laman perusahaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan metode paired sample t-test untuk data berdistribusi normal dan wilcoxon signed rank test untuk data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan kinerja keuangan setelah diterapkan PSAK 73. Hal ini berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan meningkatnya liabilitas sewa dan beban bunga pada laporan posisi keuangan. Pencatatan kedua beban tersebut menyebabkan perusahaan mengalami penurunan laba yang dihasilkan.