D4 Akuntansi Manajerial
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing D4 Akuntansi Manajerial by Author "Arisandy, Salsabillah"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PARIWISATA HALAL MENGGUNAKAN KONSEP SMART TOURISM PADA MASJID SULTAN RIAYAT SYAH BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-05-24) Arisandy, Salsabillah; Zaenuddin, MuhammadPariwisata halal merupakan bagian dari industri pariwisata yang menyediakan layanan wisatawan dengan merujuk pada aturan-aturan islam. Dalam pengembangan pariwisata saat ini, berbagai daerah menawarkan pelayanan yang maju dan inovatif melalui penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi wisatawan yang sering disebut dengan Pariwisata cerdas (Smart Tourism). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan wisata halal di kota Batam salah satunya di Masjid Sultan Riayat Syah dengan menggunakan konsep smart tourism. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dengan kriteria, (1) Berdomisili Batam (2) Memiliki kompetensi di bidangnya (3)Bersedia memberikan informasi serta data yang dibutuhkan (4) Menguasai permasalahan yang menjadi topik penelitian. Data penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan kuesioner yang diisi oleh partisipan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis tematik untuk data wawancara dan analisis kuesioner dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Microsoft Excel. Untuk menjamin keabsahan data penelitian, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, memunculkan beberapa tema, seperti pengetahuan tentang pariwisata halal, potensi pengembangan pariwisata halal, pengetahuan tentang smart tourism, pengembangan smart tourism di Kota Batam, bentuk dukungan untuk pengembangan pariwisata halal, dan strategi promosi yang dilakukan. Sejalan dengan itu, hasil rating dari expert menunjukkan bahwa terdapat lima kriteria dan alternatif pembanding beserta bobotnya yang dipertimbangkan dalam mengembangkan pariwisata halal menggunakan konsep smart tourism pada Masjid Sultan Riayat Syah Batam dengan bobot tertinggi yaitu pemasaran pariwisata sebesar 0.201, destinasi pariwisata dengan bobot 0.200, industri pariwisata dengan bobot 0.199, SDM dengan bobot 0.193, dan kelembagaan pariwisata dengan bobot 0.182. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan pariwisata halal menggunakan konsep smart tourism pada Masjid Sultan Riayat Syah Batam sangat berpotensi untuk dilakukan, dimulai dari pemasaran pariwisata, destinasi pariwisata, industri pariwisata, Sumber Daya Manusia, dan kelembagaan.