Jurusan Teknik Informatika
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Jurusan Teknik Informatika by Subject "SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Education"
Now showing 1 - 4 of 4
Results Per Page
Sort Options
- ItemANALISIS PENERAPAN FITUR UNIFIED THREAT MANAGEMENT (UTM) FORTIGATE SEBAGAI FIREWALL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JARINGAN DENGAN PEMBATASAN AKSES APLIKASI SOSIAL MEDIA DAN PLATFORM STREAMING PADA PT. SANIPAK INDONESIA(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-10) Hastuti, Dessy Nur; Triwinarko, AndyIn the era of open internet connectivity, enterprises are faced with increasing security threats in the digital world. Therefore, protecting sensitive data and network performance are top priorities to achieve optimal operational performance. By implementing policies to restrict access to social media applications and streaming platforms, companies can strengthen defenses against cyber attacks such as phishing and optimize network infrastructure performance more effectively. This research uses the features provided by Fortigate 80F to block unauthorized applications and streaming platforms, as well as to perform real-time network traffic monitoring. Network performance is measured by applying Quality of Service (QoS) calculations that include throughput, packet loss, and delay parameters, which use TIPHON standards. The results of the research conducted at PT Sanipak Indonesia show that network security has been successfully improved by blocking phishing activities and network performance has also improved significantly, as evidenced by reaching index 4 on the TIPHON scale which indicates a high level of satisfaction.
- ItemANALISIS PERANCANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS 2D UNTUK PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK DI POLITEKNIK NEGERI BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Sugitriprasetyo, Handoko; Suandi, FadliThe problem of plastic waste has now penetrated the education sector so that a way is needed so that every academic community is more aware of the dangers of continuous use of plastic. The solution built in this research is a video in the form of an animation on how to reduce and manage plastic waste properly, as one of the information and education media for the campus academic community. The development method uses the method of Luther Sutopo. The resulting products are analyzed for feasibility as a medium of education and information for the academic community of the Batam State Polytechnic. The feasibility of the video was determined based on the perception of the Batam State Polytechnic community using the EPIC Model. The results are: (1) The resulting video is able to convey information about the dangers of using single use plastics well and is able to influence the audience to be aware and start reducing the use of single-use plastics in daily life; (2) Videos in the form of animation are very effective as a medium of information and education. This is based on the dimensions of the EPIC Model with an average achievement of 4,466 respondent perceptions.
- ItemPembuatan Video Eco-Green Tentang Penggunaan Tote Bag Sebagai Upaya Pengurangan Sampah Plastik Di Kota Batam(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-08) Saputra, M. Aji; Zega, Selly ArtatyPenggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari telah menciptakan dampak serius terhadap lingkungan. Di tengah peningkatan jumlah penduduk, kota-kota seperti Batam menghadapi tantangan besar dalam mengelola masalah sampah plastik. Salah satu solusi yang diusulkan adalah mengadopsi penggunaan tote bag sebagai alternatif yang ramah lingkungan. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menggunakan tote bag menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kesadaran melalui media komunikasi, khususnya media video, menjadi sangat penting untuk mengubah perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan penyebaran kuesioner untuk mengumpulkan data. Video eco-green yang dihasilkan dianalisis dari aspek materi dan media. Abstrak ini menyoroti perlunya tindakan konkret dalam menangani masalah sampah plastik dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan dampak lingkungan dari penggunaan plastik sekali pakai.
- ItemPengaruh Animasi 2D Dalam Meningkatkan Pemahaman Budaya Nusantara di Bali Pada Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-25) Rohadi, Alifia Diwi Maulidya; Prasetyaningsih, SandiSaat ini, pulau Bali menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, serta menarik minat mahasiswa untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk mempelajari budayanya. Program PMM merupakan suatu program yang dibangun untuk memberikan kesempatan dan pengalaman bagi mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi (PT) terkemuka di seluruh Indonesia untuk Belajar selama satu semester. Untuk meningkatkan pemahaman tentang kebudayaan nusantara di Bali terhadap para peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka diperlukan animasi 2D yang menarik dan mudah di pahami. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memperoleh pemahaman lebih dalam seberapa efektivitas pembuatan animasi 2D dalam meningkatkan pemahaman kebudayaan nusantara di Bali pada peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Bali. Metode kuantitatif dipilih dalam penelitian ini dengan desain quasi-eksperiment menggunakan dua kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk model pengujian, menggunakan uji T-test dengan hasil two-sided p = 0.156 < 0.05, selain itu, didapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.002 < 0,05 pada Test Mann-whitney. Kesimpulan yang didapat dari hasil 2 metode uji adalah kels eksperimen yang pemahamannya menggunakan video animasi 2D lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang pemahamannya tanpa melihat video animasi 2D.