Jurusan Teknik Informatika
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Jurusan Teknik Informatika by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 29
Results Per Page
Sort Options
- ItemIMPLEMENTASI APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK EFEKTIFITAS KUNJUNGAN INDUSTRI DI PT. SCHNEIDER ELECTRIC MANUFACTURING BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2022-08-10) Dwiputra, Budi; Prasetiya, HappyAugmented Reality atau biasa disingkat AR adalah teknologi yang menampilkan atau memvisualisasikan objek ke lingkungan dunia nyata secara real-time dalam 2D atau 3D. Aplikasi Augmented Reality ini didasarkan pada masalah PT. Schneider Electric Manufacturing Batam. Pada artikel ini bertujuan untuk membuat konsep di mana penerapan AR yang dapat memfasilitasi Tour Guide untuk efektivitas dalam memberikan informasi tentang PT. Schneider Electric Manufacturing Batam selama proses kunjungan industri. Di mana dibutuhkan media dalam bentuk aplikasi AR yang dapat membantu pemandu wisata untuk memperkenalkan lingkungan perusahaan. Aplikasi akan melakukan pemindaian tanda yang diberikan dan akan merilis informasi sesuai dengan tanda. Penggunaan aplikasi AR dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berbagai alat peraga dalam tampilan objek virtual 2D, pertama-tama pengunjung harus memindai barcode untuk mengunduh aplikasi.
- ItemSistem Informasi Geografi Untuk Zonasi Bahaya Kebakaran Lahan Dan Hutan Di Kota Tanjungpinang(Politeknik Negeri Batam, 2023-03-18) Gultom, Patar; Gustin, OktaviantoBencana Kebakaran hutan dan lahan adalah sebuah Peristiwa yang terjadi di permukaan dimana api membakar alam dan sekitarnya yang dapat merusak ekosistem di kawasan hutan dan lahan sekitarnya. Kebakaran hutan dan lahan menjadi salah satu bencana alam yang berbahaya. Kandungan karbondioksida (CO2) yang terdapat pada kabut asap yang berasal dari kebakaran lahan dan hutan dimana akan berdampak bagi dunia dan dapat mengakibatkan terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim dunia. Terdapat dua faktor penting penyebab kebakaran hutan, yaitu faktor alami dan faktor manusia. Faktor alami yaitu musim kering yang ekstrim. Sedangkan faktor manusia yaitu meliputi penggunaan api dalam persiapan lahan, adanya kekecewaan terhadap pengelolaan hutan, illegal logging, kebutuhan untuk makanan ternak, perambahan hutan, dan penyebab lainnya. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di Kota Tanjungpinang dengan beberapa parameter yang akan digunakan sehingga dapat membantu pengendalian dan mengurangi resiko kebakaran hutan dan lahan yang akan terjadi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skoring dan pembobotan, serta tumpeng susun (overlay) sehingga hasil yang diperoleh yaitu zona bahaya kebakaran lahan dan hutan di Kota Tanjungpinang dan dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa Kota Tanjungpinang memiliki tingkat bahaya kebakaran lahan dan hutan yang relatif rendah. Adapun 3 jenis zona bahaya yang diperoleh yaitu tingkat bahaya rendah memiliki luas wilayah sebesar 7255,58570 hektar (50,32%), tingkat bahaya sedang memiliki luas wilayah sebesar 4120,97584 hektar (28,58%), tingkat bahaya tinggi memeiliki luas wilayah sebesar 3043,23978 ha (21,10%).
- ItemAPLIKASI LELANG BARANG BERBASIS WEBSITE DI PT SCHNEIDER ELECTRIC MANUFACTURING BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-05-13) Putri, Friska Mei Lisa; Rokhayati, YeniPT Schneider Electric Manufacturing Batam memiliki asset yang sudah tidak terpakai. Maka dari itu, department Human Resource (HR) dan Indirect Procurement menginginkan asset yang sudah tidak terpakai tersebut dapat dimanfaatkan oleh karyawan, Perusahaan ingin memperjual – belikan asset tersebut dengan cara mengadakan lelang. Department Human Resource (HR) dan Indirect Procurement ingin membuat lelang secara online, oleh karena itu membutuhkan sebuah aplikasi berbasis website yang nantinya akan berfungsi untuk melelang asset. Dalam pengembangannya digunakan metode Waterfall yang merupakan salah satu pendekatan atau model pengembangan perangkat lunak yang mengikuti alur yang terstruktur dan berurutan. Adapun teknologi yang digunakan antara lain Sql Server sebagai database, C# sebagai Bahasa pemrograman, Bootstrap sebagai framework yang digunakan untuk bagian Front- End, ASP. Net Core MVC sebagai framework untuk bagian Back -End. Sistem ini dapat menghasilkan aplikasi berbasis website yang dapat memfasilitasi untuk melakukan lelang barang kapan saja, melihat pergerakan lelang barang melalui website.
- ItemPerancangan dan Analisis Naskah Komik One Shot Bertema Pelecehan Seksual: "Aku Harus Apa" Menggunakan Theory The Three Act Structure(Politeknik Negeri Batam, 2024-05-20) Hardiyanti, Astri; Dwi Harlyan, GendhyPenelitian ini menganalisis penerapan Three act structure pada naskah komik "Aku Harus Apa" dengan metode kuantitatif deskriptif. Hasil menunjukkan komik ini secara umum sudah menerapkan struktur 3 babak meski perlu penyempurnaan. Tanggapan positif dari responden dengan rata-rata skor 3,88 untuk naskah dan 3,95 untuk Three act structure. Namun, terdapat aspek yang dinilai masih perlu diperkuat, terutama pengenalan tokoh dan permasalahan pada babak pembukaan cerita. Masukan ahli dan tanggapan responden sejalan dalam perlunya penguatan babak pengenalan untuk mencapai kualitas cerita terbaik. Kesimpulannya, komik ini telah menerapkan Three act structure namun beberapa aspek masih harus diperkuat.
- ItemPengembangan Frontend Sistem Informasi Akademik & Layanan Mahasiswa (SILAM) Menggunakan Framework Next.Js(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Az-zahro, Sakinah Aulia; Sibagariang,SwonoSistem Informasi Akademik & Layanan Mahasiswa (SILAM) adalah portal web yang digunakan oleh Politeknik Negeri Batam untuk memberikan informasi dan layanan penting bagi mahasiswa, termasuk informasi tentang proses wisuda, layanan konseling, dan pelayanan Uang Kuliah Tunggal (UKT). SILAM, yang dikembangkan menggunakan PHP versi 5.6 tanpa framework, sudah dimanfaatkan oleh mahasiswa, namun menghadapi beberapa kendala dalam penggunaannya. Salah satu masalah utama pada frontend SILAM adalah kinerjanya yang lambat, yang mempengaruhi pengalaman pengguna dan tampilan tidak responsif saat diakses dari berbagai perangkat. Penelitian ini bertujuan untuk membangun kembali antarmuka frontend SILAM menggunakan framework Next.js versi 14.0.3 guna mengatasi berbagai masalah yang ada, dengan memperhatikan variabel kegunaan, kemudahan penggunaan, dan kepuasan, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan responsivitas tampilan bagi pengguna. Bahasa yang digunakan javascript (react), framework next.js dipilih adanya memiliki fitur client side rendering dan server- side rendering yang dapat meningkatkan performa frontend SILAM. Pengembangan web SILAM mencakup integrasi data melalui Application Programming Interface (API), yang berfungsi untuk mengambil dan menyimpan data dari backend ke frontend. Metode pengembangan yang diterapkan adalah User-Centered Design (UCD), yang terdiri dari tahapan berulang. Aplikasi diuji dengan metode black-box untuk mengevaluasi fungsionalitasnya, serta menggunakan System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ) untuk menilai aspek kebergunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga variabel usability memperoleh hasil sebagai berikut: usefulness sebesar 77,8%, ease of use sebesar 74,9% dengan kategori berguna, dan satisfaction sebesar 92,6% dengan kategori sangat puas. Secara keseluruhan, pengembangan web SILAM menggunakan framework Next.js usability menunjukkan nilai persentase 81,7%, dengan kategori sangat layak untuk digunakan.
- ItemAnalisis 3D Lighting Workflow: Animasi 3D "Laut Kite"(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-04) Alfayyadh, Muhammad Asaduddin; Zega, Selly ArtatyDalam proses produksi animasi 3D, waktu menjadi salah satu faktor tantangan yang perlu dihadapi. Salah satu tahapan produksi yang membutuhkan banyak waktu adalah tahapan lighting. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah lighting workflow yang terdefinisi dengan baik untuk menyederhanakan produksi dan memastikan konsistensi di seluruh proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa lighting workflow yang telah dirancang untuk proyek animasi 3D “Laut Kite”. Untuk memahami kelayakan lighting workflow yang telah dirancang, diterapkan metode penelitian kualitatif dengan wawancara terstruktur sebagai metode pengumpulan data. Penelitian ini akan membahas hasil analisis dan evaluasi lighting workflow yang digunakan pada proses produksi animasi 3D “Laut Kite”. Hasil dari penelitian ini adalah lighting workflow yang dioptimalkan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi berdasarkan standar lighting workflow pada industri.
- ItemEvaluasi Penerapan Standar ISO 27001 di Pusat Data X(Polieknik Negeri Batam, 2024-06-04) Lajuba,Sopia,Ayu; Triwinarko, Andypusat data X data center is an important part of Telkom Indonesia (Persero) and TelkomGroup's plan to make Indonesia a global digital hub. The data center plays an important role in storing and managing sensitive data to support the development of Indonesia's digital ecosystem. However, the challenge faced by pusat data X is to ensure that information security runs well in its operations. This assessment is crucial to evaluate the degree to which pusat data X has implemented necessary security practices to safeguard sensitive data and ensure operational reliability. The aim of this study is to determine the level of information security maturity at pusat data X and offer recommendations based on the assessment. Analysis of the current maturity level reveals that the detection aspect of information security has attained the highest level of maturity, scoring 4.75. However, there was the lowest score on the identification aspect, specifically on the sub-aspects of asset management, risk management, and reporting, which achieved a score of 4.61. The overall average maturity is 4.67. In addition, gaps between actual conditions and the ISO/IEC 27001:2022 standard were identified, and recommendations have been provided to improve alignment. By comprehending the degree of adherence to the ISO 27001 standard, strategies for enhancement and advancement can be formulated to bolster information security at pusat data X, thus aiding Indonesia's endeavors to materialize its vision as a globally recognized digital hub with a robust and fortified infrastructure.
- ItemAnalysis of Game Virtual Reality Mahakarya Vokasi Based on Player-Centered design (PCD) with User Experience Questionnaire (UEQ)(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-10) Marpaung, Rezky Anju Picent; Mu'minin, AmirulAbstract— This research describes the process of doing vocational work in a Virtual Reality (VR) adventure game called VR Mahakarya Vokasi. The game is designed to provide an interactive experience that allows players to engage directly in a virtual adventure using VR technology. The development process involves the design, implementation, and evaluation stages, focusing on vocational product content. This research is based on Player-Centric Design, which places the player at the center of attention. The User Experience Questionnaire (UEQ) method was used to assess the quality of user experience. User experience analysis of 20 respondents at the Vokasi Fest x Festival Kampus Merdeka event at Ismail Marzuki Park, Jakarta, on December 12-13, 2023. This research shows that the VR adventure game is considered “Worthy” of use, which aligns with the UEQ benchmark. Specific aspects include Attractiveness (Excellent), Stimulation (Good), Novelty (Above Average), Efficiency (Above Average), Dependability (Below Average), and Perspicuity (Below Average). Overall, this game, VR Adventure Mahakarya Vokasi, developed as a vocational work, is considered worthy of use.
- ItemANALISIS PENERAPAN FITUR UNIFIED THREAT MANAGEMENT (UTM) FORTIGATE SEBAGAI FIREWALL UNTUK MENINGKATKAN KINERJA JARINGAN DENGAN PEMBATASAN AKSES APLIKASI SOSIAL MEDIA DAN PLATFORM STREAMING PADA PT. SANIPAK INDONESIA(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-10) Hastuti, Dessy Nur; Triwinarko, AndyIn the era of open internet connectivity, enterprises are faced with increasing security threats in the digital world. Therefore, protecting sensitive data and network performance are top priorities to achieve optimal operational performance. By implementing policies to restrict access to social media applications and streaming platforms, companies can strengthen defenses against cyber attacks such as phishing and optimize network infrastructure performance more effectively. This research uses the features provided by Fortigate 80F to block unauthorized applications and streaming platforms, as well as to perform real-time network traffic monitoring. Network performance is measured by applying Quality of Service (QoS) calculations that include throughput, packet loss, and delay parameters, which use TIPHON standards. The results of the research conducted at PT Sanipak Indonesia show that network security has been successfully improved by blocking phishing activities and network performance has also improved significantly, as evidenced by reaching index 4 on the TIPHON scale which indicates a high level of satisfaction.
- ItemPerancangan dan Analisa Jaringan Wifi Hotspot di PT Labtech Penta Internasional Menggunakan Mikrotik(Polieknik Negeri Batam, 2024-06-11) FITRI, EKA SYAH; TRIWINARKO, ANDYThe expanding use of the internet in the digital era has become an essential necessity, spanning across organizational, educational, and business domains. PT Labtech Penta Internasional faces challenges in their business operations due to areas with blank spots and poor network access management. This leads to suboptimal network performance and delays in business processes. The NDLC method is employed to tackle these challenges in implementing hotspot networks. By leveraging the Network Development Life Cycle method at each stage to analyze problems, design, implement, monitor, and manage WiFi networks at PT Labtech Penta Internasional, efforts are made to mitigate blank spot areas by modifying and adding hardware in the blank spot areas. Access management is implemented to regulate the usage of the hotspot network with user credentials and user access. The objective of this research is to ensure more even coverage of WiFi signals across all areas and to establish effective network access management. The results of this study indicate that areas experiencing signal difficulties have received improved WiFi network access with better Signal Strength. Access management for users wishing to connect to the hotspot network includes user credentials and rate limits per user profile.
- ItemAbsenKita Sistem Absensi Menggunakan Wifi Berbasis Web Mobile(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-12) Tirta Chandra, Surya; Kurniawan, Dwi ElyPenilitian ini berfokus pada pengembangan system absensi “AbsenKita”, yang menggunakan jaringan Wifi sebagai koneksi utama dan arsitektur mikroservis untuk aplikasi berbasis web mobile. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang proses manajamen absensi, termasuk rekapitulasi absensi dan pengajuan cuti. Selain itu, penelitian juga menguji keterjangkaun system memlaui jaringan WIFI dan mengevalusi kinerjanya menggunakan alat Google Lighthouse dan model pengujian Web Vitals. Metrik Utama yang dievaluasi meliputi First Contentful Paint (FCP), First Input Delay (FID), Speed Index, Total Blocking Time (TBT), Largest Contentful Paint (LCP), dan Cumulative Layout Shift (CLS). Evaluasi ini bertujuan untuk menunjukkan efisiensi dan kehandalan sistem dalam kondisi nyata, sehingga menjadi landasan untuk pengembangan teknologi serupa di masa depan.
- ItemSistem Layanan Jasa Promosi Pada Perusahaan PT. Pasti Jujur Utama Berbasis Website(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-12) Cahayani, Dwi; Fatulloh, AgusPT. Pasti Jujur Utama atau yang biasa dikenal dengan ingold creative merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industry creative. Perusahaan ingold creative ini didirikan pada 28 Mei 2020 di Kota Batam. Untuk saat ini perusahaan belum memiliki website sistem layanan jasa promosi, dimana sistem layanan jasa promosi ini sangat penting karena sebagai gambaran perusahaan. Selain sistem layanan jasa promosi, saat ini untuk mengelola data barang perusahaan dan mencatat kontrak kerja sama masih menggunakan Microsoft Excel dan tidak terdokumentasi dengan baik. Maka dengan permasalahan tersebut membutuhkan suatu platform yang mewadahi permasalahan tersebut. Demikian penulis mengangkat judul “Sistem Layanan Jasa Promosi Pada Perusahaan PT. Pasti Jujur Utama Berbasis Website” sistem ini mewadahi informasi perusahaan yang dapat dilihat oleh masyarakat dan mendokumentasikan data barang perusahaan serta kontrak kerja sama. Sistem ini dibangun menggunakan Metode Waterfall.
- ItemANALISIS PERANCANGAN MEDIA ANIMASI BERBASIS 2D UNTUK PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK DI POLITEKNIK NEGERI BATAM(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-19) Sugitriprasetyo, Handoko; Suandi, FadliThe problem of plastic waste has now penetrated the education sector so that a way is needed so that every academic community is more aware of the dangers of continuous use of plastic. The solution built in this research is a video in the form of an animation on how to reduce and manage plastic waste properly, as one of the information and education media for the campus academic community. The development method uses the method of Luther Sutopo. The resulting products are analyzed for feasibility as a medium of education and information for the academic community of the Batam State Polytechnic. The feasibility of the video was determined based on the perception of the Batam State Polytechnic community using the EPIC Model. The results are: (1) The resulting video is able to convey information about the dangers of using single use plastics well and is able to influence the audience to be aware and start reducing the use of single-use plastics in daily life; (2) Videos in the form of animation are very effective as a medium of information and education. This is based on the dimensions of the EPIC Model with an average achievement of 4,466 respondent perceptions.
- ItemPENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI WAREHOUSE MANAGEMENT SYSTEM (WMS) BERBASIS WEBSITE PT. MCDERMOTT(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-24) Abdillah, Abdillah; Sibagariang, SwonoMcDermott is a leading provider of engineering and construction solutions in the energy industry. They provide infrastructure solutions to transform oil and gas responsibly. The warehouse management system is a web-based application used to record MTR, MIR documents, record Stock on Pipe items, transmitall MCG to Office and transmitall Office to MCG. MTR, MIR documents are incomplete so that employees have difficulty finding items to be issued (Laydown material transfer to Shop / Erection), while for Stock on Pipe data it can be said that it is still less effective, where everything is still done manually starting from data collection which is carried out by recording pipe data and then importing data into Microsoft Excel and also making it difficult for employees to find out the location of items accurately. data collection is relatively long, and the form of data collection is relatively long, relatively long data collection, and the form of Stock on Pipe and transmitall reports made in the form of hardcopy which can cause errors in data recording, make it difficult to search for data and can be feared for the loss of Stock on Pipe and transmitall data. The method used in building this system uses the SDLC (System Development Life Cycle) approach with the waterfall method. This method uses a systematic and sequential approach in which the stages begin with analysis, design, implementation, testing, and maintenance. This system was built using the PHP (Hypertext Preprocessor) programming language and as a database using Mysql. The development carried out successfully implemented all planned functional and non-functional requirements, and by running black box testing, all these needs function properly. The application of this system simplifies the work process by assisting in validating data, accurately locating items, helping to do document reporting and helping to do stock on pipes, thus helping users in the process.
- ItemEfisiensi pembuatan surat keterangan kerja melalui website employment letter di PT BIC(-, 2024-06-24) Umiati, Siti; Amadia, RiniThe proliferation of web applications has revolutionized the way businesses operate, including in the Real Estate sector. The Human Resource Management System (HRMS) is the main focus, with an emphasis on the need to improve the efficiency of the letter generation process. This research aims to develop an “employment letter” website to improve the efficiency of making employment letters at PT BIC. This research uses the prototype method involving company employees as users. The research results show that using the Employment Letter application is much faster and more efficient than the manual method. An employment letter is an important document that employees often need for various purposes, such as applying for a new job, applying for a loan, or other purposes. The current manual process is ineffective and time-consuming. This “employment letter” website will automate the process of creating letters, thereby increasing speed, accuracy, and ease of access for employees. Keywords: HRMS, information technology, website system, efficiency, letter writing, prototyping.
- ItemSISTEM INFORMASI REKRUITMEN KARYAWAN DENGAN METODE WATERFALL PADA PT.ECOGREEN OLEOCHEMICALS(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-25) Hindiargo, Gangga; Santiputri, MettaPT. Ecogreen Oleochemicals adalah perusahaan yang fokus pada produksi bahan kimia nabati yang ramah lingkungan. Untuk mencapai visinya sebagai pemimpin di bidang ini, perusahaan perlu karyawan berkualitas dan proses rekrutmen yang efisien. Saat ini, rekrutmen dilakukan secara manual menggunakan Google Form dan media sosial yang tidak efisien dan memakan waktu dalam sortir data pelamar. Isu yang dihadapi adalah kurangnya efektivitas dan efisiensi dalam proses rekrutmen yang ada. Oleh karena itu, PT. Ecogreen Oleochemicals memutuskan untuk mengimplementasikan sistem informasi rekrutmen karyawan yang lebih efisien. Metode yang digunakan dalam pembangunan sistem ini adalah metode Waterfall, yang melibatkan tahapan berurutan: perencanaan, analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Dengan pendekatan yang terstruktur dan terdokumentasi ini, perusahaan dapat memastikan sistem informasi yang dibangun sesuai kebutuhan. Dengan adanya sistem informasi ini, diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses seleksi dan sortir data pelamar, serta meningkatkan akurasi dan efisiensi. Hal ini akan membantu tim HR memilih karyawan yang berkualitas dan sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu, penggunaan sistem informasi akan mempercepat proses rekrutmen, sehingga posisi kosong dapat diisi lebih cepat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi sistem informasi rekrutmen berhasil dibuat menggunakan framework PHP yaitu Codeigniter dengan database MySQL, serta didukung dengan bahasa pemrograman CSS dan JavaScript. Aplikasi ini telah terbukti meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses rekrutmen di PT. Ecogreen Oleochemicals.
- ItemPengaruh Animasi 2D Dalam Meningkatkan Pemahaman Budaya Nusantara di Bali Pada Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-25) Rohadi, Alifia Diwi Maulidya; Prasetyaningsih, SandiSaat ini, pulau Bali menjadi destinasi wisata utama bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, serta menarik minat mahasiswa untuk mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) untuk mempelajari budayanya. Program PMM merupakan suatu program yang dibangun untuk memberikan kesempatan dan pengalaman bagi mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi (PT) terkemuka di seluruh Indonesia untuk Belajar selama satu semester. Untuk meningkatkan pemahaman tentang kebudayaan nusantara di Bali terhadap para peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka diperlukan animasi 2D yang menarik dan mudah di pahami. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat memperoleh pemahaman lebih dalam seberapa efektivitas pembuatan animasi 2D dalam meningkatkan pemahaman kebudayaan nusantara di Bali pada peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Bali. Metode kuantitatif dipilih dalam penelitian ini dengan desain quasi-eksperiment menggunakan dua kelas yaitu, kelas kontrol dan kelas eksperimen. Untuk model pengujian, menggunakan uji T-test dengan hasil two-sided p = 0.156 < 0.05, selain itu, didapatkan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) = 0.002 < 0,05 pada Test Mann-whitney. Kesimpulan yang didapat dari hasil 2 metode uji adalah kels eksperimen yang pemahamannya menggunakan video animasi 2D lebih besar dibandingkan kelas kontrol yang pemahamannya tanpa melihat video animasi 2D.
- ItemPELACAKAN SERTA PENGINPUTAN ASET DENGAN QR CODE ( SARANG MAS GROUP )(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-28) Irawan, Deni; Fani, MaidelAset adalah segala sesuatu yang berwujud maupun tidak berwujud yang mana memiliki nilai ekonomi dan masa ekonomis guna mendukung kegiatan operasional instansi atau organisasi. Sarang Mas Group sebagai induk untuk menaungi banyak perusahaan pun demikian, aset sangatlah penting dan pencatatan aset perlu di lakukan agar dapat melacak aset tersebut saat melakukan audit data aset per – perusahaan. Aset tersebut meliputi komputer, laptop, printer, atau alat – alat kantor lainnya. Selama ini pencatatan aset tersebut hanya dengan menggunakan invoice pembelian aset tersebut. Dari permasalahan tersebut diusulkan sebuah aplikasi pelacakan serta penginputan aset dengan QR Code berbasis web. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode prototyping sesuai dengan kebutuhan Sarang Mas Group. Aplikasi web berfungsi sebagai penginputan aset yang kemudian di cetak dalam bentuk QR Code dengan kode barang sebagai kata kunci. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP. Hasil pengujian seluruh fungsional pada aplikasi web diharapkan dapat berfungsi sesuai dengan kebutuhan pada Sarang Mas Group.
- ItemANALISIS USABILITY APLIKASI PENDETEKSI WARNA UNTUK MEMBANTU PENYANDANG BUTA WARNA DALAM MENDETEKSI WARNA PAKAIAN MENGGUNAKAN METODE USE QUESTIONNAIRE(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-01) Hasanah, Adinda Dwi Rizki; riwinoto, riwinotoButa warna atau Defisiensi Penglihatan Warna (CVD) merupakan kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam membedakan warna tertentu. Penyandang buta warna menghadapi tantangan dalam kegiatan sehari-hari seperti memilih pakaian, memasak, dan mengemudi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas aplikasi pendeteksi warna pakaian dalam membantu penyandang buta warna menggunakan model USE Questionnaire yang mengukur tingkat kegunaan, kepuasan, dan kemudahana penggunaan. Dengan 20 responden sebagai sampel penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat usefulness, ease of use, ease of learning, dan satisfaction yang signifikan, dengan nilai keseluruhan usability mencapai 85.25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi pendeteksi warna berbasis iOS efektif dalam membantu penyandang buta warna parsial dan total saat mendeteksi warna pakaian sehari-hari.
- ItemAplikasi Sistem Penilaian (Appraisal) Karyawan Berbasis Web (Studi Kasus: PT XYZ)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-02) Viradima, Putri; Santiputri, MettaIn the development of a company, human resources play a crucial role, and their performance quality can be assessed through employee evaluations. At PT. XYZ, the employee evaluation system is currently conducted manually, which is deemed ineficient and time-consuming. Given these challenges, a new evaluation system is needed to streamline and simplify the data collection and decision-making process regarding the continuation of each employee's contract. This web-based employee evaluation application can enhance the eficiency of the appraisal process and data accuracy, as well as help identify areas for employee development and support more targeted training programs. The software development method used is the waterfall method, as this method is suitable for building systems where all requirements have been clearly identified beforehand. This system also undergoes testing using the black box method, which focuses on software functionality. The technique used in this method is equivalence partitioning, where testing is conducted based on data inputs in each form to validate every function in the system.