D4 Teknologi Rekayasa Robotika
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1765
Browse
4 results
Search Results
Item Perancangan Sistem Kontrol dan Monitoring Mechanum Wheel Robot Berbasis Web(Politeknik Negeri Batam, 2023-12-22) RIYANDI RIYANDI; Prayoga, SenanjungRobot dizaman sekarang sangat berkembang pesat dengan segala macam jenis bentuk dari yang sederhana hingga yang sangat modern dan salah satunya adalah mobile robot. Dengan perkembangan yang robot ada, mobile robot cukup banyak digunakan di industri manufaktur. Jenis mobile robot yang banyak digunakan adalah Autonomous Mobile Robot (AMR) karena sangat prakatis dan efisien untuk digunakan dilingkungan perusahaan. Pada projek ini kami membuat sebuah web yang nantinya berfungsi sebagai sistem kontrol dan monitoring mobile robot. Dengan cara menentukan kemana robot akan bergerak pada denah web. Ketika denah pada web ditekan, akan muncul sebuah mark didenah dan koordinat pada text box. Robot akan bergerak menuju mark dan koordinat tersebut, lalu pengguna dapat mengirim data koordinat tersebut dari PC pengguna ke PC penerima data dengan menekan send button. Dan pengguna juga dapat memutar arah robot sesuai keinginan dengan mengeser slider yang ada pada web. Selain itu, kami juga melakukan percobaan pengiriman data berdasarkan kecepatan atau kekuatan jaringan, jarak antara PC dengan router dan jumlah sekat ruangan untuk mengetahui sebarapa pengaruhnya pengiriman data terhadap gangguan-gangguan tersebut. Dalam melakukan percobaan pengiriman data kami menggunakan stopwatch sebagai alatbantu untuk melalukan perhitungan kecepatan waktu dalam pengiriman data web dari PC pengguna ke PC penerima. Pada saat melakukan percobaan pengiriman data ternyata yang sangat berpengaruh adalah kecepatan dan kekuatan jaringan dalam pengiriman data.Item Data Acquisition Prototyping(2023) Syafriansyah, Aldi Roby; Fatekha, Rifqi Amalya; Fatekha, Rifqi AmalyaMikrokontroler adalah komponen umum yang digunakan untuk mengendalikan sistem elektronik. Untuk mengimplementasikan mikrokontroler sesuai dengan skema yang diinginkan, diperlukan proses pengunggahan (upload) program atau sketch. Jika ada perubahan skema program yang diinginkan, pengembang harus memodifikasi program tersebut dan mengunggah ulang sketch ke papan mikrokontroler. Hal ini tidak menjadi masalah jika sketch program yang di unggah tidak rumit, tetapi jika program yang di unggah rumit hingga dapat menyebabkan mikrokontroler not responding / freeze karna keterbatasan spesifikasi yang hanya bisa melakukan komputasi yang rendah. Agar mengurangi beban yang ditanggung mikrokontroler, skema pemrograman user dikerjakan oleh PC, dengan cara memerintahkan mikrokontroler menerima perintah dari PC dan meneruskan hasil pembacaan dari pin input ke PC dengan cara komunikasi UDP, dengan begitu mikrokontroler dialihfungsikan sebagai DAQ (Data Acquisition).Penelitian ini menggunakan Arduino Mega 2560 sebagai kontroler, Wiznet W5500 Lite, sebagai Modul komunikasi ke PC. Dengan konsep data akuisisi, maka ada latensi komunikasi antar device DAQ dengan PC, pada penelitian ini rata-rata latensi yang didapatkan adalah 4.99 ms. Sistem akuisisi data yang di teliti juga memiliki komponen switching, switching yang digunakan adalah optocoupler karena switching optocoupler memiliki keluaran tegangan yang stabil. Dengan cara tersebut dapat memungkinkan mengendalikan sistem elektronik dengan komputasi yang tinggi, dan memiliki keluaran yang stabil sesuai dengan suplai yang diberikan untuk pin output.Item Aplikasi GUI Trainer Kit Pick And Place Berbasis Augmented Reality(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-27) Afriandi, Muhammad Alif Sandi; Jamzuri, Eko RudiawanAugmented Reality dapat mengintegrasikan dunia digital dengan dunia nyata dan memberikan pengalaman melihat suatu objek 3D secara real-time. Ar dapat menjadi suatu platform pembelajaran bagi pengguna, dengan demikian memperkaya pengalaman dan daya tanggap pengguna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan dasar-dasar mengenai AR dan memberikan gambaran umum tentang penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dalam mengimplementasikan AR di berbagai sektor. Penelitian telah merangkum kegunaan AR yang dapat digunakan dalam beberapa industri. Menurut beberapa penulis yang telah ditinjau oleh rekan sejawat dari Scopus,Google Scholar,dll. Pemilihan literatur telah dibuat berdasarkan pada pentingnya AR belakangan ini. Penggunaan AR dapat menyajikan informasi singkat dan tepat tentang industry 4.0. pada penilitian ini agar AR dapat berjalan dengan baik diperlukan beberapa aplikasi seperti Unity, Vuforia, dan blender, beserta Trainer Kit sebagi objek yang akan ditampilkan menggunakan AR. Proses dalam industri menjadi sangat praktis dan informatif dikarenakan AR. Dikarenakan pembahasan AR masih dibilang sedikit oleh karena itu penelitian menyajikan tinjauan literatur yang sistematis mengenai aplikasi AR di berbagai sektor.Item Komunikasi Data pada Sistem SCADA Pick-and-Place Menggunakan OPC Server(Politeknik Negeri Batam, 2024-07) Prayogo, Muhammad Rifki; Jamzuri, Eko RudiawanKomunikasi data awalnya melibatkan pengiriman data teks melalui kabel telegraf. Namun, dengan munculnya komputer dan jaringan komputer, metode ini menjadi lebih canggih. Dengan adanya internet dan teknologi nirkabel, pentingnya komunikasi data semakin terasa. Komunikasi data sendiri merupakan kumpulan dari beberapa teknologi. Tujuan komunikasi data pada penelitian ini untuk memaksimalkan perkembangan komunikasi data pada sistem SCADA pick and place dengan menggunakan OPC Server. Dengan nirkabel, komunikasi data dapat mempermudah menghubungkan jaringan tanpa jaringan kabel ethernet. Dengan Unity, PLC dan SCADA, penelitian ini mengembangkan komunikasi data pada system SCADA di mesin pick and place menggunakan OPC Server, yang memiliki beberapa aspek dari perangkat keras dan perangkat lunak. Dengan data block pada TIA Portal dan memanfaatkan router pada jaringan komputer komunikasi data ini dapat dilakukan secara nirkabel. Pada Unity program C# dengan tambahan drivers sharp7, maka PLC Siemens s7-1200 ini dapat dikembangkan lagi dengan visualisasi objek secara waktu sebenarnya. Dengan menguji coba koneksi antara PLC ke unity dan OPC Server, dapat dibuktikan berdasarkan hasil tampilan dari rancangan text box Unity dan quick client dari OPC Server. Kemudian untuk selisih waktu program dan actual trainer kit pada 1 cycle time trainer kit terdapat 17 sequence. Waktu penyelesaian trainer kit secara aktual 25,7 detik sedangkan dari monitoring Labview membutuhkan waktu 26,6 detik. Komunikasi data yang telah di terapkan terdapat perbedaan waktu sekitar 0,9 detik. Dengan penelitian ini sebagai komunikasi data dapat dengan mudah ditransfer antara perangkat pick and place, memastikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Hal ini memungkinkan sistem bekerja secara terkoordinasi, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan kinerja keseluruhan sistem pick and place.