Artikel Ilmiah
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742
Browse
133 results
Search Results
Item Klasifikasi Seragam Loreng Tentara Indonesia Angkatan Darat dan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN)(2024-07-17) Hutahaean, Audrey Marito; DionoPenelitian ini membahas penerapan metode Convolutional Neural Network dalam mengklasifikasikan seragam loreng tentara Indonesia, khususnya seragam loreng TNI AD dan seragam loreng Kostrad. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem yang mampu mengenali dan mengklasifikasi seragam loreng tentara Indonesia menggunakan CNN serta mengimplementasikan arsitektur CNN ke ponsel Android. Penelitian ini penting untuk meningkatkan keamanan dan mencegah tindak kecurangan, seperti pencurian informasi dan penyamaran identitas yang sering terjadi di masyarakat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, model arsitektur CNN yang dikembangkan menunjukkan hasil sebagai berikut: pengujian menggunakan confusion matrix menghasilkan akurasi 98%, pengujian menggunakan data latih menghasilkan akurasi 98.3%, pengujian menggunakan kamera 96.4%, dan pengujian dengan data di luar kelas menghasilkan akurasi 54.54%. Model ini dapat bekerja dengan baik pada ponsel Android.Item Klasifikasi Seragam Loreng Tentara Indonesia Angkatan Darat dan Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Menggunakan Metode Convolutional Neural Network (CNN)(2024-07-17) Hutahaean, Audrey Marito; DionoPenelitian ini membahas penerapan metode Convolutional Neural Network dalam mengklasifikasikan seragam loreng tentara Indonesia, khususnya seragam loreng TNI AD dan seragam loreng Kostrad. Tujuan penelitian ini adalah merancang sebuah sistem yang mampu mengenali dan mengklasifikasi seragam loreng tentara Indonesia menggunakan CNN serta mengimplementasikan arsitektur CNN ke ponsel Android. Penelitian ini penting untuk meningkatkan keamanan dan mencegah tindak kecurangan, seperti pencurian informasi dan penyamaran identitas yang sering terjadi di masyarakat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, model arsitektur CNN yang dikembangkan menunjukkan hasil sebagai berikut: pengujian menggunakan confusion matrix menghasilkan akurasi 98%, pengujian menggunakan data latih menghasilkan akurasi 98.3%, pengujian menggunakan kamera 96.4%, dan pengujian dengan data di luar kelas menghasilkan akurasi 54.54%. Model ini dapat bekerja dengan baik pada ponsel Android.Item Smart Lock Sistem Deteksi Iris Mata Manusia(Politeknik Negeri Batam, 2025-06-16) Yaser Vio Rahmadani; DionoMata salah satu bagian dari tubuh penting bagi manusia sebagai Indera penglihatan, dari mata kita bisa mengenali orang dengan menggunakan alat elektronik pada system deteksi biometric iris mata. Pada Penelitian ini akan dilakukan deteksi biometric iris mata pada manusia secara langsung menggunakan sensor kamera IR. Tangkapan kamera yang dihasilkan seperti ekstraksi fitur pada citra iris mata akan diklasifikasikan menggunakan kecerdasan buatan, menggunakan Metode algoritma Scale Invariant Feature Transform (SIFT) dan Draw Keypoints. Kecerdasan buatan pada pendeteksian mata ini akan menghasilkan nilai akurasi pada pengenalan kemiripan mata yang akan dideteksi, sistem dari tahap input data dengan pengenalan iris mata yang akan dibaca menggunakan Keypoints dari metode SIFT, dengan akuisisi citra menggunakan kamera inframerah data di proses dan dihitung dari nilai akumulasi keypoint dari tiap citra. Output nilai akurasi dari hasil deteksi akan menentukan akses terbukanya kunci. Penelitian ini diharapkan bisa mendeteksi biometric iris mata, seseorang sehingga dapat mengenali dengan teknologi yang bisa digunakan untuk berbagai hal salah satunya kemaamanan suatu seperti contoh prototype yang akan dibuat untuk membuka sesuatu menggunakan deteksi iris mata.Item SISTEM MONITOR DAN KONTROL COUPLE TANK BERBASIS IoT MENGGUNAKAN PLC DAN HMI OMRON(2024-07-05) Wahyudi, Diki; Ibrahim, Maulana; Zulkifli, Muhammad; Rudin, KamaCouple Tank is a tank system consisting of two or more tanks connected by pipes. In the pipe there is a valve to control the flow of water from one tank to another. So someone has to go to the valve and turn it if they want to stop or start the water flow manually, which will take time and energy. So it has the potential to increase human error when the valve rotation is too late or too fast. Therefore, an IoT-based tank system was developed which can simplify and speed up controlling the water level in the tank. In this system, a pressure sensor is used to read the water level in the tank and a servo valve to regulate the water level is connected to the Omron PLC I/O module. HMI NB10W-TW01B and PLC are connected to form an interface that can monitor and control the water level in the tank. PLC will be used for the PID control system.Item Monitor dan Kontrol Couple Tank Berbasis IoT(Politeknik Negeri Batam, 2025-06-10) Ibrahim, Maulana; Zulkifli, Muhammad; Wahyudi, DikiCouple Tank adalah suatu sistem tangki yang terdiri dari 2 tangki atau lebih yang dihubungkan dengan pipa. Di dalam pipa terdapat katup atau valve untuk mengontrol aliran air dari satu tangki ke tangki lainnya. Sehingga seseorang harus menuju ke katup dan memutarnya bila ingin berhenti atau mulai aliran air secara manual yang akan memakan waktu dan tenaga. Sehingga berpotensi meningkatkan human error ketika putaran katup terlambat atau terlalu cepat. Oleh karena itu, dikembangkan sistem tangki berbasis IoT yang dapat mempermudah dan mempercepat pengendalian ketinggian air di dalam tangki. Pada sistem ini digunakan sensor tekanan untuk membaca ketinggian air di dalam tangki dan servo valve untuk mengatur ketinggian air dihubungkan dengan modul I/O PLC Omron. HMI NB10W-TW01B dan PLC dihubungkan membentuk antarmuka yang dapat memantau dan mengontrol ketinggian air di tangki. PLC akan digunakan untuk sistem kendali PID.Item Perbandingan Performa Support Vector Machine (SVM) dan k-Nearest Neighbors (kNN) dalam Memverifikasi Orientasi Material(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-23) Utama, Eldio; Jamzuri, Eko RudiawanDalam manufaktur otomatis, memverifikasi orientasi bahan sangat penting untuk memastikan perakitan produk berjalan tanpa kesalahan. Misalnya, dalam industri minuman, orientasi material yang salah, seperti tutup botol, dapat menyebabkan kegagalan dalam proses pengemasan, yang mengakibatkan botol tidak tersegel dengan benar yang dapat membahayakan kualitas dan keamanan produk. Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma Support Vector Machine (SVM) dan k-Nearest Neighbors untuk memverifikasi verifikasi orientasi material melalui inspeksi optik otomatis. Gambar diproses menggunakan Inception V3 Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengekstrak fitur gambar yang relevan, yang kemudian diklasifikasikan menggunakan algoritme SVM dan kNN. Hasilnya, kedua metode tersebut mencapai kinerja klasifikasi yang sempurna, dengan akurasi klasifikasi, presisi, recall, dan F1-score sebesar 1,0. Namun, kNN menunjukkan efisiensi komputasi yang lebih unggul, dengan waktu pelatihan 1,126 detik dan waktu pengujian 0,713 detik, dibandingkan dengan waktu pelatihan SVM yang mencapai 3,101 detik dan waktu pengujian 1,479 detik. Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun kedua metode tersebut sangat efektif untuk verifikasi orientasi material, kNN menawarkan keuntungan yang signifikan dalam hal kecepatan komputasi, sehingga lebih cocok untuk aplikasi real-time. Implikasi dari penelitian ini menyoroti potensi untuk mengintegrasikan metode yang diusulkan dalam aplikasi industri, mempromosikan peningkatan efisiensi dan mengurangi tingkat kesalahan dalam jalur perakitan otomatisItem MONITORING SCADA PLANT TEMPERATURE MENGGUNAKAN HMI(Politeknik Negeri Batam, 2024-02-23) Muhammad Arravi Muhammad Arravi; Gautama Darmoyono, AdityaSCADA Merupakan suatu sistem pengolahan database yang terintegrasi yang berfungsi mengawasi, pengendalian dan mendapatkan data secara akurat setiap waktu atau realtime. Dengan adanya SCADA beberapa industri mulai menggunakan teknologi tersebut karena dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengendalikan suatu proses. SCADA (Supervisory Control And Data Achquisition) dibangun untuk melakukan pengawasan (monitoring) dan pengendalian (controlling) sistem secara terpusat. Agar proses pengendaliannya dapat dilakukan dengan mudah dan berjalan terus menerus maka digunakan Programmable Logic Controller (PLC) sebagai alat pengendali. PLC adalah suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi yang menjalankan fungsi yang spesifik. PLC sangat diminati karena menjamin kualitas produk yang dihasilkan, mempersingkat jangka waktu produksi dan mengurangi biaya untuk tenaga manusia. SCADA memiliki fungsi sebagai telemetery dan telecontrol. Dengan fungsi-fungsi tersebut, Sistem SCADA memiliki kelebihan dapat melakukan pengawasan sekaligus pengendalian banyak plant yang letaknya berjauhan. Temperatur Measurement and Control Plant dengan sistem akuisisi data berbasis PLC CP1H dan Tampilan HMI/Antarmuka menggunakan aplikasi Indusoft Web Studio. PLC CP1H mendukung pengembangan pembelajaran pada pengukuran dan pengendalian proses. Dari hasil pengujian terlihat kedua Tetmokapel yang digunakan memiliki karakteristik linier sesuai dengan spesifikasi sensornya. Hasil pengujian sistem akuisisi data, dan hasil pengukuran dari sensor termokapel J suhu naik nilai selisih rata-rata sebesar 29,73 – 44,91 C° dan nilai persen error sebesar 0,01%. Pada suhu turun nilai selisih rata-rata sebesar 30,00 – 45,00 C° dan nilai persen error sebesar 0,00%. hasil pengukuran dari sensor termokapel K suhu naik nilai selisih rata-rata sebesar 30,00 – 45,27 C° dan nilai persen error sebesar 0,01%. Pada suhu turun nilai selisih rata-rata sebesar 31,55 – 44,91 C° dan nilai persen error sebesar 0,00% berdasarkan nilai Temperatur pada tampilan HMI/Antarmuka dan nilai temperatur pada Termometer.Item STUDI KASUS PRESSURIZATION AIR CONDITIONING KIT PACK 1 FAULT PADA PESAWAT A320(2025-01-25) Asatullah Asatullah; Dzufiqar, Alif, Mohamad; Batubara, Hardina, NindaPesawat Airbus A320 memiliki dua sistem pendingin yang di sebut dengan Pressurization Air Conditioning Kit (PACK). Pressurization Air Conditioning Kit (PACK) adalah salah satu sistem untuk mendukung kenyamanan penumpang pada pesawat terbang. Sistem ini di gunakan pada saat pesawat udara di operasikan. Namun seringkali terjadi permasalahan pada sistem Pressurization Air Conditioning Kit (PACK), salah satu masalah yang di alami adalah indikasi pack 1 fault pada saat tombol ditekan yang di sebabkan karena pack flow control valve yang tidak berfungsi dengan baik. Flow Control Valve adalah bagian dari Air Conditioning Kit Pack. Jika Flow Control Valve bermasalah maka berdampak kepada kinerja Air Conditioning Kit (PACK). Tujuan studi ini adalah untuk membahas masalah yang terjadi pada sistem Pressurization Air Conditioning Kit (PACK) agar dapat mengetahui penyebab terjadinya pack 1 fault pada saat tombol ditekan dan penanganan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tahapan yang dilakukan dengan cara mempelajari fungsi komponen dan cara kerja sistem dengan menggunakan referensi Airbus A320 Aircraft Maintenance Manual (AMM) system description section and procedures, melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan referensi Trouble Shooting Manual (TSM) dan melakukan pengetesan menggunakan referensi Aircarft Maintenace Manual (AMM) yang bertujuan untuk memastikan permasalahann yang terjadi telah terselesaikan.Item Analisis Pengaruh Bentuk Lambung Terhadap Hambatan dan Stabilitas Pada Inland Passenger Vessel di Sungai Danube, Hungaria(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-20) Rifai, Muslim Syaifullah; Cahyagi,Danang; Fyona, AnnisaSungai Danube merupakan jalur perairan vital di Eropa yang mendukung transportasi dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh bentuk lambung kapal penumpang inland waterways, yaitu monohull dan catamaran, terhadap nilai hambatan dan stabilitas kapal di Sungai Danube. Data menunjukkan bahwa selama sembilan bulan di tahun 2021, terjadi pengangkutan kargo signifikan di wilayah ini, dengan Budapest sebagai salah satu pusat pariwisata utama. Metodologi yang digunakan meliputi analisis hambatan menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance dan perhitungan manual dengan metode Holtrop. Hasil menunjukkan bahwa lambung catamaran memiliki nilai hambatan dan daya lebih tinggi dibandingkan monohull, meskipun keduanya dirancang dengan spesifikasi yang sama. Analisis stabilitas dilakukan menggunakan Maxsurf Stability Enterprise, menunjukkan bahwa stabilitas lambung monohull tidak memenuhi kriteria IMO pada beberapa kondisi pembebanan, sementara catamaran memenuhi semua kriteria yang ditetapkan. Dalam hal efisiensi bahan bakar, kapal monohull lebih unggul, mampu melakukan sembilan trip per pengisian bahan bakar, sedangkan catamaran hanya delapan trip. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa meskipun lambung monohull lebih efisien dalam hal hambatan dan konsumsi bahan bakar, lambung catamaran memiliki keunggulan dalam stabilitas. Temuan ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan desain kapal penumpang yang lebih baik dan sesuai dengan karakteristik Sungai Danube.Item ALAT PEMBUKA PINTU OTOMATIS BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN HIDROLIK(2024-11-09) Sixmi Amrullah, Muhammad Rizki; Jefiza,AdlianThis innovation introduces a device designed to automatically open or close doors using voice commands from registered users. The device utilizes voice recognition technology connected to a hydraulic locking system. By incorporating a microphone and sound module, this device can recognize and respond to voice commands, allowing users to open the door without the need for a physical key. The aim of developing this device is to enhance convenience and security in accessing doors, enabling users to rely solely on their voice. Additionally, the device is equipped with an emergency button that allows for manual door opening in case of technical issues or emergency situations. This innovation is expected to provide a practical and efficient solution for door locking systems. The method used involves research and development based on previous studies. The results of this device have successfully been created in the form of a prototype. Keywords: sound module, hydraulic, microphone