Artikel Ilmiah
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742
Browse
1346 results
Search Results
Item IDENTIFIKASI LIMITASI DENT PADA FUSELAGE SKIN PESAWAT BOEING 737-800(Politeknik Negeri Batam, 2025-02-07) Ramadhani, Dwi Fikri; Nova, Mohammad Andi; Satoto, Sapto WiratnoAbstrak Penelitian ini membahas tentang kerusakan dent pada fuselage skin pesawat Boeing 737-800, yang sering terjadi akibat berbagai faktor, termasuk tabrakan burung dan tumbukan selama proses pemeliharaan yang disebabkan oleh tangga pemeliharaan, tangga penumpang (garbarata), maupun gerobak pengangkut bagasi penumpang. Dent ini dapat memengaruhi kekuatan struktural dan aerodinamika pesawat. Oleh karena itu, analisis terhadap limitasi kerusakan dent sangat penting untuk memastikan keselamatan penerbangan. Dalam studi ini, langkah-langkah pemeriksaan kerusakan dilakukan melalui DVI (detail visual inspection), pengukuran menggunakan vernier caliper, deepth gauge dan NDT (Non-Destructive Testing) dengan metode eddy current untuk mendeteksi adanya kerusakan tambahan seperti crack pada sekitaran area dent. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa dent memiliki ukuran panjang 2,36 inci, lebar 1,57 inci, dan kedalaman 0,094 inci, menghasilkan rasio W/Y sebesar 16,70. Berdasarkan referensi dari SRM (Structural Repair Manual), dent tersebut melewati dalam batasan yang diperbolehkan, memerlukan perbaikan permanen. Oleh karena itu, langkah-langkah perbaikan yang sesuai dengan SRM akan dilaksanakan, termasuk reformasi bentuk skin hingga dilakukannya pengecatan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan dalam penanganan kerusakan dent di industri penerbangan untuk menjaga keselamatan dan kelayakan operasional pesawat. Abstract This research discusses dent damage on the fuselage skin of the Boeing 737-800, which frequently occurs due to various factors, including bird strikes and collisions during maintenance processes caused by maintenance stairs, passenger boarding stairs (jet bridges), or baggage trolleys. Dents can affect the structural integrity and aerodynamics of the aircraft. Therefore, analyzing the damage limitations of dents is crucial to ensuring flight safety. In this study, the steps for inspecting damage were carried out through DVI (Detailed Visual Inspection), measurements using a vernier caliper, depth gauge, and NDT (Non-Destructive Testing) using the Eddy Current method to detect additional damage, such as cracks, around the dent area. The measurement results show that the dent has a length of 2.36 inches, a width of 1.57 inches, and a depth of 0.094 inches, resulting in a W/Y ratio of 16.70. Based on the reference from the SRM (Structural Repair Manual), this dent exceeds the allowable limits and requires permanent repair. Therefore, the necessary repair steps in accordance with the SRM will be implemented, including skin shape reform followed by repainting. This study is expected to provide guidance on handling dent damage in the aviation industry to maintain the safety and operational viability of the aircraft.Item UJI KETELITIAN TINGGI MOSAIK ORTHOPHOTO KAMPUS POLITEKNIK NEGERI BATAM DENGAN PENGUKURAN WATERPASS(Politeknik Negeri Batam, 2026-02-04) pangestu, yoni; Rassarandi Dinda, FaroukiMosaik foto udara merupakan himpunan dari beberapa foto udara yang saling behubungan satu sama lain, sehingga akan menampilkan kesatuan foto udara yang memiliki cangkupan gambar secara lebih menyeluruh (Wolf, 1993). Mosaik foto udara sudah mengalami banyak perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Mosaik foto udara secara otomatis atau digital merupakan wujud nyata dari perkembangan teknologi. Mosaik foto udara otomatis atau digital memiliki kelebihan dari cara pengoprasian yang mudah, dan waktu pengerjaan relatif singkat. Perkembangan teknologi fotogrametri banyak menciptakan metode dan software pendukung secara otomatis (Mabrur, 2019). Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai elevasi dari model mosaik orthophoto dan memperoleh nilai elevasi beda tinggi pda mosaik orthophoto dari hasil pemotretan Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Untuk mengetahui apakah pemetaan bidang tanah menggunakan wahana UAV memenuhi standar ketelitian geometri dari BIG, maka perlu dilakukan pengujian mengenai ketelitian geometri pada pemetaan bidang tanah menggunakan wahana pesawat tanpa awak atau UAV. Pengujian ketelitian geometri dilakukan dengan berpedoman pada Perka BIG Nomor 15 Tahun 2014. Dari pengujian yang dilakukan, seluruh orthofoto yang dihasilkan memenuhi standar ketelitian geometri peta RBI dimana nile CL 90 sebesar 0,745. Berdasarkan hasil pengujian ketelitian geometris, semua orthofoto yang dihasilkan dari pengolahan foto udara menggunakan perangkat lunak Agisoft PhotoScan yang dilakukan dalam penelitian ini dapat digunakan sebagai peta dasar karena memenuhi klasifikasi ketelitian geometri peta RBI skala 1 : 5.000 kelas 1 sesuai dengan Perka BIG Nomor 15 Tahun 2014.Item PENGARUH TAX BURDEN, TUNNELING INCENTIVES, FOREIGN OWNERSHIP DAN BONUS MECHANISM TERHADAP TRANSFER PRICING(Politeknik Negeri Batam, 2025-05-05) Ananda, Silvia; Sumarna, Alfonsa DianTransfer pricing merujuk pada penetapan harga barang, jasa dan aset tidak berwujud yang diperdagangkan antara entitas terkait seperti antar perusahaan afiliasi atau anak perusahaan dalam suatu perusahaan multinasional. Pada implementasinya, transfer pricing perlu dilakukan dengan mengindahkan prinsip harga wajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tax burden, tunneling incentives, foreign ownership dan bonus mechanism terhadap keputusan penetapan transfer pricing pada perusahaan sub sektor minyak, gas & batu bara dan pendukungnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada rentang tahun 2021 - 2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling dari perusahaan sub sektor minyak, gas & batu bara dan pendukungnya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada rentang tahun 2021 - 2023 sebanyak 31 perusahaan dengan jumlah data observasi sebanyak 93. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari situs web Bursa Efek Indonesia, database OSIRIS maupun situs web perusahaan itu sendiri. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel, yang mencakup uji T dan uji F, dan diolah menggunakan program Eviews v12. Hasil pengujian menunjukkan varibel tax burden dan tunneling incentives berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing sedangkan variabel foreign ownership dan bonus mechanism tidak berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Namun hasil uji simultan yakni tax burden, tunneling incentives, foreign ownership dan bonus mechanism secara bersama-sama berpengaruh terhadap transfer pricing.Item Analisis Penerapan Teknik Viseme Method Pada Animasi Ficusia(Politeknik Negeri Batam, 2025-05-07) Filbert, Adric; Zega, Selly ArtatyBerdasarkan wawancara dengan tim animator Ficusia dan profesional dari Infinite Frameworks Studios, ditemukan bahwa gerakan bibir dan dagu pada Ficusia terlalu cepat, sehingga terlihat kurang realistis. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas animasi lip-sync dalam Ficusia menggunakan viseme-based method, yang memungkinkan gerakan bibir dan dagu lebih natural. Viseme-based method dipilih karena lebih cocok untuk animasi 3D, menghasilkan gerakan bibir yang halus dan terintegrasi dengan ekspresi wajah dibandingkan metode phoneme-based yang cenderung kaku. Pendekatan kualitatif studi kasus dilakukan pada episode pertama Ficusia, yang memiliki adegan dengan bentuk mulut manusia dominan. Data primer diambil dari wawancara dengan animator dan supervisor berpengalaman, sementara data sekunder berasal dari literatur seperti Animation Survival Kit dari Richard William dan Stop Staring, facial modeling and animation done right dari Por Jason Osipa. Hasil menunjukkan bahwa viseme-based method dapat meningkatkan kualitas lip-sync, menciptakan animasi yang lebih natural, dan memperbaiki integrasi antara gerakan bibir dan ekspresi karakter. Metode ini dinilai efektif oleh profesional animasi dan diharapkan menjadi referensi untuk produksi animasi 3D dengan lip-sync yang realistis.Item STUDI KASUS PENYEBAB TOILET “A” INOPERATIVE PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-24) Maskur Maskur; andi nova, muhammadWaste system merupakan salah satu dari sistem pada pesawat yang berfungsi untuk membuang limbah guna menjaga kebersihan dan kenyamanan selama penerbangan. Limbah yang dihasilkan berasal dari lavatory, galley, dan saluran air pembuangan pada pintu pesawat. Lavatory merupakan sebuah ruangan dengan toilet dan wastafel atau biasa juga disebut kamar mandi. Toilet adalah bagian dari waste system yang paling penting pada pesawat. Pesawat Boeing 737-900 ER dilengkapi dengan tiga lavatory, yaitu satu diarea kabin depan (Lavatory A) dan dua di kabin belakang (Lavatory D & E). Salah satu permasalahan yang sering terjadi selama perawatan pesawat adalah toilet yang tidak berfungsi (Toilet Inoperative) pada lavatory. Dalam situasi ini, diperlukan penanganan yang tepat berdasarkan aircraft manual serta penerapan metode Observasi, Analisa, Literature, untuk mengidentifikasi kerusakan pada setiap komponen dengan cara melakukan pengujian terhadap komponen terkait. Tujuan dari laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab Toilet A Inoperative pada saat flush switch ditekan pada lavatory dan bagaimana cara penyelesaiannya. Berdasarkan aircraft manual yaitu, fault isolation manual (FIM) terdapat 7 kemungkinan penyebab/possible causes single toilet inoperative. Hasil pengujian terhadap komponen terkait sesuai dengan possible causes pada FIM ditemukan flush valve obstructed yaitu stuck closed sebanyak 8 kasus dari bulan juli 2024 hingga desember 2024. Setelah dilakukan penggantian komponen dengan yang baru sesuai dengan aircraft maintenance manual dan dilakukan pengetesan pada flush valve dengan melihat indikator berupa pergerakan komponen terkait, toilet beroperasi dengan normal.Item Monitoring Temperature For Natural Convection Oven at PT Daihan Labtech(Politeknik Negeri Batam, 2025-01-23) Pardosi, Ockmond Beruntung Irico; Arifin,MuhammadPT Daihan Labtech is a foreign company from Korea based in Indonesia located at Batamindo Industrial Park, Jalan Randu No Lot 111, Muka Kuning, Batam. This company has some divisions: General Laboratory Equipment, BioMedical, Env. Bio Chamber/Room Division, Industrial Drying Test Chamber, Industrial Test Chamber, Lab Metal Furniture, and Restaurant Refrigerator. A laboratory oven is a device used to heat or dry materials within a stable temperature control environment. These ovens are used for various purposes in laboratory activities, such as drying samples, sterilizing equipment, testing product stability, or performing other processes that require a specific temperature and a strictly controlled environment. Typically, laboratory ovens are equipped with digital temperature controls and sensors to ensure consistent and accurate temperatures throughout the process. There is a change in the heater model in the natural convection oven so that it is necessary to monitor the temperature to get a consistent temperature in accordance with company specifications.Item Identifikasi Penyebab Shoulder Wear Main Wheel Tyre pada Pesawat Boeing 737-900ER(2025-02-04) Randy, Maulana; ROSSBANDRIO, WOWO; Havwini, TianPada transportasi pesawat udara keselamatan adalah hal yang paling utama, namun ketepatan waktu dan efisiensi tetap menjadi perhatian bagi maskapai. Perawatan pesawat udara telah ditentukan oleh pabrik dan wajib menjadi standar acuan bagi maskapai dalam melaksanakan perawatan pesawat udara. Salah satunya adalah komponen ban yang harus selalu dalam keadaan baik. Namun dalam operasinya ditemukan kondisi ban pesawat dalam keadaan aus sebelum waktunya yakni shoulder wear, sehingga menyebabkan terjadinya kerugian-kerugian yang harus ditanggung oleh maskapai penerbangan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Shoulder Wear pada Main Wheel Tyre pesawat Boeing 737-900ER. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan pada beberapa pesawat sejenis diakibatkan karena kurangnya tekanan udara pada ban yang tidak sesuai standar operasional. Sehingga langkah-langkah pencegahan yang dapat direkomendasikan adalah pengerjaan daily check (perawatan harian) pada bab pengecekan tekanan ban harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan task card daily check.Item Identifikasi Sensor Tekanan Pompa Error pada Panel Monitor Komatsu PC130: Penyebab, Dampak dan Solusi Pemulihan Sistem Kontrol(Jurnal AKIPBA, 2025-04-25) Mustaqim Mustaqim; Andi, Muhammad Nova; MutiaraniKesalahan pembacaan sensor tekanan pada panel monitor ekskavator merupakan masalah yang sangat krusial dalam operasi alat berat, karena dapat mempengaruhi nilai input sensor yang selanjutnya akan mengganggu sistem kontrol hidraulik dan menurunkan efisiensi operasional. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penyebab, dampak, dan solusi pemulihan terhadap malfungsi sensor tersebut pada alat berat Komatsu PC130 milik PT. Rimba Prima Mas. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis berbasis wiring diagram maka penelitian ini menemukan bahwa kerusakan konektor wiring harness akibat faktor eksternal sehingga dampak yang ditimbulkan mencakup distribusi tekanan hidraulik yang tidak stabil dan penurunan performa alat berat. Solusi yang diterapkan yaitu dilakukan penyambungan sementara (temporary) untuk mendukung operasional mendesak dan terbukti efektif dalam memulihkan fungsi sensor dan sistem kontrol. Temuan ini juga menekankan pentingnya pemeliharaan preventif, perlindungan wiring harness, serta peningkatan kesadaran operator untuk mengurangi risiko kerusakan serupa di masa mendatang.Item Studi Kasus Kerusakan pada Baut Roda Pesawat Boeing 737-800 NG Registrasi PK-LOJ(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Hartadi, Septyawan; Dzulfiqar,Mohamad Alif; Nova, Mohammad AndiKegagalan pada roda pesawat Boeing 737-800 NG bisa berakibat fatal dan merusak reputasi industri penerbangan. Pesawat dianggap aset berharga, sehingga kerusakan bisa menyebabkan kerugian finansial besar. Penelitian pada pesawat Boeing B737-800NG CFM 56-7B bertujuan untuk memahami cara perbaikan yang benar sesuai dengan AMM Task 32-45-11-000-801. Metode penelitian melibatkan studi literatur, observasi, dan konsultasi dengan ahli. Regulasi ketat diperlukan untuk menjaga keselamatan dan standar tinggi harus diterapkan. Insiden baut patah pada roda pesawat di Bandara Biak disebabkan oleh kelelahan material. Pengecekan rutin dan tindakan pencegahan diperlukan. Permasalahan pada roda pesawat bisa mengancam keselamatan penumpang.Item Failure Analysis of Econo Dual Module Frame Installation in The Automatic Frame Assembly Process(2025) Stifen Tama Tamba Stifen Tama Tamba; Nakul,FitriyantiIn the modern manufacturing era, process automation plays an important role in increasing efficiency and product quality. One of the main components in automation is the Automatic Frame Assembly Process which has a crucial role in installing the frame on the Econo Dual module because it uses robot power to carry out this process, and this certainly follows existing parameter provisions and uses certain programs on the machine. Econo Dual Module is a product resulting from the production of this machine which is used as the object of this research. This research aims to identify the main cause of the high failure rate of frame installation on the Econo Dual module using the Root Cause Analysis (RCA) method and find the solutions to handling the problems. By using a fishbone diagram and 5 Whys analysis, several causes of failure to install the frame on the module were found, including there is no NTC components on the module (which is the main cause and problems that often occur), the presence of bubbles and discontinuity gluing on the module, damaged frame, and solder spatter on the module. After knowing the several causes of the failure, the author found various solutions to minimize the problem according to the provisions of how the problem occurred individually