Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 19
  • Item
    Integrasi Perangkat RFID dan Smartwatch dalam Pemanggilan Teknisi untuk Reduksi Downtime dan Pemantauan OEE.
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-01) Saputra, Mundi; Warsito Warsito; Nakul, Fitriyanti
    Abstrak— Dalam industri manufaktur downtime yang disebabkan keterlambatan respons teknisi akibat pencarian konvensional menjadi penyebab utama terganggunya efisiensi operasional dan proses pengumpulan data manual untuk menghitung Overall Equipment Effectiveness (OEE) masih menjadi tantangan utama. Penelitian ini mengembangkan sistem pemanggilan teknisi berbasis RFID dan smartwatch untuk mempercepat respons saat gangguan terjadi pada mesin SMT. Sistem ini juga dilengkapi dengan tampilan display berbasis aplikasi yang dikembangkan menggunakan Visual Studio Code (VsCode) untuk menampilkan nilai OEE secara real time. Berdasarkan observasi pemanggilan teknisi dalam kurun waktu 5 hari, metode konvensional membutuhkn rata- rata waktu 288 detik sedangkan metode terintegrasi RFID dan smartwatch membutuhkan rata-rata waktu 18 detik. Implementasi sistem ini terbukti meningkatkan efisiensi waktu.
  • Item
    The Implementation of Digital Payment and Its Impact on User Decision in Batam City
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-11) Naim, Abdun; Puspitasari, Ayu
    The digital transformation within the financial system has facilitated the widespread adoption of digital payments across society. This study aims to examine the influence of motivation, perception, and consumer behavior on user decision-making in the context of digital payment usage in Batam City. This study applied a quantitative research design through a survey approach, involving 101 participants chosen via purposive sampling technique. The data were analyzed using Structural Equation Modeling with the Partial Least Squares (SEM-PLS) technique. The findings reveal that consumer motivation and behavior have a statistically significant effect on user decisions, whereas perception does not exhibit a significant impact. This study contributes empirical evidence that may enrich theoretical perspectives in the field of digital payment and offers practical implications for digital financial service providers in developing strategies that enhance user motivation, perception, and behavior in relation to decision-making.
  • Item
    Analisis Pengaruh Kesenian Melayu Tarian Teater Mak Yong Berbasis Virtual Reality Menggunakan Metode User Experience Questionnaire
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-08-20) Majadi, Filli; Amadia, Rini
    Di era globalisasi dan modernisasi yang terus menerus berkembang, warisan budaya dan tradisi lokal menghadapi tantangan besar dalam pelestarian dan pengalihan ke generasi yang lebih muda. Minat yang berkurang dari generasi muda terhadap warisan budaya ini sebagian besar disebabkan oleh kurangnya dokumentasi interaktif dan metode penyajian yang menarik. Penelitian ini menawarkan digitalisasi tradisi menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) sebagai solusi inovatif untuk masalah tersebut. Dengan VR, kita dapat menciptakan dokumentasi budaya yang tidak hanya visual dan sensorik kaya, tetapi juga memberikan pengalaman imersif yang memungkinkan pengguna untuk 'mengalami' tradisi secara lebih langsung. Metode penelitian melibatkan pengumpulan data etnografis, wawancara dengan pakar budaya lokal, dan dokumentasi audiovisual. Data yang terkumpul kemudian diolah menjadi konten VR yang interaktif menggunakan perangkat lunak pemodelan 3D dan teknologi VR. Hasil awal menunjukkan bahwa VR secara signifikan meningkatkan keterlibatan generasi muda dengan budaya lokal, memberikan sebuah medium yang sangat mendalam dan edukatif. Hal ini menunjukkan potensi besar digitalisasi tradisi melalui VR dalam melindungi dan mempromosikan warisan budaya di kalangan muda, sehingga membuatnya lebih relevan, menarik, dan mudah diakses.
  • Item
    PEMETAAN POTENSI BANJIR BEBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFI ( STUDI KASUS: KECAMATAN BATU AJI, KOTA BATAM )
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-05-23) Gustaviendri, Ryanda; Irawan, Sudra; Irawan, Sudra
    Kecamatan Batu Aji, Kota Batam, merupakan salah satu wilayah yang rawan banjir. Banjir yang sering terjadi di wilayah ini menyebabkan kerugian material dan immaterial yang signifikan bagi masyarakat dan pemerintah. Curah hujan yang tinggi, kondisi drainase yang tidak cukup menampung air hujan, serta adanya sampah yang menyumbat drainase menjadi penyabab utama terjadinya banjir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor -faktor utama penyebab banjir di Kecamatan Batu Aji, Kota Batam dan memetakan potensi banjir di Kecamatan Batu Aji, Kota Batam. Metode penelitian berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kecamatan Batu Aji, Kota Batam. Karakteristik fisik daerah seperti kemiringan lereng, jenis tanah, dan penggunaan lahan mempengaruhi respon hidrologi serta potensi banjir yang sering terjadi akibat curah hujan tinggi, drainase yang buruk, dan urbanisasi yang cepat. SIG memungkinkan integrasi data spasial untuk menghasilkan peta potensi banjir yang akurat. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan melakukan penelitian yang berjudul Pemetaan Potensi Banjir Berbasis Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus: Kecamatan Batu Aji, Kota Batam). Kemudian hasil penelitian didapatkan tiga kelas potensi banjir yaitu potensi banjir tinggi, sedang dan rendah.Perumahan yang berpotensi tinggi terhadap banjir adalah Perumahan Taman Lestari,Pasar Aviari dan perumahan yang berpotensi sedang terhadap banjir adalah Perumahan Taman Carina, Maseba, Bambu kuning, Puskopkar,Taman Pesona Indah,Genta,Lalu perumahan yang berpotensi rendah terhadap banjir adalah Central Raya dan Bundaran simpang basecamp.Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi bagi perencanaan tata ruang dan mitigasi banjir di wilayah rawan lainnya.
  • Item
    Perancangan Mesin Auto Hot Stamping Unit dan Analisis Penggunaan Hot Stamping pada Material
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-17) Dewa Kurnia Sandy; Diono S.Tr. T., M.Sc; Irwanto Zarma Putra S.Pd. M.Eng
    Abstract—as the years go by, there are many innovative developments in various fields, including the health sector, especially in medical devices themselves. One of the conditions for medical equipment to be used is to look at the condition of the equipment, its suitability for use, sterilization and standardization of the equipment. If the condition of a medical device does not meet the requirements, then the use of the device is certainly not recommended. Because this will have a negative impact on the medical process. Therefore, this research will create a machine that can carry out the stamping or marking process in the production process of transfusion set equipment. The purpose of marking the transfusion set device is to mark the locking direction of the device itself, which will make it easier for medical personnel to carry out medical procedures. The method used in this research is to apply the principle of a pneumatic drive system and PLC as a control system for this tool. Apart from that, the design of this tool also aims to determine the impact of using Hot Stamping on materials made from PVC plastic, and analysis of the results of the process can be carried out. In this research, the analysis process carried out on the set transfusion hose will use the Quantitative Descriptive analysis method on the stamping temperature, then the data from the results of this analysis will be used to determine the optimum temperature value and stamping duration that should be used for the stamping process in the production process. Keyword: Medical Devices, Pneumatic Systems, PLC, Rotary Encoder.
  • Item
    PENGAPLIKASIAN SMART RACK PADA WAREHOUSE BERBASIS RFID(RC522) DENGAN PERANCANGAN PROTOTYPE TERHADAP PENERAPAN PUT TO LIGHT OR PICK TO LIGHT SYSTEM
    (2024-07-05) Natasya, Regita; Wirawan, Adhitomo
    Di dalam gudang terdapat tiga aktivitas utama yaitu proses penerimaan barang, proses penyimpanan barang, dan proses pendistribusian barang. Permasalahan yang kerap kali terjadi dalam pengelolaan gudang yaitu, sering mengalami perbedaan stok barang yang ada didatabase gudang dengan pencatatan secara manual. Sehingga penggunaan Cyber-physical System (CPS) dengan teknologi atau alat berupa RFID(RC522) sebagai tanda pengenal barang dan Infrared sebagai media komunikasi data yang akan dikirimkan kepada Arduino Uno IDE 2.3.2 sebagai laporan perhitungan barang. Perancangan ini dapat membantu operator gudang dalam menangani permasalahan tersebut, sehingga dalam pendataan persediaan tidak terdapat perbedaan antara stok di database dengan stok aktual dan juga aktivitas gudang menjadi efisien dalam pencarian barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatatif simulasi. Berdasarkan dari hasil simulasi yang telah dilakukan waktu proses untuk penyimpanan barang serta pengambilan barang di gudang membutuhkan waktu 38 detik untuk setiap aktivias, sedangkan jika menggunakan RFID(RC522) proses penyimpanan barang dan pengambilan barang hanya membutuhkan waktu 10 detik. Sehingga persentase efektifitas dan efisiensi dari prototype ini sangat membantu operator gudang dalam aktivitas gudang tersebut.
  • Item
    PERANCANGAN GAME “FIND THE LOST BOROBUDUR” MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY 3D UNTUK MENGENAL SEJARAH CANDI BOROBUDUR
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-06-21) Fernando, Dwiky; Riyadi, Agung
    Indonesia memiliki banyak peninggalan bersejarah dan memiliki budaya yang beragam. Salah satu yang diakui sebagai warisan budaya dunia adalah candi Borobudur. Namun saat ini masih ada masyarakat Indonesia yang kurang tertarik untuk belajar atau sekedar mengenal tentang candi Borobudur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan serta melestarikan sejarah candi Borobudur dengan membuat aplikasi game bertema sejarah candi Borobudur menggunakan Unity 3D. Pada proses pembuatan game, peneliti menerapkan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo yang mempunyai 6 tahapan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Peneliti menerapkan blackbox testing guna melakukan pengujian dan mengidentifikasi fungsionalitas pada game agar sesuai dengan yang diinginkan perancang. Hasil pengujian menggunakan blackbox testing adalah semua sistem berhasil dijalankan dengan baik. Dari perancangan game ini, peneliti berhasil membuat game bergenre adventure menggunakan aplikasi game engine Unity 3D yang dapat memberikan informasi seputar sejarah candi Borobudur kepada pengguna. Dengan game ini diharapkan pengguna dapat mengetahui informasi tentang sejarah candi Borobudur dengan pengalaman bermain game yang menyenangkan.
  • Item
    Analisis Efektivitas Game Virtual Reality 'Battle of Riau' Dalam Menyampaikan Pengetahuan Sejarah Kepada Pengguna
    (2024-06-21) Wayoga, Andre; riwinoto, riwinoto; riwinoto, riwinoto
    ABSTRACT - Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi topik yang semakin menarik dalam konteks pendidikan, dengan minat penelitian dan pengembangan yang berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi penggunaan game VR "Battle of Riau" sebagai alat pembelajaran dalam menyampaikan materi sejarah kepada pengguna. Melalui pendekatan kuantitatif dengan desain Uji-T 2 sampel (Independen), penelitian ini membandingkan efektivitas penggunaan game VR dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman materi sejarah. Responden dari kedua kelompok tersebut telah disamakan dalam hal kesetaraan melalui pengukuran homogenitas. Dan berdasarkan hasil dari uji t independent penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran game VR (kelompok eksperimen) memberikan indikasi dampak yang signifikan dan lebih baik dalam meningkatkan pemahaman dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (kelompok kontrol).
  • Item
    Studi Perawatan Mesin Ultrasonic Weld dengan Metode Reliability Centered Maintenance melalui Failure Mode and Effect Analysis
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-04) Putri, Dhea Rahma; ;
    PT XYZ adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi coffee maker yang memerlukan mesin ultrasonic weld untuk melakukan penyambungan pada dua material plastik yaitu bagian cover dan base. Mesin ultrasonic weld sering mengalami kerusakan komponen yang mengakibatkan downtime. Komponen yang mengalami kerusakkan dapat dilakukan dengan mengidentifikasi resiko kegagalan dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dan FMEA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan komponen yang sering mengakibatkan downtime dan mengidentifikasi resiko kegagalan dengan metode RCM melalui FMEA. Penelitian ini menggunakan dari data yang dikumpulkan melalui MRR untuk memperoleh data kerusakan komponen dan diolah untuk mengidentifikasi kegagalan komponen dan menghitung nilai RPN. Data yang dikumpulkan dapat mengidentifikasi komponen mesin ultrasonic weld yang mengalami kegagalan ada 5 yaitu horn, set screw, mika, jig, dan booster. Dari hasil RPN dari tabel FMEA, set screw adalah komponen yang memiliki nilai paling tinggi yaitu 140, sedangkan jig adalah komponen yang memiliki nilai paling rendah yaitu 64. Perawatan yang direkomendasi berdasarkan metode RCM adalah pengecekkan visual, melakukan monitoring pada mesin ultrasonic weld.
  • Item
    Pengukuran Kinerja Mesin HGG SPC2000 Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE)
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-05) Putri, Maulizuna Dwi; Fyona, Annisa;
    PT. XYZ merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang industri fabrikasi produk baja untuk pengolahan minyak dan gas, ada beberapa mesin yang digunakan oleh perusahaan, untuk penelitian ini berfokus pada mesin HGG SPC2000 yang digunakan untuk memotong pipa yang terbuat dari baja. Peningkatan kinerja mesin dilakukan dengan perawatan mesin oleh perusahaan. Dalam penelitian ini data diambil melalui observasi, wawancara, menggunakan data sekunder dari laporan perusahaan, dan data diambil dalam rentan waktu Oktober 2023 hingga Maret 2024. Tujuan dari penelitian ini yaitu melakukan pengukuran efektivitas pemakaian mesin HGG SPC2000 menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Dari hasil perhitungan periode Oktober 2023 hingga Maret 2024 menghasilkan nilai rata-rata nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) sebesar 48% belum memenuhi standar world class OEE. Nilai tersebut didapatkan dari rata-rata availability 77%, performance 62%, dan quality 100%. Dari hasil nilai perhitungan dapat diketahui nilai rata – rata availability dan performance pada mesin HGG SPC2000 masih dibawah standar world class OEE. Penyebab rendahnya nilai availability yaitu persiapan, penyetingan peralatan atau mesin tidak beroperasi secara optimal. Sedangkan penyebab rendahnya nilai performance yaitu efektivitas kinerja mesin yang melambat dari yang direncanakan sebelumnnya.