Artikel Ilmiah
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742
Browse
11 results
Search Results
Item Analisis Performansi Pengiriman Data Menggunakan Pendekatan QoS Metrics pada Platform IoT Ubidots dan ThingSpeak(Tanggal Sidang, 2024-01-02) Khairani,Nurul; Heru,Wijanarko; Airlangga Diputra,Muhammad NaufalPerkembangan teknologi IoT dan berbagai platform-nya yang memungkinkan monitoring jarak jauh secara real-time. Penelitian ini fokusnya membuat sistem monitoring aliran air pada rumah pintar berbasis IoT dengan sensor water flow YF-S201 dan mikrokontroler ESP32, serta membandingkan performansi pengiriman data platform IoT Ubidots dan ThingSpeak dengan pendekatan QoS metric dan penerapan model RNN-LSTM. Metodologi mencakup perancangan dan realisasi sistem monitoring aliran air, dilanjutkan dengan pengambilan data sensor water flow, pengiriman dan analisis data menggunakan platform IoT Ubidots dan ThingSpeak, serta penerapan RNN-LSTM untuk prediksi data sensor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem monitoring berhasil dirancang dan diimplementasikan dengan baik, data sensor water flow berhasil dikirim dan ditampilkan pada kedua platform IoT Ubidots dan ThingSpeak secara real-time. Namun, Ubidots lebih cepat dengan delay total 5 detik dengan tampilan dashboard-nya lebih informatif, dibandingkan ThingSpeak memiliki rata-rata delay 17 detik. Analisis QoS menunjukkan performansi Ubidots lebih unggul dibanding ThingSpeak pada parameter jitter dan delay, serta model RNN-LSTM mampu memprediksi data aktual serta data aplikasi sensor di masa depan dengan tingkat error yang kecil. Sehingga Ubidots dapat menjadi pilihan yang baik untuk pengiriman data sensor dan QoS metricsItem Pengembangan Training Card di PT McDermott(2024-06-28) Ni'mah, Chintya Ainun; Halim, Muhammad IrsyadPT McDermott Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi minyak lepas pantai dan menjadi salah satu perusahaan konstruksi dan fabrikasi terbesar di Kota Batam. PT McDermott Indonesia memiliki prinsip kerja, yaitu “Utamakan Keselamatan Kerja dan Mutu” (Committed To Safety And Quality). Oleh karena itu, setiap individu dituntut untuk bekerja agar efektif dan efisien, dengan harapan agar dapat menekan tingkat kesalahan yang terjadi dengan mengedepankan kualitas dan keamanan. Pada pelaksanaan kerja praktek ini, departemen yang menjadi tempat dilaksanakannya praktek kerja yaitu departemen QHSES dan Craft Training, yaitu departemen yang menangani pelatihan keselamatan dan keamanan kerja seluruh pekerja di perusahaan. Pada laporan kerja praktek ini, kategori observasi yang digunakan adalah partisipasi observasi, dimana peneliti terlibat secara langsung dalam kegiatan sehari-hari objek yang diamati sebagai sumber data. Dalam hal ini, peneliti yang disebut adalah mahasiswa magang dan objek yang diamati merupakan departemen QHSES Training. Pengembangan traning card verification membantu admin untuk tidak melakukan pengecheckan validasi data training karyawan satu-persatu. Dengan adanya training card verification semua tahap pelaksanaan dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa mendapatkan kesulitan apapun. Pengembangan ini juga meminimalisir risiko kecelakaan kerja di lapangan dikarena terdapat oknum-oknum nakal yang tetap bekerja pada saat validasi masa taining yang sudah kadaluarsa.Item Penggunaan Metode FIFO untuk Memesan dan Mencatat Barang Pada PT. Batam Panel Indo Karya(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-14) Arwianda, Ervyl; Dzikri, Afdhol;PT. Batam Panel Indo Karya merupakan sebuah Perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha berbentuk perseroan. Pengerjaan tugas akhir ini dibuat bertujuan untuk menemukan jalan pemecahan permasalahan yang dihadapi oleh Perusahaan. Adapun dalam hal ini, Penulis menemukan permasalahan yang kerap kali menimbulkan data yang diperoleh tidak valid. Selama ini masih menggunakan sistem pemesanan dan sistem pencatatan barang masuk dan keluar secara manual yang masih kurang efektif. Untuk pemesanan barang masih melalui social media atau harus langsung datang ke kantor untuk memesan barang, sedangkan pencatatan barang masuk dan keluar juga masih dilakukan secara manual yang tidak efisien sehingga banyak data yang tidak valid saat pengecekan stok barang. Sehingga penulis membuat suatu aplikasi memesan dan mencatat barang. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini adalah untuk melakukan pengelolaan stok dengan metode FIFO sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses pembuatan aplikasi menggunakan metode waterfall yaitu dengan mengumpulkan data melalui proses wawancara, mengurutkan fitur yang dibutuhkan, mengimplementasikan kebutuhan kedalam bentuk koding dan melakukan pengujian pada aplikasi menggunakan metode black box testing. Hasil dari aplikasi ini yaitu dapat memperbaiki sistem yang ada agar penyampaian informasi yang dihasilkan bisa lebih akurat seperti tanggal waktu dan masuk dan keluar barang dengan tepat. Sehingga pengurangan stok akan menggunakan metode FIFO yaitu barang yang pertama masuk akan menjadi barang yang pertama keluar. Aplikasi ini masih dalam tahap akan digunakan oleh perusahaan.Item ANALISIS PENGGUNAAN SOFTWARE RHINOCEROS DALAM PROSES PEMBANGUNAN KAPAL(2024-07-04) Zamorano, Andika Ivan; Ulfah, Nurul; Stefani, WindyIndustri perkapalan merupakan salah satu industri yang keberadaannya cukup banyak di Indonesia. Dikutip dari laman resmi kementerian perindustrian setidaknya terdapat 198 unit galangan kapal yang ada di indonesia dimana dari jumlah itu 110 unit terbesar terdapat di batam dan 88 unit tersebar di wilayah lain[1]. Pada penelitian ini akan dilakukan survey dan uji coba pembuatan 3D menggunakan software rhinoceros dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah software tersebut layak untuk digunakan dalam proses pembangunan kapal dengan beberapa parameter seperti kemudahan dalam penggunaan dan hasil akhir yang dapat ditampilkan oleh software tersebut. Proses uji coba pada penelitian dilakukan terhadap sebuah kapal oil barge panjang 48,60 M, lebar 15,60 M, tinggi 5 M dan draft 3,80M serta kapasitas penyimpanan sebanyak 2.050 KL. Beberapa data yang akan digunakan untuk melakukan uji coba pembuatan 3D detail konstruksi ialah berupa data kapal yang akan kita bangun dalam bentuk dua dimensi. Dalam proses penelitian ini pembuatan 3D memang sangat efektif untuk menunjang pekerjaan dalam proses pembangunan kapal dan software Rhinoceros sejauh ini dirasa cukup efektif digunakan dalam proses fabrikasi dimana software ini memiliki beberapa keunggulan mulai dari kemudahan dalam penggunaan, ringan untuk digunakan dan tampilan visual yang baik.Item Perbandingan Metode K-NN, SVM dan Decision Tree Pada Klasifikasi Kondisi Air Kolam Bioflok Nongsa(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-01) Wijanarko, Heru; Jefiza, Adlian; Al Fajri, Muhammad; Syah Putra, Firman Dwi; Dowo Ruron, Andreas Prasetyo; Wijanarko, Heru; Jefiza, AdlianKolam bioflok merupakan salah satu teknologi budidaya perikanan yang saat ini sedang berkembang karena dapat memberikan beberapa keuntungan bagi pembudidaya ikan. Dalam budidaya ikan, fungsi air memegang peranan penting dalam keberlangsungan hidup ikan, sehingga kondisi air kolam, termasuk pH, ammonia, dan larutan oksigen, harus dipantau. Namun, para pembudidaya ikan saat ini memiliki tantangan untuk memantau kualitas air pada saat itu. Hal tersebut membuat sulitnya menentukan kualitas air kolam bioflok. Jika ketiga hal tersebut tidak dijaga dengan baik, banyak bakteri dan virus yang dapat mengancam kestabilan kondisi air dan kesehatan ikan itu sendiri. Oleh karena itu, pemantauan kondisi air menjadi sangat penting, dan penelitian ini berfokus pada pembuatan alat monitoring untuk mengetahui kadar pH, amonia, dan oksigen pada air kolam. Selain membuat alat monitoring, penelitian ini juga mengklasifikasikan kondisi air kolam. Metode pengklasifikasian menggunakan tiga algoritma: K-Nearest Neighbors, Support Vector Machine, dan Decision Tree. Berdasarkan ketiga metode klasifikasi tersebut, didapatkan hasil performa sebesar 97% untuk KNN, 92% untuk SVM, dan 99,25% untuk Decision Tree. Dari perbandingan performa ketiga metode tersebut, didapatkan hasil bahwa metode Decision Tree adalah yang terbaik dibandingkan dengan metode KNN dan SVM.Item STUDY KASUS PENYEBAB ENGINE BLEED TRIP OFF LIGHT ILLUMINATE PADA BOEING 737-800/900ER(2024-07-09) AJI, MUHAMMAD; GIAT, LALUPesawat Boeing 737-800/900ER adalah salah satu Pesawat komersil yang banyak digunakan oleh maskapai di dunia dengan berbagai sistem dan teknologi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan penerbangan. Salah satu sistem penting dari Pesawat ini adalah Engine Bleed System yang berfungsi untuk memasok udara bertekanan ke user systems seperti Engine Start Systems, Air Conditioning And Pressurization Systems, Engine Inlet cowl Anti-ice Systems, Water Tank Pressurization System, Inlet Gas System, dan Hydraulic Reservoir Pressurization System. Latar belakang penelitian ini dikarenakan adanya kegagalan sistem dalam Engine Bleed yang menyebabkan Engine Bleed Trip Off Light Illuminate sehingga membuat tidak adanya udara bertekanan yang masuk ke pneumatic manifold untuk user systems yang dapat mengakibatkan pesawat kembali ke bandara asal sebelum ke bandara tujuan (Return to Base) saat terbang dan tujuan tugas akhir ini untuk menganalisis kegagalan pada sistem Engine Bleed pada pesawat Boeing 737-800/900ER yang mengakibatkan Engine Bleed Trip Off Light Illuminate. Data dianalisis dengan menggunakan diagram fishbone untuk menunjukkan faktor-faktor penyebab Engine Bleed Trip Off Light Illuminate. Pengumpulan data didapatkan dari server maintenance record (e-mro) PT. Batam Aero Technic dan metode observasi langsung dengan terlibat secara langsung dalam proses trouble shooting, diskusi di lapangan dan pergantian komponen. Tindakan pencegahan dilakukan dengan menjalankan pengerjaan Work Order sesuai dengan Maintenance Program sebagai usaha mendeteksi awal tanda-tanda kerusakan pada sistem.Item Identifikasi TCAS Inoperative Pada Pesawat AIRBUS 320 Lion Air Group(2024-07-11) SEPWIEANA, JEHAN; Irawan Haddli, Benny; ROSSBANDRIO, WOWOSecara umum traffic collision avoidance system (tcas) pada pesawat terbang biasanya digunakan untuk menghindari tabrakan dengan pesawat lain. Latar belakang penelitian ini dikarenakan adanya kegagalan sistem pada traffic collision avoidance system yang dapat menyebabkan pesawat untuk return to base (rtb). Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui kegagalan pada traffic collision avoidance sistem pada pesawat airbus 320 yg mengakibatkan display traffic collision avoidance system tidak tampil di display unit berpotensi tidak terdeteksi posisi pesawat lain selama penerbangan. Adapun metodologi yang diterapkan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan dan studi literatur. Berdasarkan identifikasi pada kasus ini diperoleh hasil bahwa sebagian besar disebabkan oleh komponen tcas computer/lru (line replacement unit) yang terletak didalam electronic compartment, antenna yang terletak di bawah dan di atas badan pesawat, control panel yang sering digunakan oleh pilot untuk pengoperasian, dan aircraft wiring. Untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti komponen berdasarkan message setelah melakukan bite test pada mcdu (multifunction control display unit) melalui menu tcas system. Kesimpulan dari studi kasus ini adalah untuk mengidentifikasi berisi rekomendasi perbaikan yang harus diambil dan meliputi langkah-langkah perbaikan yang harus diambil.Item Risk Analysis In The Rigging And Lifting Process Using The HIRARC Method In The Indonesian Production Platform Module Erection Area(2024-08-16) Khoirunnisa, Nasywwa;PT. McDermott Indonesia is a company engaged in offshore construction services. Workplace accidents in the offshore construction industry are often due to poor weather conditions, inadequate work locations, equipment failures, and incompetent employees. This study aims to determine the risk level in the rigging and lifting process using the HIRARC method as an effort to achieve zero accidents in the Production Platform Module Erection Area. This research uses a descriptive qualitative approach. The research subjects consist of 5 informants: a rigging superintendent, an HSE specialist, a rigger, a crane operator, and a mechanic foreman, assisted by interview guidelines and a risk matrix. The study results indicate 21 potential hazards across 4 work stages and 10 work processes, categorized into 6 low risk, 8 medium risk, 13 high risk, and 4 extreme risk. HSE procedures and the lifting plan carry out risk control, and it is recommended to consistently use PPE. In conclusion, the risk analysis in the rigging and lifting process has been conducted according to procedures, but updates to the TRA are necessary to reduce increasing risks. It is recommended to enhance employee awareness and discipline regarding the importance of implementing HSE measures.Item Analisis Risiko K3 pada Proses Perakitan Kereta Listrik menggunakan Metode FMEA dan FTA di Perusahaan Skoda Transportation(2024-07-09) Hendrawan; Octowinandi, vivinPenelitian ini menjelaskan tentang analisis risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada proses perakitan kereta listrik Perusahaan Skoda Transportation dengan menggunakan teknik Potential Mode Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA). Latar belakang penelitian ini mencerminkan pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja di industri perakitan kendaraan, terutama sejak diperkenalkannya teknologi baru seperti kereta listrik sehingga menimbulkan tantangan khusus. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menilai dan memitigasi potensi risiko yang terkait dengan proses perakitan. teknik FMEA digunakan untuk mengidentifikasi jenis, penyebab, dan akibat kesalahan, sedangkan FTA digunakan untuk menganalisis hubungan sebab akibat antara kesalahan yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi risiko K3 memiliki dampak yang signifikan, dengan nilai RPN (Risk Priority Number) berkisar antara 24 hingga 240. Selain itu, persentase riisko yang ada dalam proses perakitan kereta listrik memiliki distribusi yang signifikan, dengan 96% risiko rendah dan 4% risiko sedang. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi yang berharga dalam meningkatkan keselamatan, kualitas produk, dan keandalan operasional proses perakitan kereta listrik.Item Tele-Elektrokardiografi Berbasis IoT Medis Menggunakan Jaringan LoRaWAN(Politeknik Negeri Batam, 2023-08-08) Timanta, Febrian Harlim; Oktani, DessyKesehatan jantung merupakan hal yang utama dan juga harus di jaga kesehatannya. Hal yang perlu diingat ialah jantung merupakan organ vital pada tubuh yang juga akan mempengaruhi organ tubuh lainnya. Namun untuk melakukan pemeriksaan jantung menggunakan sensor elektrokardiograf pada sebuah rumah sakit sangatlah memerlukan biaya yang cukup mahal dan juga akan membutuhkan waktu yang lama. Pemeriksaan ini perlu dilakukan secara signifikan, karena banyak hal yang bisa mempengaruhi kinerja jantung. Sensor AD8232 merupakan sensor monitoring detak jantung manusia dengan membaca sinyal biolistrik pada tubuh. Dengan menggunakan sensor AD8232 dapat menghemat biaya dalam pemeriksaan karena sensor tersebut sudah diperjual belikan secara komersial dengan harga yang terbilang masih terjangkau. Modul ini akan mendeteksi aktivitas listrik pada jantung dengan menempelkan lead pada bagian yang telah ditentukan berdasarkan pada teori segitiga Einthoven. Dengan kemajuan pada bidang teknologi masa kini, maka dari itu penerapan Internet of Things sangat diperlukan yaitu dengan penggunaan LoraWAN. Penggunaan LoRa tidak akan terlepas dari sebuah interface yang dibuat untuk menghubungkan antara manusia dengan perangkat interface dan ini akan mempermudah pemantauan data sensor dari jarak yang jauh. Penggunaan LoRa juga tidak akan terlepas dari sebuah database, yang dimana database tersebut merupakan tempat semua data-data yang dikirimkan dari sensor melalui perangkat LoRa dan akan ditampilkan di interface yang akan digunakan.