D4 Logistik Perdagangan Internasional
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing D4 Logistik Perdagangan Internasional by Issue Date
Now showing 1 - 7 of 7
Results Per Page
Sort Options
- ItemOptimalisasi Rute Pickup Barang pada Jasa Kurir Lokal ATB Kurir Batam dengan Metode Saving Matrix dan Algoritma Nearest Neighbor(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-07) Vellamy . R, Jihan; Syafrina, MiaATB Kurir Batam adalah salah satu usaha jasa kurir yang melayani penjemputan dan pengiriman barang untuk wilayah Batam, luar kota, dan luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana keadaan rute ATB Kurir Batam saat ini, optimalisasi jarak tempuh dan biaya bahan bakar, serta melihat selisih jarak dan biaya yang dihasilkan dengan penggunaan metode saving matrix dan nearest neighbor. Diharapkan bahwa penerapan metode saving matrix dan nearest neighbor akan mengoptimalkan rute untuk mengurangi jarak perjalanan dan biaya pickup. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat 7 rute awal yang dilalui oleh ATB Kurir. Setelah dilakukan analisis dengan metode saving matrix dan nearest neighbor, ditemukan 4 rute usulan dengan total jarak 230 km. Terjadi pengurangan jarak dari 316 km menjadi 230 km, dengan selisih jarak sebesar 86 km. Setelah menetapkan urutan rute baru yang optimal menggunakan metode nearest neighbor, biaya pickup barang pada rute awal, sebesar Rp. 3.160.000 per bulan, berhasil menghasilkan penghematan biaya pickup pada rute awal menggunakan metode saving matrix, yaitu Rp. 2.300.000 per bulan. Perbedaan antara biaya awal dan biaya yang diusulkan adalah Rp. 860.000 per bulan.
- ItemAnalisis Pengendalian Kualitas Produksi B31 Series Menggunakan Pendekatan Fault Tree Analysis (FTA) dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-07) Sari, Dania; Devano, Alrido MarthaPT. EX Batam merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang berlokasi di Batamindo Industrial Park Muka Kuning, Batam perusahaan ini memproduksi komponen elektronik. Pelaksanaan pengendalian kualitas yang dilakukan oleh PT. EX Batam belum cukup baik dikarenakan masih banyak ditemukan produk cacat pada proses produksinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis defect produksi yang banyak ditemukan, mengetahui apa saja penyebab produk cacat pada produksi, memberikan usulan perbaikan yang tepat. Metode yang diusulkan pada penelitian ini adalah Fault Tree Analysis (FTA) and Failure Modes and Effects Analysis (FMEA) adalah dua metode pengendalian kualitas yang dapat diterapkan. Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data defect perusahaan kemudian diolah untuk diidentifikasi penyebab defect dapat terjadi menggunakan pemetaan fault tree untuk mendeteksi mode kegagalan sehingga dapat diperoleh nilai Risk Priority Number paling tinggi untuk menentukan prioritas defect yang harus dilakukan perbaikan. Analisis penyebab defect pada penelitian ini disebabkan oleh faktor manusia, mesin dan material sehingga perlunya usulan perbaikan untuk pelatihan pada karyawan, peningkatan fasilitas mesin dan handling material. Usulan perbaikan pada penelitian ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam menurunkan terjadinya produk cacat yang sesuai dengan standar perusahaan tidak lebih dari 1% sehingga dengan metode ini dapat membantu penelitian dimasa yang akan datang pada industri manufaktur.
- ItemAnalisis Penerapan Metode 5S dan PDCA di Perusahaan Manufaktur Speedboat(ICAESS, 2024-07-19) Adhani, Nurul Indah; Harlan, Fandy BestarioPT. Komodo Lintas Benua Asia merupakan perusahaan manufaktur industri pembuatan speedboat yang terletak di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. Permasalahan yang terjadi di PT. Komodo Lintas Benua Asia yaitu terdapat kondisi gudang yang tidak tertata serta tidak memiliki penyimpanan yang tepat untuk material produksi speedboat yang menyebabkan ditemukan banyaknya material yang rusak. Selain itu perusahaan ini belum menerapkan budaya 5S yang juga menjadi salah satu faktor gudang tidak tertata dan sikap karyawan yang tidak disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan pada gudang yang tidak tertata dan mengupayakan penerapan budaya 5S di PT.Komodo Lintas Benua Asia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada kemajuan pada skor audit checklist Dimana sebelum penelitian skor yang dihasilkan hanya sebesar 32% meningkat menjadi 86% setelah penelitian. Hasil menunjukkan bahwa budaya 5S yang paling signifikan di perusahaan ini adalah seiri dan seiketsu yaitu dari skor 1 menjadi 5. Selain itu, peneliti berhasil menerapkan metode PDCA sebagai acuan perbaikan di gudang PT. Komodo Lintas Benua Asia. Kata kunci: 5S, PDCA, Gudang, Tata letak.
- ItemEVALUASI KINERJA SUPPLIER BAHAN BAKU KOPI MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA COFFEE SHOP BADBEAR(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-30) Hutagalung, Nuzuly Fikri Haichal; Hendrawan , BambangPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja supplier bahan baku kopi di Coffee Shop BadBear. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP) dengan melibatkan expert judgement yang merupakan manager operasional, barista dan seorang karyawan bagian purchasing di Coffee Shop BadBear. Kemudian pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh expert judge yang ada di Coffee Shop BadBear. Kemudian didapatkan hasil penilaian terhadap kriteria kualitas dengan bobot prioritas 45%, kriteria Pelayanan 26%. Rasa 17% , harga 7% dan terakhir pengiriman dengan bobot prioritas 5% dari hasil penilaian. Dan urutan penilaian terhadap supplier yaitu Tatido dengan nilai 8,077, Hear dengan nilai 6,631, Sreg dengan nilai 1,791 dan terakhir Coffee Moi dengan nilai 1,501. Disimpulkan Hear dan Tatido berada di posisi teratas dalam penelitian ini, harus terus mempertahankan dan mengoptimalkan kinerja mereka pada setiap kriteria dan subkriteria, terutama dalam beberapa kriteria dan subkriteria yang kurang maksimal. Coffee Moi dan Sreg, sebagai dua pemasok dengan penilaian terendah diharapkan dapat meningkatkan kinerja mereka berdasarkan semua kriteria dan subkriteria yang dievaluasi agar dapat bersaing sebagai pemasok bahan baku kopi.
- ItemDevelopment Of Digital Archiving With Xampp Application For Archiving Imported Goods Shipping Documents In PT. XYZ Warehouse With R&D Method(Politeknik Negeri Batam, 2024-08-09) Paat, Cyndie Charent; Olifia, JessicaThe purpose of this study is to develop a digital archiving system for import shipping documents in the e-archive system that has been developed in order to facilitate the process of finding the required archive documents quickly and to support archiving activities to be more effective and efficient. The main purpose of this study is to overcome the problems that occur in the warehouse, namely archiving is still done manually which causes many losses due to damage to physical documents and wasting time in searching for documents because the storage layout is irregular. The method used is the R&D (Research and Development) method with a qualitative approach. Observation, interviews, documentation and literature studies as data collection techniques. From the results of this study, it can be seen that the shipping warehouse staff have implemented digital archiving for 1 month of work in March after the e-archive was successfully created by the researcher in February and because the digital archiving was successful and running according to needs, other staff implemented it in April after it had been running for 1 month on the shipping staff in archiving import documents in the e-archive. The results of the validation comparison of the three validators show that the implementation of digital archiving management is good in providing convenience for the process of searching for imported goods shipping documents and is a solution to increase the effectiveness of managing archive information.
- ItemANALISIS PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PEMILIHAN PRIORITAS VENDOR TRUCKING DI PT. SNEPAC SERVICE UTAMA(Politeknik Negeri Batam, 2024-09-13) Aisyah, Fiar Herlisa; Syafrina, MiaUntuk mengatasi masalah over inquiry order dan meningkatkan kualitas pelayanan demi mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang optimal, PT. Snepac Service Utama harus mampu memilih dan menetapkan mitra terbaik yang memiliki kinerja sesuai dengan standar perusahaan, terutama dalam pemilihan vendor. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), yang memberikan pendekatan sistematis dalam memprioritaskan alternatif, terutama saat mempertimbangkan berbagai kriteria dan subkriteria. Berdasarkan penilaian tingkat kepentingan kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan vendor trucking di PT. Snepac Service Utama, dihasilkan prioritas/bobot sebagai berikut: prioritas pertama adalah kualitas (0.37), diikuti oleh pengiriman (0.25), fleksibilitas (0.18), responsivitas (0.13), dan terakhir adalah harga (0.08). Selain itu, penilaian terhadap alternatif vendor menunjukkan prioritas/bobot sebagai berikut: prioritas pertama PT. Putra Jatim Mandiri (0.36), diikuti oleh PT. Global Project Logistic (0.24), PT. GTU Logistics (0.17), PT. GRP Expressindo (0.14), dan terakhir PT. Wasaka Trans Global (0.10).
- ItemPENGARUH SISTEM PELACAKAN ONLINE DAN KETEPATAN WAKTU TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SHOPEE EXPRESS (STUDI PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BATAM PROGRAM STUDI LOGISTIK PERDAGANGAN INTERNASIONAL)(Politeknik Negeri Batam, 2024-09-30) Silalahi, Indri Yohana; Mochtoha, HimawanPenelitian ini memiliki tujuan guna menguji pengaruh sistem pelacakan online dan ketepatan waktu pengiriman terhadap kepuasan pelanggan Shopee Express di Batam. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei yang dibagikan kepada 100 mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Analisis data dikerjakan dengan regresi linier berganda memakai SPSS versi 25. Hasil kajian memperlihatkan kalau sistem pelacakan online memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan dengan nilai t-hitung senilai 2,653 yang lebih tinggi dari t-tabel 1,984 serta nilai signifikansi 0,009 (>0,1). Selain itu, ketepatan waktu pengiriman juga terbukti punya pengaruh positif dan signifikan dengan t-hitung senilai 7,465 dan nilai sig 0,000 (>0,1). Kesimpulannya baik sistem pelacakan online maupun ketepatan waktu pengiriman memiliki dampak signifikan dan positif pada kepuasan pelanggan secara parsial. Kata kunci: Sistem Pelacakan Online, Ketepatan Waktu, Kepuasan Pelanggan.