D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing D3 Teknik Perawatan Pesawat Udara by Subject "TECHNOLOGY::Engineering physics::Material physics with surface physics"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
- ItemStudi Kasus Terjadinya Lightning Strike Pada Horizontal Stabilizer Pesawat Boeing 737-900 ER PK LSR(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-17) Wijaya, Ilyas; Fadilah, Nurul; Siregar, JamesPesawat boeing 737-900 ER dengan no. registrasi PK-LSR umumnya terbang di ketinggian 31.000 feet-36.000 feet pada saat normal. Tetapi, jika pesawat dibutuhkan untuk terbang rendah dibawah ketinggian 30.000 feet. Dimana wilayah operasi terbang tersebut, berpotensi Terkena sambaran petir yang dapat menyebabkan Damage biasa disebut lightning Strike.. Saat melakukan general visual inspection, engineer telah menemukan adanya damage pada horizontal stabilizer di pesawat boeing 737-900 ER. Setelah ditemukan damage yang dinyatakan lebih dari toleransi yang dianjurkan pada Horizontal stabilizer kemudian diperoleh kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya berkaitan tentang penyebab masalah yang ada pada pesawat boeing 737-800/900 ER yaitu fuel consumption bertambah yang normalnya 4875 L menjadi 4916 L sehingga menyebabkan Fuel cost per hour $4.431 berkurangnya 605.480 ribu. Ketika pesawat dilakukan perbaikan dengan cara di doubler mengacu pada SRM (Structure Repair Manual). Setelah semuanya selesai lalu dilakukannya pre-flight dari batam menuju Jakarta dan landing pilot menyatakan fuel consumption sudah kembali normal dilihat dari fuel capacity di indikator cockpit. Pada akhirnya engineer menyatakan pesawat airworthy atau layak terbang.