Jurusan Teknik Mesin

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1751

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 282
  • Item
    -
    (2024) Wardanas, Samsu; Fajrin, Aulia; Hanifah, Widiastuti
    Dalam mengetahui permasalahan pada mesin coating yang mempengaruhi kualitas yang terjadi maka dilakukan pengujian terhadap spesifikasi kode spray tip coating karena beberapa ditemukan cacat produk pada saat produksi berjalan. Cacat produk yang sering ditemukan pada proses coating yaitu: sagging, holiday, orange peel dan pin hole. Penyebab kualitas pelapis yang kurang optimal umumnya terletak pada pengaturan spray tip dan pressure pump yang tidak optimal. Maka dilakukan pengujian visual pada pipa ukuran 9 ⅝ inch dan pembuatan sampel hasil pengujian visual untuk pengaturan pressure pump dan spray tip. Pengujian dilakukan sebanyak 3 kali dengan variasi pengaturan spray tip yang berbeda dengan kode ukuran 613, 615 dan 617 yang memiliki arti sebagai berikut: -lebar kipas spray tip digit pertama (6) 6 X 2=12 Inch, -ukuran lubang spray tip: dua digit terakhir (13,15, dan 17) 0.013 Inch, 0.015 Inch ,0.017 Inch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi hasil reject pada proses coating pipa OCTG (Oil Country Tubular goods). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam memilih kode spray tip yang tepat untuk mencapai kualitas hasil coating yang sesuai spesifikasi yang diinginkan. Berdasarkan hasil yang didapatkan pengaturan yang optimal pada spray tip dan pressure pump dengan kode spray tip 613 serta pressure pump 2 Bar. Penggunaan spray tip 613 dalam proses coating memberikan hasil coating yang lebih baik, karena mengurangi reject pada proses coating untuk pipa berukuran 9 ⅝ Inch berdasarkan pengujian visual, jika dibandingkan banyaknya pipa yang reject dengan menggunakan pengaturan spray tip variasi kode 615 dan 617.
  • Item
    Identifikasi Sensor Tekanan Pompa Error pada Panel Monitor Komatsu PC130: Penyebab, Dampak dan Solusi Pemulihan Sistem Kontrol
    (https://jurnal.akipba.ac.id/index.php/JITS/article/view/52, 2025-04-25) Mustaqim, Mustaqim; Nova, Mohammad Andi; Mutiarani
    Kesalahan nilai pada pembacaan sensor tekanan dalamsistemekskavator merupakan masalah yang sangat krusial dalam operasionalalat berat. Kesalahan pembacaan tersebutakanberdampak terhadapnilai input pada sistem lainnyaseperti padasistem kontrol hidraulik dan menurunnyaefisiensi operasional. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penyebab, dampak, dan solusi pemulihan terhadap malfungsi sensor pada alat berat Komatsu PC130 milik PT. Rimba Prima Mas. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis berbasis wiring diagrammaka penelitian iniditemukan bahwa kerusakan konektor wiring harnessakibat faktor eksternal sehingga dampak yang ditimbulkan mencakup distribusi tekanan hidraulik yang tidak stabil dan penurunan performa alat berat. Solusi yang diterapkan yaitu dilakukan penyambungan sementara (temporary)untuk mendukung operasional mendesak dan terbukti efektif dalam memulihkan fungsi sensor dan sistem kontrol. Temuan ini juga menekankan pentingnya pemeliharaan preventif, perlindungan wiring harness, serta peningkatan kesadaran operator untuk mengurangi risiko kerusakan serupa di masa mendatang.
  • Item
    Penanganan Masalah Keretakan Wing Spar Pada Pesawat Airbus A380
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-02-20) Rifky Latif Ramadhan Rifky Latif Ramadhan; Fadilah, Nurul; Mantik, P W Andrew
    Kondisi pandemi pada rentang tahun 2019 hingga 2022 menyebabkan banyak pesawat, termasuk Airbus A380 yang dimiliki beberapa maskapai dunia, harus terparkir 2-3 tahun di daratan. Lamanya pesawat diparkir berdampak pada struktur pesawat, termasuk pada Wing Spar Airbus A380. Dengan kondisi- kondisi tersebut, telah ditemukan keretakan pada Wing Spar Airbus A380 yang perlu ditinjau penyebab dan penanganannya. Maka dari itu, dalam studi ini penulis akan memaparkan penanganan untuk masalah keretakan Wing Spar pada pesawat Airbus A380. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab keretakan pada wing spar pesawat Airbus A380, serta penanganan keretakan berdasarkan referensi dari manufaktur. Adapun metodologi penelitian dalam yang digunakan untuk masalah tersebut dilakukan dengan mempelajari A380 Structure Repair Manual (SRM) yang prosesnya dimulai dari damage evaluation, repair procedure dan inspections.
  • Item
    IDENTIFIKASI LIMITASI DENT PADA FUSELAGE SKIN PESAWAT BOEING 737-800
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-02-07) Ramadhani, Dwi Fikri; Nova, Mohammad Andi; Satoto, Sapto Wiratno
    Abstrak Penelitian ini membahas tentang kerusakan dent pada fuselage skin pesawat Boeing 737-800, yang sering terjadi akibat berbagai faktor, termasuk tabrakan burung dan tumbukan selama proses pemeliharaan yang disebabkan oleh tangga pemeliharaan, tangga penumpang (garbarata), maupun gerobak pengangkut bagasi penumpang. Dent ini dapat memengaruhi kekuatan struktural dan aerodinamika pesawat. Oleh karena itu, analisis terhadap limitasi kerusakan dent sangat penting untuk memastikan keselamatan penerbangan. Dalam studi ini, langkah-langkah pemeriksaan kerusakan dilakukan melalui DVI (detail visual inspection), pengukuran menggunakan vernier caliper, deepth gauge dan NDT (Non-Destructive Testing) dengan metode eddy current untuk mendeteksi adanya kerusakan tambahan seperti crack pada sekitaran area dent. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa dent memiliki ukuran panjang 2,36 inci, lebar 1,57 inci, dan kedalaman 0,094 inci, menghasilkan rasio W/Y sebesar 16,70. Berdasarkan referensi dari SRM (Structural Repair Manual), dent tersebut melewati dalam batasan yang diperbolehkan, memerlukan perbaikan permanen. Oleh karena itu, langkah-langkah perbaikan yang sesuai dengan SRM akan dilaksanakan, termasuk reformasi bentuk skin hingga dilakukannya pengecatan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan dalam penanganan kerusakan dent di industri penerbangan untuk menjaga keselamatan dan kelayakan operasional pesawat. Abstract This research discusses dent damage on the fuselage skin of the Boeing 737-800, which frequently occurs due to various factors, including bird strikes and collisions during maintenance processes caused by maintenance stairs, passenger boarding stairs (jet bridges), or baggage trolleys. Dents can affect the structural integrity and aerodynamics of the aircraft. Therefore, analyzing the damage limitations of dents is crucial to ensuring flight safety. In this study, the steps for inspecting damage were carried out through DVI (Detailed Visual Inspection), measurements using a vernier caliper, depth gauge, and NDT (Non-Destructive Testing) using the Eddy Current method to detect additional damage, such as cracks, around the dent area. The measurement results show that the dent has a length of 2.36 inches, a width of 1.57 inches, and a depth of 0.094 inches, resulting in a W/Y ratio of 16.70. Based on the reference from the SRM (Structural Repair Manual), this dent exceeds the allowable limits and requires permanent repair. Therefore, the necessary repair steps in accordance with the SRM will be implemented, including skin shape reform followed by repainting. This study is expected to provide guidance on handling dent damage in the aviation industry to maintain the safety and operational viability of the aircraft.
  • Item
    STUDI KASUS PENYEBAB TOILET “A” INOPERATIVE PADA PESAWAT BOEING 737-900 ER
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-24) Maskur Maskur; andi nova, muhammad
    Waste system merupakan salah satu dari sistem pada pesawat yang berfungsi untuk membuang limbah guna menjaga kebersihan dan kenyamanan selama penerbangan. Limbah yang dihasilkan berasal dari lavatory, galley, dan saluran air pembuangan pada pintu pesawat. Lavatory merupakan sebuah ruangan dengan toilet dan wastafel atau biasa juga disebut kamar mandi. Toilet adalah bagian dari waste system yang paling penting pada pesawat. Pesawat Boeing 737-900 ER dilengkapi dengan tiga lavatory, yaitu satu diarea kabin depan (Lavatory A) dan dua di kabin belakang (Lavatory D & E). Salah satu permasalahan yang sering terjadi selama perawatan pesawat adalah toilet yang tidak berfungsi (Toilet Inoperative) pada lavatory. Dalam situasi ini, diperlukan penanganan yang tepat berdasarkan aircraft manual serta penerapan metode Observasi, Analisa, Literature, untuk mengidentifikasi kerusakan pada setiap komponen dengan cara melakukan pengujian terhadap komponen terkait. Tujuan dari laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengidentifikasi penyebab Toilet A Inoperative pada saat flush switch ditekan pada lavatory dan bagaimana cara penyelesaiannya. Berdasarkan aircraft manual yaitu, fault isolation manual (FIM) terdapat 7 kemungkinan penyebab/possible causes single toilet inoperative. Hasil pengujian terhadap komponen terkait sesuai dengan possible causes pada FIM ditemukan flush valve obstructed yaitu stuck closed sebanyak 8 kasus dari bulan juli 2024 hingga desember 2024. Setelah dilakukan penggantian komponen dengan yang baru sesuai dengan aircraft maintenance manual dan dilakukan pengetesan pada flush valve dengan melihat indikator berupa pergerakan komponen terkait, toilet beroperasi dengan normal.
  • Item
    Identifikasi Penyebab Shoulder Wear Main Wheel Tyre pada Pesawat Boeing 737-900ER
    (2025-02-04) Randy, Maulana; ROSSBANDRIO, WOWO; Havwini, Tian
    Pada transportasi pesawat udara keselamatan adalah hal yang paling utama, namun ketepatan waktu dan efisiensi tetap menjadi perhatian bagi maskapai. Perawatan pesawat udara telah ditentukan oleh pabrik dan wajib menjadi standar acuan bagi maskapai dalam melaksanakan perawatan pesawat udara. Salah satunya adalah komponen ban yang harus selalu dalam keadaan baik. Namun dalam operasinya ditemukan kondisi ban pesawat dalam keadaan aus sebelum waktunya yakni shoulder wear, sehingga menyebabkan terjadinya kerugian-kerugian yang harus ditanggung oleh maskapai penerbangan. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya Shoulder Wear pada Main Wheel Tyre pesawat Boeing 737-900ER. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan observasi. Hasil penelitian yang ditemukan pada beberapa pesawat sejenis diakibatkan karena kurangnya tekanan udara pada ban yang tidak sesuai standar operasional. Sehingga langkah-langkah pencegahan yang dapat direkomendasikan adalah pengerjaan daily check (perawatan harian) pada bab pengecekan tekanan ban harus benar-benar dilaksanakan sesuai dengan task card daily check.
  • Item
    Identifikasi Sensor Tekanan Pompa Error pada Panel Monitor Komatsu PC130: Penyebab, Dampak dan Solusi Pemulihan Sistem Kontrol
    (Jurnal AKIPBA, 2025-04-25) Mustaqim Mustaqim; Andi, Muhammad Nova; Mutiarani
    Kesalahan pembacaan sensor tekanan pada panel monitor ekskavator merupakan masalah yang sangat krusial dalam operasi alat berat, karena dapat mempengaruhi nilai input sensor yang selanjutnya akan mengganggu sistem kontrol hidraulik dan menurunkan efisiensi operasional. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi penyebab, dampak, dan solusi pemulihan terhadap malfungsi sensor tersebut pada alat berat Komatsu PC130 milik PT. Rimba Prima Mas. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis berbasis wiring diagram maka penelitian ini menemukan bahwa kerusakan konektor wiring harness akibat faktor eksternal sehingga dampak yang ditimbulkan mencakup distribusi tekanan hidraulik yang tidak stabil dan penurunan performa alat berat. Solusi yang diterapkan yaitu dilakukan penyambungan sementara (temporary) untuk mendukung operasional mendesak dan terbukti efektif dalam memulihkan fungsi sensor dan sistem kontrol. Temuan ini juga menekankan pentingnya pemeliharaan preventif, perlindungan wiring harness, serta peningkatan kesadaran operator untuk mengurangi risiko kerusakan serupa di masa mendatang.
  • Item
    Studi Kasus Kerusakan pada Baut Roda Pesawat Boeing 737-800 NG Registrasi PK-LOJ
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Hartadi, Septyawan; Dzulfiqar,Mohamad Alif; Nova, Mohammad Andi
    Kegagalan pada roda pesawat Boeing 737-800 NG bisa berakibat fatal dan merusak reputasi industri penerbangan. Pesawat dianggap aset berharga, sehingga kerusakan bisa menyebabkan kerugian finansial besar. Penelitian pada pesawat Boeing B737-800NG CFM 56-7B bertujuan untuk memahami cara perbaikan yang benar sesuai dengan AMM Task 32-45-11-000-801. Metode penelitian melibatkan studi literatur, observasi, dan konsultasi dengan ahli. Regulasi ketat diperlukan untuk menjaga keselamatan dan standar tinggi harus diterapkan. Insiden baut patah pada roda pesawat di Bandara Biak disebabkan oleh kelelahan material. Pengecekan rutin dan tindakan pencegahan diperlukan. Permasalahan pada roda pesawat bisa mengancam keselamatan penumpang.