D4 Akuntansi Manajerial

Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1754

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    S.E., M.Si
    (2025-07-02) Kartikaningdyah, Ely; Zendrato, Gita Mentarina; Kartikaningdyah, Ely
    Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh dari literasi keuangan, pengetahuan investasi, serta media sosial terhadap minat mahasiswa dalam melakukan investasi di pasar modal, dengan mempertimbangkan peran motivasi investasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini melibatkan 88 mahasiswa pengguna Galeri Investasi BEI di Politeknik Negeri Batam yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM berbasis PLS dengan bantuan software SmartPLS 4, penelitian ini menemukan bahwa literasi keuangan dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan minat investasi, sementara pengetahuan investasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain itu, motivasi investasi terbukti memediasi hubungan antara literasi keuangan dan media sosial terhadap minat investasi tetapi tidak memediasi hubungan antara pengetahuan investasi.
  • Item
    Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Investasi, dan Media Sosial Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Melalui Motivasi Investasi
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-07-02) Kartikaningdyah, Ely; Zendrato, Gita Mentarina; Kartikaningdyah, Ely
    Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi seberapa besar pengaruh dari literasi keuangan, pengetahuan investasi, serta media sosial terhadap minat mahasiswa dalam melakukan investasi di pasar modal, dengan mempertimbangkan peran motivasi investasi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini melibatkan 88 mahasiswa pengguna Galeri Investasi BEI di Politeknik Negeri Batam yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis SEM berbasis PLS dengan bantuan software SmartPLS 4, penelitian ini menemukan bahwa literasi keuangan dan media sosial berpengaruh signifikan terhadap motivasi dan minat investasi, sementara pengetahuan investasi tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain itu, motivasi investasi terbukti memediasi hubungan antara literasi keuangan dan media sosial terhadap minat investasi tetapi tidak memediasi hubungan antara pengetahuan investasi.