D4 Akuntansi Manajerial
Permanent URI for this collectionhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1754
Browse
123 results
Search Results
Item 4112011026_Artikel.pdf(2023-12-20) Safma, Maharani; Putri, Wika ArsantiUMKM merupakan salah satu solusi untuk menghadapi resesi dunia, sehingga perlu dilakukannya upaya untuk mempertahankan atau memperkuat UMKM di Indonesia. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan efektivitas kinerja UMKM Soto Padang Indah menggunakan metode balanced scorecard. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif, serta pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi. Adapun tahap pertama diawali dengan analisis SWOT untuk membandingkan faktor eksternal dan faktor internal serta mengetahui posisi UMKM saat ini. Dari hasil analisis SWOT dapat ditentukan alternatif-alternatif strategi yang dapat dipilih oleh UMKM Soto Padang Indah. Selanjutnya identifikasi sasaran dengan membuatkan peta strategi untuk mempermudah memecahkan masalah berdasarkan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif keuangan dan perspektif pelanggan sudah berjalan dengan baik. Namun, pada perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan perlu dilakukan perbaikan dalam hal peningkatan promosi dan manajemen organisasi perusahaan untuk mencapai kinerja perusahaan yang efektif.Item Pengaruh Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan(2024-07-16) Marlita, Indah; Lestari, NanikPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, struktur modal, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh melalui metode dokumentasi, berupa laporan keuangan tahunan perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2015-2023. Populasi penelitian mencakup seluruh perusahaan manufaktur di subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, dengan sampel terpilih sebanyak 21 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang diolah menggunakan aplikasi Eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.Item Apakah Industri Pelayaran Menjadi Pilihan yang Menarik untuk Investor? Studi Kasus PT Samudera Indonesia Tbk(Politeknik Negeri Batam, 2024-03-31) Rajagukguk, Jenni Tesya Nathanya; Kuncoro, Risma Sugiarti; Setianingrum, Hanifah; Aprayuda, RiyadiSeiring dengan pemulihan ekonomi akibat pandemi, industri pelayaran kembali menguat karena perdagangan internasional yang kembali beraktivitas normal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi investasi dalam industri pelayaran dengan kondisi pasar semi-strongtahun 2018-2023 dan berfokus pada emiten SMDR. Purposive samplingmenjadi teknik penentuan sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak empat perusahaan terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang memiliki ukuran setara. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Rasio Keuangan, Altman Z-Score, ValuasiAbsolut Discounted Cash Flowdengan model Free Cash Flow to The Firm, Valuasi Relatif Comparable Companies Valuation, serta Multiple Valuationdan diuji dengan Uji Sensitivitas dan Simulasi Monte Carlo. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas dan likuiditas perusahaan pelayaran meningkat sejalan dengan valuasi yang memiliki potensi kenaikan 63,84% dan probabilitas pertumbuhan sebesar 75%. Kontribusi penelitian ini memberikan gambaran industri pelayaran dapat menjadi pilihan investasi yang menarik di waktu yang akan datang.Item Judul berkas(2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.Item Judul Berkas(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.Item Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee(2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.Item Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.Item Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.Item Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan penting nya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.Item Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) dan Harga Terhadap Minat Pembelian Platform Shopee(Politeknik Negeri Batam, 2024-10-30) Makhfiroh, Silvi; Hasanah, AfriyantiPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Electronic Word of Mouth (Ewom) dan harga terhadap minat pembelian di platfrom Shopee. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah survei dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel ewom, harga, dan minat pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ewom memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian. Temuan ini menegaskan penting nya ewom sebagai faktor pendorong keputusan pembelian konsumen di platfrom Shopee.