Jurusan Teknik Informatika
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1744
Browse
Item Analisis Efektivitas Game Virtual Reality 'Battle of Riau' Dalam Menyampaikan Pengetahuan Sejarah Kepada Pengguna(2024-06-21) Wayoga, Andre; Riwinoto; RiwinotoABSTRACT - Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) telah menjadi topik yang semakin menarik dalam konteks pendidikan, dengan minat penelitian dan pengembangan yang berkembang pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi potensi penggunaan game VR "Battle of Riau" sebagai alat pembelajaran dalam menyampaikan materi sejarah kepada pengguna. Melalui pendekatan kuantitatif dengan desain Uji-T 2 sampel (Independen), penelitian ini membandingkan efektivitas penggunaan game VR dengan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan pemahaman materi sejarah. Responden dari kedua kelompok tersebut telah disamakan dalam hal kesetaraan melalui pengukuran homogenitas. Dan berdasarkan hasil dari uji t independent penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran game VR (kelompok eksperimen) memberikan indikasi dampak yang signifikan dan lebih baik dalam meningkatkan pemahaman dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (kelompok kontrol).Item Analisis Efektivitas Game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom sebagai Media Edukasi Sejarah(2024) Nafisah, Adilah Putri; Riwinoto, RiwinotoPenelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom sebagai media edukasi sejarah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan observasional. Dengan hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom efektif dalam meningkatkan pemahaman sejarah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game VR Tower Defense the Rise of Majapahit Kingdom merupakan solusi yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan sejarah. Temuan ini memberikan implikasi penting dalam pengembangan teknologi VR dalam pembelajaran sejarah dan menawarkan prospek penggunaan game VR dalam konteks pendidikan yang lebih luas.