Jurusan Teknik Informatika
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1744
Browse
361 results
Search Results
Item PENGUKURAN DIMENSI PADA LEG JACKET MENGGUNAKAN TOTAL STATION(-, 2024-07-01) Maulana, Muhammad Sherino; Rassarandi, Farouki DindaDalam industri minyak dan gas, pembangunan struktur lepas pantai seperti leg jacket merupakan bagian penting dalam pengembangan sumber daya energi terbarukan dan instalasi fasilitas lepas pantai lainnya. leg jacket adalah struktur baja berbentuk kerangka yang digunakan untuk mendukung turbin angin, rig minyak, atau fasilitas lainnya di perairan dalam. Pembuatan leg jacket membutuhkan ketelitian dan keakuratan yang tinggi dalam pengukuran dimensi agar struktur yang dibangun sesuai dengan desain yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dimensi straightness, squareness, dan levelness pada leg jacket menggunakan total station dengan metode pengukuran yaitu orientate to line dan resection, serta melakukan perhitungan teoritikal yang berguna sebagai data perbandingan antara data actual di lapangan terhadap desain. Pengolahan data dihitung menggunakan aplikasi MK3B. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan akurasi pengukuran dimensi pada pembuatan leg jacket, sehingga struktur yang dibangun sesuai dengan desain yang diinginkan dan dapat berfungsi dengan optimal.Item Rancang Bangun Sistem Informasi Pemesanan dan Manajemen Katering Berbasis Web (Studi Kasus pada CV Sherina Katering)(2024-10-15) Simbolon, Putri Rosari; Lubis, Ahmadi IrmansyahMakanan merupakan kebutuhan primer manusia. Selain berfungsi untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, yaitu untuk mengenyangkan perut, makanan juga merepresentasikan hasil kebudayaan klan manusia. Industri makanan merupakan salah satu dari banyak industri yang perkembangannya sangat pesat. Perkembangan teknologi membawa dampak yang positif, dalam hal ini untuk industri jasa katering. Sherina Katering adalah sebuah UMKM yang bergerak dalam industri makanan yang berfokus pada makanan daerah khas Batak. Dalam pengoperasiannya, Sherina Katering mengalami beberapa kesulitan karena masih menggunakan cara-cara manual. Sistem pembayaran manual yang tidak efisien, pertanyaan dari kostumer terhadap menu apa saja, berapa harga, dan apa saja isi dari setiap menu memerlukan waktu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibuatlah sebuah applikasi berbasis website dengan Sherina Katering sebagai admin, dan kostumer sebagai user. Website ini dirancang dengan metode waterfall. Hasil yang diharapkan dari perancangan website ini adalah meningkatkan efisiensi operasional Sherina Katering dengan mempercepat proses pemesanan, memberikan informasi yang lebih transparan dan terstruktur kepada pelanggan mengenai menu, harga, serta detail isi setiap hidangan. Selain itu, dengan adanya sistem pembayaran yang terintegrasi, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan dalam transaksi dan mempercepat alur pembayaran. Dengan adanya website Sherina Katering, diharapkan pelanggan dapat lebih mudah mengakses informasi terkait menu dan harga tanpa harus menunggu konfirmasi dari pihak katering. Website ini juga memberikan kemudahan dalam melakukan pemesanan secara mandiri, sehingga proses pemesanan menjadi lebih cepat dan efisien. Di sisi lain, Sherina Katering sebagai admin akan memiliki kontrol penuh terhadap pengelolaan menu, update harga, serta pencatatan transaksi yang lebih rapi dan terstruktur. Dengan demikian, keberadaan website ini tidak hanya membantu meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga mempermudah manajemen operasional Sherina Katering secara keseluruhan.Item KETERSEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU DENGAN METODE NORMALIZED DIFFERENCE VEGETATION INDEX DAN SOIL ADJUSTED VEGETATION INDEX MENGGUNAKAN CITRA SATELIT SENTINEL-2 DI KOTA BATAM(2024-10-22) Wijaya, Mayang Nurazizah; Gustin, OktaviantoKota Batam berada di Provinsi Kepulauan Riau yang berbentuk kepulauan. Berdasarkan “UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, RTH ialah area yang lebih panjang/jalur atau mengelompok yang penggunaannya lebih banyak bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman yang secara alamiah maupun sengaja ditanam, serta memiliki luas minimal dari kawasan perkotaan 30% RTH dari luasan perkotaan, dialokasikan 20% publik dan 10% privat.” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan RTH di Kota Batam dengan menggunakan Citra Satelit Sentinel-2A. Metode NDVI didapatkan overall accuracy yaitu 91,35% dan metode SAVI overall accuracy yaitu 92,59%. Adapun kappa accuracy NDVI 88,80% dan SAVI sebesar 90,38%. Hal ini dikarenakan kedua metode tersebut telah memenuhi ambang batas minimal yaitu 85%, sesuai tingkat kebenaran yang tergolong memenuhi kaidah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai perubahan area RTH Kota Batam serta memberikan informasi kepada pihak terkait dalam menyusun kebijakan terkait keberadaan RTH.Item ANALISIS HUBUNGAN INDEKS VEGETASI TERHADAP SUHU PERMUKAAN TANAH MENGGUNAKAN SATELIT PENGINDERAAN JAUH LANDSAT 8(2024-10-17) Sunggu, Feni Indri Ani Ompu; Gustin, OktaviantoPulau Rempang adalah pulau yang berdekatan langsung dengan Pulau Batam. Pulau ini mengalami perubahan suhu yang di sebabkaan oleh berkurangnya vegetasi di Pulau Rempang. Peningkatan suhu permukaan diakibatkan adanya pembangunan dan penggunaan lahan sebagai perkebunan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan yang terjadi indeks vegtasi dan suhu permukaan tanah. Citra Landsat 8 OLI/TIRS merupakan salah satu citra satelit yang digunakan pada proses penginderaan jauh, bertujuan untuk menganalisis hubungan indeks vegetasi dengan suhu permukaan tanah di Pulau Rempang dengan menggunakan persamaan korelasi regresi adalah y= ax + b. Dari pengolahan tidak menunjukkan adanya hubungan korelasi dengan R² = 0.0589. Akan tetapi analisis menunjukkan semakin tinggi rapat vegetasi maka semakin rendah pula nilai suhu di Pulau Rempang. Dari pengolahan data NDVI di peroleh nilai klasifikasi dengan badan air sebanyak 0.37 % dengan luas 58.210 ha, lahan tidak bervegetasi 1.19 % dengan luas 185.626 ha, kehijauan rendah sebanyak 6.01 % dengan luas 939.519 ha, kehijauan sedang 27.38 % dengan luas 4281.308 ha, dan kehijauan tinggi sebanyak 65.05 % dengan luas 10169.356 ha. Sedangkan pengolahan data LSTdiperoleh nilai dengan suhu rendah 18-24 °C sebanyak 17.75% dengan luas 2773.875 ha, suhu sedangan 25°C sebanyak 53.44% dengan luas 8352.252 ha dan suhu tinggi 26-32°C sebanyak 28.81% dengan luas 4503.353 ha.Item PENGEMBANGAN FITUR LAPORAN PADA SYSTEM DOUBLE WAVES BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: REPORTING, TIMESHEET, DAN INVOICE)(2024-11-19) Fathulloh, Agus; Fatihah, Ainul; Fathulloh, AgusSystem double waves merupakan website yang digunakan untuk bekerja oleh seluruh karyawan yang ada di PT. DWI (Double Waves Indonesia) yang bergerak dibidang NDT (Non-Destructive Test). Website yang digunakan dikembangkan berdasarkan kebutuhan yaitu, membuat fitur report, timesheet dan invoice. Metode pengembangan website menggunakan metode waterfall (analisis, perancangan/design, implementasi, testing, dan maintenance). Perancangan aplikasi didasarkan pada interaksi user dengan website menggunakan use case diagram, ER-Diagram dan class diagram. Dan pengembangannya menggunakan framework Laravel-9. Setelah aplikasi ini dikembangkan kemudian digunakan oleh karyawan khususnya pada departemen finance dan supervisor teknisi dalam hal pembuatan report, timesheet, dan invoice lebih mudah pengerjaannya didalam website system double waves. Dari hasil pengujian black box dapat disimpulkan bahwa fiturfitur tersebut dapat membantu karyawan dalam menginput data melalui aplikasi dikarenakan fitur tersebut belum tersedia didalam website sehingga lebih memudahkan dalam pekerjaan.Item PENGEMBANGAN FITUR LAPORAN PADA SYSTEM DOUBLE WAVES BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: REPORTING, TIMESHEET, DAN INVOICE)(2024-11-19) Fatihah, Ainul; Fathulloh, AgusSystem double waves merupakan website yang digunakan untuk bekerja oleh seluruh karyawan yang ada di PT. DWI (Double Waves Indonesia) yang bergerak dibidang NDT (Non-Destructive Test). Website yang digunakan dikembangkan berdasarkan kebutuhan yaitu, membuat fitur report, timesheet dan invoice. Metode pengembangan website menggunakan metode waterfall (analisis, perancangan/design, implementasi, testing, dan maintenance). Perancangan aplikasi didasarkan pada interaksi user dengan website menggunakan use case diagram, ER-Diagram dan class diagram. Dan pengembangannya menggunakan framework Laravel-9. Setelah aplikasi ini dikembangkan kemudian digunakan oleh karyawan khususnya pada departemen finance dan supervisor teknisi dalam hal pembuatan report, timesheet, dan invoice lebih mudah pengerjaannya didalam website system double waves. Dari hasil pengujian black box dapat disimpulkan bahwa fitur fitur tersebut dapat membantu karyawan dalam menginput data melalui aplikasi dikarenakan fitur tersebut belum tersedia didalam website sehingga lebih memudahkan dalam pekerjaanItem PENERAPAN RIGGING KARAKTER 2 DIMENSI UNTUK GAME VISUAL NOVEL DENGAN LIVE 2D CUBISM(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2025-01-15) SITI YUANE PUTRI, ZASQIA; DWI HARLYAN, GENDHYThe importance of creating two-dimensional (2D) characters that act as important elements in Visual Novel games using rigging techniques to make them expressive. Rigging techniques are used to provide detailed movements to the body, expressions, and poses of characters looks interactive. This research takes one main character, namely Hang Tuah from the Hikayat Hang Tuah book who has a brave and intelligent nature. This research aims to create more expressive 2D character assets when played in visual novel games and to give another choice for rigger and animator for using another type of rigging. Rigging and character animation were carried out using Live 2d Cubism software. Research testing was conducted by interviewing four respondents who were experienced and have recent job as Live 2D riggers. The design method used three pipeline animation production and the research method used qualitative research. The results of the this research showed that rigging of two-dimensional character assets Hang Tuah using Live 2D Cubism software can be said to have attractive and enjoyable movements when displayed in Visual Novel games by respondents. But, some improvements were needed for the rigging.Item PENERAPAN RIGGING KARAKTER 2 DIMENSI UNTUK GAME VISUAL NOVEL DENGAN LIVE 2D CUBISM(POLITEKNIK NEGERI BATAM, 2025-01-15) SITI YUANE PUTRI, ZASQIA; DWI HARLYAN, GENDHYThe importance of creating two-dimensional (2D) characters that act as important elements in Visual Novel games using rigging techniques to make them expressive. Rigging techniques are used to provide detailed movements to the body, expressions, and poses of characters looks interactive. This research takes one main character, namely Hang Tuah from the Hikayat Hang Tuah book who has a brave and intelligent nature. This research aims to create more expressive 2D character assets when played in visual novel games and to give another choice for rigger and animator for using another type of rigging. Rigging and character animation were carried out using Live 2d Cubism software. Research testing was conducted by interviewing four respondents who were experienced and have recent job as Live 2D riggers. The design method used three pipeline animation production and the research method used qualitative research. The results of the this research showed that rigging of two-dimensional character assets Hang Tuah using Live 2D Cubism software can be said to have attractive and enjoyable movements when displayed in Visual Novel games by respondents. But, some improvements were needed for the rigging.Item SISTEM PENGELOLAAN DATA PROGRAM STUDI INDEPENDEN BERBASIS WEB DI INFINITE LEARNING(2025-12-12) Nainggolan, Ristami Olivia; Santiputri, MettaPendataan yang masih manual dalam pelaksanaan studi independen program Web Development di Infinite Learning telah menjadi masalah signifikan yang menyulitkan pengguna, sehingga menghambat efektivitas pengelolaan data dan pemantauan kinerja peserta program. Oleh karena itu, penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem pengelolaan data berbasis digital untuk mengatasi masalah tersebut. Topik penelitian ini dipilih karena kebutuhan mendesak untuk meningkatkan digitalisasi dalam pengelolaan data pada program studi independen. Dengan adanya sistem pengelolaan data yang terintegrasi, diharapkan dapat mempersingkat waktu pengguna dalam mengelola dan mengevaluasi perkembangan akademik, serta menyediakan informasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Waterfall. Model Waterfall dipilih karena strukturnya yang sistematis dan terstruktur, memungkinkan pengembangan sistem dilakukan secara bertahap mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, hingga pengujian dan pemeliharaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pengelolaan data berhasil dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang mencakup penggunaan MySql sebagai database, Bahasa pemrograman JavaScript, ReactJs sebagai library dan ExpressJs sebagai framework untuk back-end. Kesimpulannya, seluruh fitur yang direncanakan telah berhasil diimplementasikan sesuai dengan perancangan yang telah dibuat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembangan sistem serupa di masa depan.Item ANALISIS SOUND EFFECT DAN FOLEY ARTIST TERHADAP PENYAMPAIAN CERITA DALAM ANIMASI “FICUSIA”(2025-05-10) Rizkiansyah,Alif; Harlyan, Gendhy DwiThis study analyzes the role of sound effects and foley artists in enhancing storytelling in the animated film Ficusia. The primary focus is to explore how these audio elements contribute to the emotional and narrative depth of the animation. By using a qualitative approach, the research identifies key sound effects, such as ambient sounds, impact sounds, and fantasy sound cues, as well as the role of foley artists in creating realistic audio experiences. Data was gathered through observation of critical scenes and interviews with sound professionals involved in the film’s production. The findings highlight how sound effects and foley techniques are intricately synchronized with the visual elements to amplify emotional responses, making the audience more immersed in the story. The study concludes that sound effects and foley are not just technical additions but essential narrative tools that support the film's thematic exploration of magic, nature, and personal growth.