Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 115
  • Item
    PENGAPLIKASIAN SMART RACK PADA WAREHOUSE BERBASIS RFID(RC522) DENGAN PERANCANGAN PROTOTYPE TERHADAP PENERAPAN PUT TO LIGHT OR PICK TO LIGHT SYSTEM
    (2024-07-05) Natasya, Regita; Wirawan, Adhitomo
    Di dalam gudang terdapat tiga aktivitas utama yaitu proses penerimaan barang, proses penyimpanan barang, dan proses pendistribusian barang. Permasalahan yang kerap kali terjadi dalam pengelolaan gudang yaitu, sering mengalami perbedaan stok barang yang ada didatabase gudang dengan pencatatan secara manual. Sehingga penggunaan Cyber-physical System (CPS) dengan teknologi atau alat berupa RFID(RC522) sebagai tanda pengenal barang dan Infrared sebagai media komunikasi data yang akan dikirimkan kepada Arduino Uno IDE 2.3.2 sebagai laporan perhitungan barang. Perancangan ini dapat membantu operator gudang dalam menangani permasalahan tersebut, sehingga dalam pendataan persediaan tidak terdapat perbedaan antara stok di database dengan stok aktual dan juga aktivitas gudang menjadi efisien dalam pencarian barang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatatif simulasi. Berdasarkan dari hasil simulasi yang telah dilakukan waktu proses untuk penyimpanan barang serta pengambilan barang di gudang membutuhkan waktu 38 detik untuk setiap aktivias, sedangkan jika menggunakan RFID(RC522) proses penyimpanan barang dan pengambilan barang hanya membutuhkan waktu 10 detik. Sehingga persentase efektifitas dan efisiensi dari prototype ini sangat membantu operator gudang dalam aktivitas gudang tersebut.
  • Item
    Pengembangan Aplikasi Clear To Build (CTB) Dengan Integrasi Real-time SAP Berbasis Web di PT. Schneider Electric Manufacturing Batam
    (2024-07-22) Ramadhan Putra Harahap, Nurakmal; Amalia Purnamasari, Dwi
    In this era of globalization, technological developments are very fast, especially in the field of information and communication systems in every company, organization, and even government, requiring the role of information technology in data management. The development of information technology has developed very rapidly and caused changes in the business environment to be unpredictable. One of the companies that adapt to information technology is PT Schneider Electric Manufacturing Batam. Generally, manufacturing companies have a Supply Chain Management section using a process called Clear To Build. By implementing digitalization PT Schneider Electric Manufacturing Batam developed a web application called SEMB-CTB (Clear To Build). The purpose of this application is to ensure that all products or goods are safe and meet all regulatory requirements before being mass produced. For the data retrieval process, SEMB-CTB applies SAP data integration in Real-Time by running jobs on SQL.
  • Item
    Pengembangan Aplikasi Warehouse Mapping System
    (2024-05-08) Joediono, Agustinus; Sibagariang,Swono
    Gudang merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam dunia industri karena menjadi pusat penyimpanan dan distribusi material. Perancangan dan pengembangan berbagai sistem dilakukan untuk membantu berjalannya alur kerja pergudangan, salah satunya ialah proses pemetaan material pada gudang. Projek Pengembangan Warehouse Mapping System diusung dengan harapan dapat memodernisasi proses pemetaan material pada gudang, dan projek ini dijalankan dengan menerapkan metode waterfall yang melibatkan langsung pengguna untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kebutuhan fungsional dan nonfungsional yang nantinya akan diterapkan pada sistem. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Javascript, dengan bantuan MySQL sebagai sistem manajamen database. Pengembangan yang dilakukan berhasil mengimplementasikan seluruh kebutuhan fungsional dan non-fungsional yang direncanakan, dan dengan menjalankan pengujian black box, semua kebutuhan tersebut berfungsi dengan baik. Penerapan sistem ini memajukan proses kerja di Gudang dengan mengotomatisasi alur kerja dan membantu dalam memvalidasi data, sehingga mendukung pengguna dalam menjalankan alur kerja pemetaan gudang.
  • Item
    Alur Proses Transaksi Penjualan dan Pembelian Melalui SofiCloud
    (2024-06-05) Hulaila, Hurrin; Lestari, Nanik
    Inforsys didirikan pada tahun 1998 dan merupakan perusahaan yang menyediakan solusi perangkat lunak, dengan fokus pada sumber daya manusia dan laporan keuangan. Perusahaan ini menghasilkan dua produk perangkat lunak, yaitu SofiCloud dan PisiCloud, yang bertujuan untuk memudahkan administrasi perusahaan. SofiCloud adalah sebuah ERP (Enterprise Resource Planning) yang sederhana, yang membantu perusahaan dalam mencatat dan membuat laporan keuangan dengan lebih mudah dan efisien. PisiCloud, di sisi lain, adalah perangkat lunak yang memudahkan pengelolaan administrasi sumber daya manusia dalam perusahaan. Perangkat lunak SofiCloud menjadi dasar dari penelitian yang didokumentasikan dalam Manual Book of SofiCloud.
  • Item
    Studi Kasus Display Blank Pada Integrated Standby Flight Display Pesawat Boeing 737-800
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-07-11) Prana, Agi; Dzulfiqar, Mohamad Alif; Sutarto
    Abstrak Seiring perkembangan teknologi, instrumen pada pesawat pun mulai beralih dari analog menjadi digital. Peralihan teknologi ini diimplementasikan untuk menghasilkan accuracy, precision and sensitivity pada instrumen, yang akan mengarah kepada meningkatnya keamanan penerbangan. Informasi flight instrument yang dulunya beroperasi secara mekanikal (Direct-sensing instrument), kini bekerja secara elektonik (remote-sensing Instrument). Situasi darurat bisa saja terjadi selama proses penerbangan berlansung, engine shutdown maupun flight display failure tentusaja menjadi pertimbangan penting bagi insinyur pesawat dalam merancang sistem andal yang tetap dapat memberikan pilot informasi dasar seperti altitude, attitude dan airspeed untuk melakukan pendaratan dalam keadaandarurat dengan aman. Oleh karena itu pesawat Boeing 737-800 dilengkapi dengan Integrated Standby Flight Display(ISFD) sebagai backup system. Ketika dilaksanakannya scheduled maintenance C-03 pada pesawat Boeing 737-800di Batam Aero Technic, ditemukan bahwa Integrated Standby Flight Display mengalami eror blank (tidak menampilkan tampilan layar). Penelitian ini dilakukan untuk memahami fungsi ISFD sebagai backup system dan melakukan penanganan tepat terhadap eror display blank. Metodologi pengumpulan data yang diterapkan pada penelitian ini meliputi, observasi langsung terhadap komponen ISFD Boeing 737-800 dan melakukan interview kepada engineer yang bertugas. Penting juga untuk memahami tahapan-tahapan yang tepat dalam melakukan perbaikan dan troubleshooting melalui Aircraft Maintence Manual (AMM), Fault Isolation Manual (FIM), dan dokumen terkait lainnya yang juga dijadikan sebagai referensi pembuatan laporan tugas akhir ini. Setelah dilakukanprosedur sesuai dengan instruksi FIM dan AMM ditemukan bahwa masalah yang terjadi adalah battery weak sehingga diperlukan penggantian ISFD dedicated battery. Kata kunci: Integrated Standby Flight Display (ISFD), Backup System, Aircraft Maintenance Manual (AMM), Fault Isolation Manual (FIM), Battery Weak, Troubleshooting, Boeing 737-800.
  • Item
    Aplikasi Rekapitulasi Data RPTKA Berbasis Web Pada PT.BIC
    (2024-05-16) Mawaddah, Rahma Dilla; Supardianto
    PT Batamindo Investment Cakrawala (BIC) is the largest industrial area management company on Batam Island. The Admin and Liaison Division plays a role in managing data regarding foreign worker permits (TKA). However, TKA data recording is still manual, making it prone to errors and difficult to track. This research seeks to develop and construct an application for recapitulating TKA usage plans (RPTKA). The software development method used is prototyping. The data recapitulated includes company name, name of foreign worker, position, date, and others. So the author proposed research entitled "APPLICATION OF WEB-BASED RPTKA DATA RECAPITULATION AT PT Batamindo Investment Cakrawala". I hope this application is useful recapitulate RPTKA data digitally and make data tracking easier.
  • Item
    Pengembangan Aplikasi Skillslab Berbasis Website dengan Metode UCD (User Centered Design)
    (2024-05-16) Syettia, Syeirin Armanda; Supardianto
    The Skillslab application is an online course platform that focuses on developing understanding and skills for students or the general public by providing access to video-based learning materials. In an era of rapidly changing information technology, skill improvement and recognition have become crucial. One method to enhance skills and knowledge in the field of technology is through lectures, but not all individuals have access to such opportunities due to financial constraints and limited time. Another alternative is to participate in bootcamp programs or intensive training to obtain certification. However, the current Skillslab application lacks these features. Therefore, the development of the Skillslab application involves adding bootcamp features and certificate issuance using the User-Centered Design (UCD) method. The benefits of this research is to improve the abilities and skills of participants by providing online learning services through quality content, serving as a knowledge base for users to find solutions to current problems.
  • Item
    Rancang Bangun Cycle Count Inspection System untuk Manajemen Stok Inventori pada Warehouse Berbasis Website
    (2024-05-20) Auliya, Ravena; Nelmiawati
    Batam merupakan kota industri. Sebuah perusahaan industri memiliki departemen logistik yang memainkan peran penting dalam perencanaan, pemantauan, serta koordinasi aliran inventori masuk dan keluar perusahaan. Inventori adalah persediaan. Untuk mengoptimalkan manajemen inventori, logistik departemen dilengkapi dengan warehouse (Gudang). Warehouse dirancang untuk menyimpan barang dalam jumlah besar dan menjamin ketersediaan barang serta menjaga inventori. Penyimpanan barang dalam jumlah besar menyebabkan permasalahan stok barang aktual terkadang tidak sesuai dengan data sistem. Kesalahan ini harus segera diatasi karena akan berdampak buruk jika sewaktu-waktu diadakan audit untuk menyelaraskan prosedur dan perhitungan. Terdapat solusi yang dapat digunakan untuk meminimalisir kesalahan tersebut yaitu dengan membuat Cycle Count Inspection System berbasis website. Sistem ini bertujuan untuk membantu menghitung keakuratan data stok inventori agar dapat meminimalisir kesalahan perbedaan data stok inventori. Dengan adanya sistem ini pekerjaan perhitungan yang sebelumnya masih manual bisa dapat dilakukan lebih mudah dengan menggunakan sistem teknologi website, sehingga perhitungannya pekerjaan akan lebih cepat dan terstruktur. Cycle Count dalam sistem ini dilakukan secara berkala sesuai dengan metode FSN Analisis berdasarkan ITR (Inventory Turnover Ratio). Nantinya ITR ini yang menjadi patokan jadwal cycle count yang akan dilaksanakan. Sistem ini dibuat dengan menggunakan .Net Framework yaitu ASP.NET MVC Web Application, dan database SQL Server. Dengan menggunakan metode incremental, sistem ini dibangun dimulai dari tahap analisis, tahap build, sampai pengujian. Setelah melalui berbagai tahapan dan pengujian, sistem ini dapat digunakan digunakan untuk mengatasi masalah perbedaan data dan membantu kinerja cycle count menjadi lebih banyak tersusun.
  • Item
    Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pengunjung Berbasis Mobile dengan Fitur Pencatatan, Kamera, dan QR Code di PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing
    (2024-05-13) Manik, Ramses Jose Rizal; Sartikha
    The evolution of mobile technology has significantly shifted the landscape of information access and visitor management practices within the business environment. At PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing, the prevalence of mobile device users accessing the internet has underscored the urgent need for a robust Visitor Management Information System (VMIS). This research is geared towards mitigating potential security breaches and handling busy periods at PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing by constructing a mobile-based VMIS equipped with a camera and QR code features. The development method includes requirement analysis, design, implementation, testing, and evaluation. The outcome is a visitor management application accessible via mobile devices, featuring a camera for visitor verification and a QR code for facilitating the check-out process.
  • Item
    Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Pengunjung Berbasis Mobile dengan Fitur Pencatatan, Kamera, dan QR Code di PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing
    (2024-05-13) Manik, Ramses Jose Rizal; Sartikha
    The evolution of mobile technology has significantly shifted the landscape of information access and visitor management practices within the business environment. At PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing, the prevalence of mobile device users accessing the internet has underscored the urgent need for a robust Visitor Management Information System (VMIS). This research is geared towards mitigating potential security breaches and handling busy periods at PT. Cladtek Bi-Metal Manufacturing by constructing a mobile-based VMIS equipped with a camera and QR code features. The development method includes requirement analysis, design, implementation, testing, and evaluation. The outcome is a visitor management application accessible via mobile devices, featuring a camera for visitor verification and a QR code for facilitating the check-out process.