Artikel Ilmiah

Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 129
  • Item
    Monitor dan Kontrol Couple Tank Berbasis IoT
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-06-10) Ibrahim, Maulana; Zulkifli, Muhammad; Wahyudi, Diki
    Couple Tank adalah suatu sistem tangki yang terdiri dari 2 tangki atau lebih yang dihubungkan dengan pipa. Di dalam pipa terdapat katup atau valve untuk mengontrol aliran air dari satu tangki ke tangki lainnya. Sehingga seseorang harus menuju ke katup dan memutarnya bila ingin berhenti atau mulai aliran air secara manual yang akan memakan waktu dan tenaga. Sehingga berpotensi meningkatkan human error ketika putaran katup terlambat atau terlalu cepat. Oleh karena itu, dikembangkan sistem tangki berbasis IoT yang dapat mempermudah dan mempercepat pengendalian ketinggian air di dalam tangki. Pada sistem ini digunakan sensor tekanan untuk membaca ketinggian air di dalam tangki dan servo valve untuk mengatur ketinggian air dihubungkan dengan modul I/O PLC Omron. HMI NB10W-TW01B dan PLC dihubungkan membentuk antarmuka yang dapat memantau dan mengontrol ketinggian air di tangki. PLC akan digunakan untuk sistem kendali PID.
  • Item
    Perbandingan Performa Support Vector Machine (SVM) dan k-Nearest Neighbors (kNN) dalam Memverifikasi Orientasi Material
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-23) Utama, Eldio; Jamzuri, Eko Rudiawan
    Dalam manufaktur otomatis, memverifikasi orientasi bahan sangat penting untuk memastikan perakitan produk berjalan tanpa kesalahan. Misalnya, dalam industri minuman, orientasi material yang salah, seperti tutup botol, dapat menyebabkan kegagalan dalam proses pengemasan, yang mengakibatkan botol tidak tersegel dengan benar yang dapat membahayakan kualitas dan keamanan produk. Penelitian ini membandingkan kinerja algoritma Support Vector Machine (SVM) dan k-Nearest Neighbors untuk memverifikasi verifikasi orientasi material melalui inspeksi optik otomatis. Gambar diproses menggunakan Inception V3 Convolutional Neural Network (CNN) untuk mengekstrak fitur gambar yang relevan, yang kemudian diklasifikasikan menggunakan algoritme SVM dan kNN. Hasilnya, kedua metode tersebut mencapai kinerja klasifikasi yang sempurna, dengan akurasi klasifikasi, presisi, recall, dan F1-score sebesar 1,0. Namun, kNN menunjukkan efisiensi komputasi yang lebih unggul, dengan waktu pelatihan 1,126 detik dan waktu pengujian 0,713 detik, dibandingkan dengan waktu pelatihan SVM yang mencapai 3,101 detik dan waktu pengujian 1,479 detik. Hasil ini menunjukkan bahwa meskipun kedua metode tersebut sangat efektif untuk verifikasi orientasi material, kNN menawarkan keuntungan yang signifikan dalam hal kecepatan komputasi, sehingga lebih cocok untuk aplikasi real-time. Implikasi dari penelitian ini menyoroti potensi untuk mengintegrasikan metode yang diusulkan dalam aplikasi industri, mempromosikan peningkatan efisiensi dan mengurangi tingkat kesalahan dalam jalur perakitan otomatis
  • Item
    MONITORING SCADA PLANT TEMPERATURE MENGGUNAKAN HMI
    (Politeknik Negeri Batam, 2024-02-23) Muhammad Arravi Muhammad Arravi; Gautama Darmoyono, Aditya
    SCADA Merupakan suatu sistem pengolahan database yang terintegrasi yang berfungsi mengawasi, pengendalian dan mendapatkan data secara akurat setiap waktu atau realtime. Dengan adanya SCADA beberapa industri mulai menggunakan teknologi tersebut karena dapat mempermudah dan mempercepat dalam pengendalikan suatu proses. SCADA (Supervisory Control And Data Achquisition) dibangun untuk melakukan pengawasan (monitoring) dan pengendalian (controlling) sistem secara terpusat. Agar proses pengendaliannya dapat dilakukan dengan mudah dan berjalan terus menerus maka digunakan Programmable Logic Controller (PLC) sebagai alat pengendali. PLC adalah suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi yang menjalankan fungsi yang spesifik. PLC sangat diminati karena menjamin kualitas produk yang dihasilkan, mempersingkat jangka waktu produksi dan mengurangi biaya untuk tenaga manusia. SCADA memiliki fungsi sebagai telemetery dan telecontrol. Dengan fungsi-fungsi tersebut, Sistem SCADA memiliki kelebihan dapat melakukan pengawasan sekaligus pengendalian banyak plant yang letaknya berjauhan. Temperatur Measurement and Control Plant dengan sistem akuisisi data berbasis PLC CP1H dan Tampilan HMI/Antarmuka menggunakan aplikasi Indusoft Web Studio. PLC CP1H mendukung pengembangan pembelajaran pada pengukuran dan pengendalian proses. Dari hasil pengujian terlihat kedua Tetmokapel yang digunakan memiliki karakteristik linier sesuai dengan spesifikasi sensornya. Hasil pengujian sistem akuisisi data, dan hasil pengukuran dari sensor termokapel J suhu naik nilai selisih rata-rata sebesar 29,73 – 44,91 C° dan nilai persen error sebesar 0,01%. Pada suhu turun nilai selisih rata-rata sebesar 30,00 – 45,00 C° dan nilai persen error sebesar 0,00%. hasil pengukuran dari sensor termokapel K suhu naik nilai selisih rata-rata sebesar 30,00 – 45,27 C° dan nilai persen error sebesar 0,01%. Pada suhu turun nilai selisih rata-rata sebesar 31,55 – 44,91 C° dan nilai persen error sebesar 0,00% berdasarkan nilai Temperatur pada tampilan HMI/Antarmuka dan nilai temperatur pada Termometer.
  • Item
    STUDI KASUS PRESSURIZATION AIR CONDITIONING KIT PACK 1 FAULT PADA PESAWAT A320
    (2025-01-25) Asatullah Asatullah; Dzufiqar, Alif, Mohamad; Batubara, Hardina, Ninda
    Pesawat Airbus A320 memiliki dua sistem pendingin yang di sebut dengan Pressurization Air Conditioning Kit (PACK). Pressurization Air Conditioning Kit (PACK) adalah salah satu sistem untuk mendukung kenyamanan penumpang pada pesawat terbang. Sistem ini di gunakan pada saat pesawat udara di operasikan. Namun seringkali terjadi permasalahan pada sistem Pressurization Air Conditioning Kit (PACK), salah satu masalah yang di alami adalah indikasi pack 1 fault pada saat tombol ditekan yang di sebabkan karena pack flow control valve yang tidak berfungsi dengan baik. Flow Control Valve adalah bagian dari Air Conditioning Kit Pack. Jika Flow Control Valve bermasalah maka berdampak kepada kinerja Air Conditioning Kit (PACK). Tujuan studi ini adalah untuk membahas masalah yang terjadi pada sistem Pressurization Air Conditioning Kit (PACK) agar dapat mengetahui penyebab terjadinya pack 1 fault pada saat tombol ditekan dan penanganan yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tahapan yang dilakukan dengan cara mempelajari fungsi komponen dan cara kerja sistem dengan menggunakan referensi Airbus A320 Aircraft Maintenance Manual (AMM) system description section and procedures, melakukan pemecahan masalah dengan menggunakan referensi Trouble Shooting Manual (TSM) dan melakukan pengetesan menggunakan referensi Aircarft Maintenace Manual (AMM) yang bertujuan untuk memastikan permasalahann yang terjadi telah terselesaikan.
  • Item
    Analisis Pengaruh Bentuk Lambung Terhadap Hambatan dan Stabilitas Pada Inland Passenger Vessel di Sungai Danube, Hungaria
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-01-20) Rifai, Muslim Syaifullah; Cahyagi,Danang; Fyona, Annisa
    Sungai Danube merupakan jalur perairan vital di Eropa yang mendukung transportasi dan pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh bentuk lambung kapal penumpang inland waterways, yaitu monohull dan catamaran, terhadap nilai hambatan dan stabilitas kapal di Sungai Danube. Data menunjukkan bahwa selama sembilan bulan di tahun 2021, terjadi pengangkutan kargo signifikan di wilayah ini, dengan Budapest sebagai salah satu pusat pariwisata utama. Metodologi yang digunakan meliputi analisis hambatan menggunakan perangkat lunak Maxsurf Resistance dan perhitungan manual dengan metode Holtrop. Hasil menunjukkan bahwa lambung catamaran memiliki nilai hambatan dan daya lebih tinggi dibandingkan monohull, meskipun keduanya dirancang dengan spesifikasi yang sama. Analisis stabilitas dilakukan menggunakan Maxsurf Stability Enterprise, menunjukkan bahwa stabilitas lambung monohull tidak memenuhi kriteria IMO pada beberapa kondisi pembebanan, sementara catamaran memenuhi semua kriteria yang ditetapkan. Dalam hal efisiensi bahan bakar, kapal monohull lebih unggul, mampu melakukan sembilan trip per pengisian bahan bakar, sedangkan catamaran hanya delapan trip. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa meskipun lambung monohull lebih efisien dalam hal hambatan dan konsumsi bahan bakar, lambung catamaran memiliki keunggulan dalam stabilitas. Temuan ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan desain kapal penumpang yang lebih baik dan sesuai dengan karakteristik Sungai Danube.
  • Item
    ALAT PEMBUKA PINTU OTOMATIS BERBASIS SUARA MENGGUNAKAN HIDROLIK
    (2024-11-09) Sixmi Amrullah, Muhammad Rizki; Jefiza,Adlian
    This innovation introduces a device designed to automatically open or close doors using voice commands from registered users. The device utilizes voice recognition technology connected to a hydraulic locking system. By incorporating a microphone and sound module, this device can recognize and respond to voice commands, allowing users to open the door without the need for a physical key. The aim of developing this device is to enhance convenience and security in accessing doors, enabling users to rely solely on their voice. Additionally, the device is equipped with an emergency button that allows for manual door opening in case of technical issues or emergency situations. This innovation is expected to provide a practical and efficient solution for door locking systems. The method used involves research and development based on previous studies. The results of this device have successfully been created in the form of a prototype. Keywords: sound module, hydraulic, microphone
  • Item
    Uncontrolled Environments Face Recognition based on Transfer Learning Technique for Secure Automatic Door Access System
    (Atlantis Press, 2024-12-25) Rinaldi, Anggi; Akbar, Andrianur, Ikram, Muhammad; Fahruzi, Iman; Fahruzi, Iman
    Over the past four decades, artificial intelligence technology, particularly in artificial neural networks and related methods, has advanced rapidly. Deep learning, a major branch of artificial intelligence, has proven its effectiveness in addressing various problems, especially those involving large-scale data such as images, text, and sound. One notable application of deep learning is in developing automated door systems. These systems offer several benefits, including reducing direct contact with door handles, which is increasingly important for cleanliness and health concerns. This research proposes using deep learning, specifically transfer learning techniques, to detect facial expressions of individuals approaching the door. By recognizing these facial expressions, the system can automatically activate a motor to open the door if the input matches the system’s criteria. During the development phase, we employed the MobileNetV2 architecture for facial expression detection. Testing was conducted with the ESP32 device, and the model was trained and validated over 25 epochs. The experiments revealed that the model achieved a maximum accuracy of 53%. This research contributes to creating more efficient and user-friendly automated door systems. By leveraging deep learning technology, we aim to enhance safety and comfort for users.
  • Item
    Smart Access Control System Based On Uncontrolled Environment Human Face Recognition Using Convolutional Neural Network
    (ABEC Indonesia, 2025-01-16) Akbar, Muhammad Ikram Andrianur; Rinaldi, Anggi; Fahruzi, Iman; Fahruzi, Iman
    Neural networks or other artificial intelligence methods have developed rapidly over the past four decades. Its use in various fields makes many people compete to develop it further. One of the applications of artificial intelligence is an automatic door opening and closing system. This development can provide many advantages for users, one of which is that there is no need to make direct contact with the door handle. Armed with a capable PC and an esp32 microcontroller, the system works by detecting images of user facial expressions approaching the object using a webcam. If the required input matches the system rules, the motor will move to open the door. By using convolutional neural network technique, the system can classify the image quickly. Several expressions such as angry, disgusted, scared, happy, sad, surprised, and normal can be the door-opening key of the system. The user can select one to use as the input key to drive the motor to open the door. The study outcomes for several predetermined facial expressions yielded an accuracy rate of 60% and a detection time of under 4 seconds. The detectable distance extends to ± 2 meters. Further study could enable the development of this autonomous door with an IoT-based system for enhanced efficiency. Hopefully, this research can influence the development of intelligent building systems and other fields of artificial intelligence technology.
  • Item
    PEMETAAN KESESUAIAN LAHAN UNTUK TANAMAN BUAH PEPAYA (Carica Papaya L) DENGAN MEMANFAATKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) (Studi Kasus: PULAU GALANG)
    (Politeknik Negeri Batam, 2025-12-31) Diyan Rahma Sari Diyan Rahma Sari; Irawan, Sudra
    Buah pepaya termasuk buah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena merupakan tanaman buah yang tidak bermusim. Untuk tumbuh secara optimal, faktor lingkungan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan buah pepaya. Tanaman buah pepaya dapat berpotensi sebagai sumber penghasilan tambahan bagi para petani. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pembatas yang mempengaruhi tingkat kesesuaian lahan pertanian buah pepaya di Pulau Galang dengan memanfaatkan teknologi SIG. Metode analisis yang digunakan dalam klasifikasi kesesuaian lahan buah pepaya adalah metode matching dan skoring untuk menentukan antara karakteristik lahan berdasarkan syarat tumbuh buah pepaya di lahan Pulau Galang. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada setiap satuan lahan di Pulau Galang terbagi menjadi dua jenis kesesuaian lahan, yaitu lahan aktual dan lahan potensial. Hasil penelitian dari lahan aktual menunjukkan bahwa satuan lahan 1, 2, dan 3 digolongkan menjadi S3 (sesuai marginal) dengan faktor pembatas utama yang sama, yaitu ketersediaan air (wa), sehingga digolongkan ke dalam kelas S3wa. Untuk meningkatkan lahan, perlu dilakukan upaya perbaikan dari lahan aktual menjadi lahan potensial pada karakteristik kesesuaian lahan, dengan meningkatkan kelas lahan naik satu tingkat agar menjadi lebih optimal. Pada lahan potensial untuk satuan lahan 1, 2, dan 3, dari S3wa ditingkatkan menjadi kelas lahan S2 (cukup sesuai) melalui upaya perbaikan penerapan sistem irigasi, pengelolaan tanah, dan pemupukan. Dengan upaya tersebut, kelas kesesuaian lahan dapat ditingkatkan menjadi S2, dengan mempertimbangkan faktor pembatas seperti ketersediaan air (wa) dan temperatur. Maka, karakteristik kesesuaian lahan di Pulau Galang setelah dilakukan upaya perbaikan digolongkan menjadi kelas S2wa, tc (cukup sesuai). Namun, untuk beberapa parameter, tidak dapat dilakukan perbaikan karena sifat alami suatu daerah, sehingga nilainya akan tetap sama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa lahan yang ada di Pulau Galang memiliki potensi untuk pembudidayaan buah pepaya.
  • Item
    RANCANG BANGUN SISTEM MANAJEMEN KARYAWAN PT.BOON SOFTWARE BERBASIS WEB SOFTWARE DEVELOPMENT
    (2025-01-29) Akbar, Gilang; Santiputri, Metta
    Dalam era digitalisasi dan modernisasi, efisiensi operasional dan manajemen sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam menjaga daya saing sebuah perusahaan. PT. Boon Software, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan perangkat lunak (Software Development), menyadari pentingnya transofrmasi digital dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas manajemen karyawan. PT. Boon Software melakukan proses manajemen lembur dan cuti masih dilakukan secara manual, mengakibatkan potensi kesalahan administratif, peningkatan biaya, dan penurunan efisiensi. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ini, mendapatkan sebuah solusi inovatif yaitu “Rancang Bangun Sistem Manajemen Karyawan PT. Boon Software Berbasis Web Software Development”. Aplikasi ini dirancang untuk menggantikan metode tradisional dengan solusi berbasis web yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan keterukuran dalam manajemen karyawan. Tujuan utama dalam pengembangan aplikasi ini adalah untuk memberikan kemudahan akses dan pengelolaan informasi terkait lembur, cuti, serta evaluasi kinerja karyawan kepada seluruh pihak yang terlibat, baik manajer maupun karyawan.. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemograman JavaScript dengan framework React.js untuk frontend, Express.js untuk backend dan untuk database menggunakan PostgreSQL.Metode pengembangan perangkat lunak Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. diharapkan website ini dapat meningkatkan efisiensi dalam proses pengajuan, mempercepat membuat formulir cuti dan lembur, mengurangi potensi kesalahan dalam pengelolaan data, dan mempermudah untuk mengisi formulir secara online, serta memberikan pengalaman yang lebih baik bagi karyawan dan manajer. Website ini telah dilakukan pengujian menggunakan metode black box. Tahap pengujian dilakukan melalui semua fitur dan beberapa browser pendukung untuk kelancaran website ini dengan 3 aktor yang berbeda.