Artikel Ilmiah
Permanent URI for this communityhttps://repository.polibatam.ac.id/handle/PL029/1742
Browse
58 results
Search Results
Item PENGENALAN PAKAIAN DAERAH MELALUI KARAKTER GAME "BATU TUJUH" DENGAN TEKNIK LOW POLY MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER(Politeknik Negeri Batam, 2024-11-22) Siregar, Paniophan; Lumombo, LionyGame Batu Tujuh is a game designed for Gemastik 2021. This game can be an opportunity to introduce regional clothing in Indonesia through its characters, where the character form used by researchers is chibi. In modeling, there is a technique called the Low Poly technique. Low Poly technique is a 3D modeling technique using basic shapes that can be available such as cube, cone, nurbs and cylinder. There are several stages in making 3D Low Poly, namely rigging for characters and texturing for coloring in making characters and regional clothing for these characters. The research methodology used is a product design method using qualitative analysis. Data collection in this study is obtained from interviews with teenagers aged 12 - 23 years to find out how far they know the culture in Indonesia. There are three methods of product design, namely Pre-Production, Production, and Post-Production. The characters in the Batu Tujuh game are successful in introducing regional clothing in Indonesia.Item Penerapan Motion Graphic Dalam Sosialisasi K3 Terhadap Pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) Studi Kasus PT. Valeo Ac Indonesia(Politeknik Negri Batam, 2025-02-07) Cavistha, Moureen Chelsea; Nasrullah, Muchammad Fajri AmirulKeselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan aspek penting dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif di perusahaan Namun, kurangnya pemahaman dan kesadaran pekerja terhadap pentingnya K3 dan APD masih menjadi tantangan di banyak sektor industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi keterbatasan PT Valeo Ac Indonesia yang belum memiliki media visual berbasis motion graphic sebagai media edukasi dalam sosialisasi K3. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), motion graphic yang dikembangkan berisi informasi visual interaktif tentang edukasi mengenai Alat Pelindung Diri. Media visual motion graphic ini dapat digunakan saat sosialisasi K3 terhadap karyawan baru maupun karyawan yang telah bergabung, pada pengujian kali ini dilakukan pada karyawan yang baru bergabung di perusahaan dalam mengevaluasi efektivitas media dalam meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar pekerja telah menerima informasi terkait APD, pemahaman mengenai fungsi dan pentingnya penggunaan APD secara tepat masih bervariasi. Sosialisasi penggunaan APD merupakan kunci dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di perusahaan.Item Analisis Kelayakan Game Edukasi Brain: Memo menggunakan Standar ISO 25010 dalam Aspek Functional Suitability, Performance Efficiency, Compatibility, dan Usability terhadap Anak-anak Usia 7–12 Tahun(2025) ZULKARNAIN ZULKARNAIN; Lumombo, LionyPada era digital, penggunaan gadget yang berlebihan, terutama untuk bermain game yang tidak sesuai, dapat menghambat perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan menganalisis kelayakan game edukasi, “Brain: Memo” yang dirancang untuk meningkatkan memori jangka pendek dan konsentrasi anak. Evaluasi game dilakukan berdasarkan standar ISO/IEC 25010, mencakup aspek functional suitability, performance efficiency, compatibility, dan usability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “Brain: Memo” dapat membantu anak usia 7-12 tahun mengembangkan kemampuan kognitif melalui permainan interaktif dengan antarmuka yang menarik dan ramah anak.Item PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI DENGAN PENGGUNAAN VIDEO TENTANG GOOD MANUFACTURING PRACTICE(Politeknik Negeri Batam, 2024-12-13) ADE SYAH PUTRA ADE SYAH PUTRA; Siahaan, A.U.Penelitian ini mengembangkan media informasi berbasis video untuk meningkatkan pemahaman karyawan terhadap Good Manufacturing Practice (GMP) di PT Infineon Technologies Batam. Video berdurasi 19 menit 48 detik ini dihasilkan melalui metode pengembangan Villamil-Molina yang mencakup dari lima tahap: Development, Pre-Production, Production, Post-Production, dan Delivery. Efektivitas video diuji menggunakan EPIC Model yang mengukur empat dimensi: Empathy, Persuasion, Impact, dan Communication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video ini mencapai tingkat efektivitas yang tinggi pada semua dimensi, yaitu Empathy (4,8), Persuasion (4,8), Impact (4,8), dan Communication (4,4), dengan skor rata-rata EPIC Rate sebesar 4,7 menunjukkan bahwa video ini merupakan alat yang sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi karyawan baru mengenai GMP. Penelitian ini menunjukkan bahwa media berbasis video dapat menjadi sarana pelatihan yang menarik dan efisien, khususnya untuk karyawan baru di PT Infineon Technologies Batam.Item Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.Item Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Mahasiswa terhadap Niat Menggunakan ChatGPT dalam Menunjang Proses Pembelajaran: Teori TAM (Studi Kasus Mahasiswa Politeknik Negeri Batam)(Politeknik Negeri Batam, 2024-07-09) Nuraeni, Ika; Slamet, Muhammad RamadhanPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-fakor yang mempengaruhi sikap mahasiswa terhadap niat menggunakan ChatGPT untuk menunjang proses pembelajaran pada studi kasus mahasiswa Politeknik Negeri Batam berdasarkan teori TAM. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 126 responden yang merupakan mahasiswa prodi Akuntansi Manajerial angkatan 2020 yang masih aktif pada tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data dilakukan menggunakan PLS-SEM dengan bantuan program akuntansi SmartPLS Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua faktor yang dihipotesiskan berpengaruh signifikan terhadap sikap dan niat mahasiswa menggunakan ChatGPT dalam menunjang proses pembelajaran. Dari keenam hipotesis yang diajukan, terdapat 3 (tiga) hipotesis yang diterima yaitu H2, H5, dan H6, serta 3 (tiga) hipotesis yang ditolak yaitu H1, H3, dan H4. Meskipun demikian, kemudahan dan motivasi hedonis memiliki pengaruh positif yang dominan. Hal ini konsisten dengan teori TAM yang menekankan pentingnya kemudahan dan motivasi dalam adopsi teknologi.Item Buku Panduan Pengisian Pajak Penghasilan Pasal 4 ayat 2 Jasa Konstruksi Menggunakan E-Bupot Unifikasi(Politeknik Negeri Batam, 2024-06-03) Cholil, Sheyla Ananda; Sumarna, Alfonsa DianSalah satu kegiatan Kantor Konsultan Pajak adalah menghitungkan, melaporkan dan menyetorkan pajak penghasilan final atas jasa konstruksi. Penghasilan jasa konstruksi bisa diartikan objek yang dikenakan pajak penghasilan secara final yang pelaporannya menggunakan bukti potong (e-bupot) Unifikasi. Pajak penghasilan memiliki beberapa jenis yaitu salah satunya merupakan pajak penghasilan final pasal 4 ayat 2. Pajak Penghasilan final pasal 4 ayat 2 merupakan pemotongan atas penghasilan bersifat final dibayarkan sehubungan dengan jasa dan sumber tertentu dan tidak bisa dikreditkan dengan pajak penghasilan terutang seperti usaha jasa konstruksi, sewa tanah atau bangunan, dan hadiah undian sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 187/PMK.03/2022. Namun perhitungan pajak final atas jasa kontruksi ini sering mengalami revisi dan tidak sedikit masyarakat masih mengikuti peraturan ketentuan lama. Kegunaan buku panduan ini membantu pembaca untuk memahami sesuai dengan ketentuan terbaru.Item Rancang Bangun Sistem Database pada Alat Tangkap Ikan Rawai Pintar(2024-01-08) Afif Zulmi, Muhammad; KamarudinPenggunaan rawai sebagai alat tangkap ikan demersal sangat popular dikalangan para nelayan. Tidak dipungkiri kemajuan alat tangkap ikan dapat berpengaruh besar dalam hasil tangkapan. Pengecekan rawai secara berulang guna memantau hasil tangkapan kerap sekali menjadi permasalahan dalam penggunaan bahan bakar serta efisiensi waktu. Dengan memanfaatkan sensor ADXL335 sebagai pendeteksi getaran pada umpan, yang diproses oleh mikrokontroler Mappi32 yang memiliki komunikasi LoRa dimana komunikasi tersebut dapat dilakukan tanpa jaringan internet dengan fitur GPS yang akan mengirim lokasi titik koordinat lokasi dari alat serta penggunaan Database Cloud berupa Google Firebase sebagai penyimpanan data secara realtime dan disajikan dalam bentuk aplikasi Smartphone, menjadikan rawai pintar dapat mempermudah para nelayan dalam memonitoring hasil tangkapan serta lokasi rawai dimanapun dan kapanpun guna efisiensi bahan bakar dan waktu.Item PERANCANGAN MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA EDUKASI JARINGAN FTTH (FIBER TO THE HOME) PT TELKOM AKSES(2024-07-26) Prastama, Radetya Hendra; Aji, Satriya BayuPT Telkom Akses atau yang disebut (PTTA) merupakan salah satu dari anak perusahaan BUMN yaitu PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom). PTTA memiliki sebuah unit yang bernama Fiber Academy (FA), unit ini bertanggung jawab atas kualitas sumber daya manusia yang dimiliki PTTA. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan penulis pada bulan Juli 2022 kepada karyawan PT Telkom Akses Batam, menunjukkan bahwa sebagian karyawan menyatakan belum memahami infrastruktur jaringan fiber optik yang dikelola oleh PTTA, terutama bagi unit kerja yang tidak berinteraksi langsung ke lapangan. Berdasarkan hal tersebut, penulis memilih video motion graphics sebagai media edukasi pada penelitian kali ini. diharapkan dengan dibuat nya media ini dapat meningkatkan pemahaman karyawan terhadap infrastruktur jaringan FTTH pada PT Telkom Akses. Pada penelitian ini menggunakan metode penyelesaian Luther Sutopo dan untuk metode analisis menggunakan observasi oleh ahli untuk alpha testing dan untuk beta testing menggunakan uji t dependent. Hasil analisis alpha testing menunjukkan bahwa setelah satu kali perbaikan, video telah mendapat review positif dan kualitasnya dianggap cukup baik untuk melanjutkan ke tahap beta testing. Namun, pada tahap beta testing, uji dependent sample t-test tidak dapat dilakukan karena data tidak berdistribusi normal. Sebagai alternatif, digunakan uji non-parametrik Wilcoxon, yang menunjukkan kenaikan yang signifikan dalam pemahaman peserta setelah menonton video. Penelitian menyimpulkan bahwa kurangnya media yang menjelaskan infrastruktur jaringan FTTH menjadi faktor utama sulitnya pemahaman karyawan yang tidak berinteraksi langsung dengan lapangan. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan pengaruh signifikan dari edukasi video terhadap pemahaman karyawan, dengan nilai Sig (2-tailed) < 0.05. Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman dari karyawan PT Telkom Akses setelah menonton video infrastruktur jaringan FTTH.Item Proses Perhitungan PPh Pasal 21 Pegawai Tetap dalam Implementasi Tarif Efektif Rata-Rata (TER) dengan Pendekatan Metode Gross up (Studi Kasus pada PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam Persero).(2024-04-30) Diniyah, Nurul; Kurniawan, DediPenelitian ini berfokus pada evaluasi metode perhitungan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 yang digunakan oleh PT Pengusahaan Daerah Industri Pulau Batam Persero. Sebelumnya, perusahaan menggunakan metode gross, di mana pajak penghasilan ditanggung oleh karyawan dengan pemotongan langsung dari penghasilan mereka. Namun, metode ini dianggap kurang sesuai dengan kondisi perusahaan karena perusahaan yang menanggung PPh Pasal 21 karyawan. Oleh karena itu, perusahaan merencanakan peralihan ke metode gross up yang dianggap lebih cocok. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung PPh Pasal 21 dengan metode gross up secara akurat dan menerapkan peraturan perpajakan terbaru dalam penerapan Tarif Efektif Rata-Rata (TER) menggunakan Microsoft Excel. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan data perusahaan yang mencakup rekap gaji karyawan dan daftar pemotongan PPh Pasal 21. Penyesuaian peraturan perpajakan terbaru yang diberlakukan melalui PMK Nomor 168 Tahun 2023 dan PP Nomor 58 Tahun 2023 di awal tahun 2024, yang menjelaskan penerapan Tarif Efektif Rata-Rata, juga dilakukan. Data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel untuk menjaga akurasi dan kerahasiaan informasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gross up efektif karena dapat meningkatkan beban gaji pada laporan laba rugi fiskal dan diakui oleh perpajakan sebagai pengurang penghasilan bruto saat menghitung pajak penghasilan badan. Dengan demikian, perusahaan dapat menyesuaikan perhitungan dari metode gross menjadi metode gross up. Penerapan perhitungan PPh Pasal 21 dengan metode gross up yang disesuaikan dengan penerapan TER pada awal tahun 2024 memberikan keuntungan berupa penghematan pajak dan penyederhanaan proses perhitungan pajak. Hal ini meningkatkan efisiensi dan kepatuhan perusahaan terhadap regulasi terbaru, yaitu PMK Nomor 168 Tahun 2023 dan PP Nomor 58 Tahun 2023. Perhitungan yang dilakukan menggunakan Microsoft Excel memastikan akurasi dan kepatuhan terhadap regulasi terbaru.